Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Manajemen Perkantoran

Manajemen Perkantoran
Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Administrasi Perkantoran, yaitu mengenai Manajemen Perkantoran. Disini akan dijelaskan tetang Manajemen Perkantoran. Berikut penjelasannya.

Kita sering mengucapkan manajemen berkaitan dengan pengelolaan suatu kegiatan. Di dalam suatu kegiatan, kita melaksanakan berbagai macam urutan langkah pelaksanaan seperti perencanaan, kemudian rapat pembentukan panitia, pembagian tugas panitia, pelaksanaan kegiatan, dan juga mengevaluasi hasil kegiatan. Keberhasilan kegiatan yang kita lakukan akan dapat diketahui pada saat evaluasi. 

Dari hasil evaluasi tersebut kita dapat mengetahui baik tidaknya manajemen yang diterapkan. Misalnya, ketika kita mengadakan suatu kepanitiaan untuk acara konser amal. Jika acara tersebut berlangsung dengan baik, berarti manajemen kepanitiaan tersebut baik, tetapi jika yang terjadi sebaliknya, maka kita akan mengatakan bahwa manajemen kepanitiaan tersebut·buruk. 

Contoh lain, ketika koperasi sekolah memperoleh laba maksimal, kita akan mengatakan bahwa koperasi tersebut dikelola dengan manajemen yang baik, namun bila koperasi sekolah tersebut merugi, berarti manajemen dalam koperasi tersebut buruk atau tidak profesional. 

Manajemen 


Tujuan-tujuan organisasi dicapai melalui penggunaan sumber daya manusia dan sumber daya alam. Tetapi perlu diingat bahwa penggunaan sumber daya-sumber daya tersebut tidak lengkap tanpa adanya manajemen. 

Pengertian Manajemen 


Ilmu manajemen dapat diterapkan dalam semua organisasi seperti perusahaan, pemerintah, lembaga pendidikan, organisasi sosial, organisasi politik, organisasi masyarakat, keagamaan dan lain-lain, Jika seorang manajer memiliki pengetahuan dasar manajemen dan mengetahui cara menerapkan pada situasi yang tepat, maka dia akan dapat melakukan fungsi-fungsi manajerial dengan efisien dan efektif. 

Manajernen dibutuhkan oleh semua organisasi, karena tanpa manajemen semua usaha akan sia-sia dan pencapaian tujuan akan lebih sulit. Ada 7 alasan utarna diperlukannya manajemen, yaitu: untuk mencapai tujuan, baik tujuan organisasi maupun tujuan pribadi, untuk menjaga keseimbangan antara tujuan-tujuan, sasaran-sasaran, dan kegiatan-kegiatan yang saling bertentangan dari pihak yang berkepentingan, dan untuk mencapai efisiensi dan efektivitas.

Beberapa ahli mengemukakan beragam definisi manajemen, antara lain sebagai berikut: 

Stoner 

Manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian, pengarahan, dan pengawasan usaha-usaha para anggota organisasi dan penggunaan sumberdaya- sumberdaya organisasi lainnya agar mencapai tujuan organisasi yang telah ditetapkan. Stoner menggunakan kata proses, bukan seni. Menurut Stoner sebagai proses bera~ti cara sistematis untuk melakukan pekerjaan. 

Manajemen sebagai proses, karena semua manajer, tanpa memperdulikan kecakapan atau keterampilan khusus mereka, harus melaksanakan kegiatan-kegiatan tertentu yang saling berkaitan untuk mencapai tujuan yang diinginkan. Proses tersebut meliputi kegiatan-kegiatan manajemen yaitu:
  1. Perencanaan: Perencanaan yaitu para manajer memikirkan kegiatan-kegiatan mereka sebelum kegiatan dilaksanakan 
  2. Pengorganisasian: Pengorganisasian yaitu para manajer mengorganisir dan mengkoordinasikan sumberdaya-sumberdaya dan material organisasi. Kekuatan suatu organisasi terletak pada kemampuannya untuk menyusun berbagai sumberdaya dalam mencapai suatu tujuan. Semakin terorganisir dan terkoordinasi serta terintegrasi kerja organisasi, semakin efektif pencapaian tujuan organisasi. 
  3. Pengarahan: Pengarahan yaitu para manajer mengarahkan, memimpin dan mempengaruhi para stafnya. Manajer tidak melakukan kegiatan sendiri, tetapi menyelesaikan tugas-tugas melalui orang-orang lain. Mereka juga tidak sekedar memberi perintah, tetapi menciptakan iklim yang dapat membantu staf melakukan pekerjaan yang terbaik.
  4. Pengawasan: Pengawasan yaitu para manajer berupaya menjamin bahwa organisasi bergerak kearah tuJuan-tuJuannya. J1ka beberapa bagian organisasi keliru menjalankan perintah, mak~ manajer hams membetulkannya. Manajer wajib mengingatkan serta membenkan saran untuk perbaikan yang seharusnya


Robert L. Trewathn dan M. Gene Newport 

Menurut Robert L. Trewathn dan M. Gene Newport manajemen adalah proses perencanaan, pengorganisasian menggerakkan, serta mengawas aktivitas-aktivitas sesuatu organisasi dalam rangka upaya mencapai suatu koordinasi sumber-sumber daya manusia dan sumber-sumber daya alam dalam hal pencapaian sasaran secara efektif serta efisien.

Sekian pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahami tentang Manajemen Perkantoran. Wassalamu’alaikum Wr Wb

Sumber gambar : https://valueconsulttraining.com
Sumber tulisan : Agus, Drajad. 2014. "
Manajemen Perkantoran". Jakarta : Sinektika.
0 Komentar untuk "Manajemen Perkantoran"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top