Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Sebaran Flora dan Fauna di Dunia

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Sebaran Flora dan Fauna. Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                         https://www.google.com
A.    Sebaran flora dan fauna di dunia
Biom adalah suatu kawasan yang dikendalikan olek iklim serta didominasi oleh flora dan fauna  tertentu. Dari biom inilah kita akan mengenal lebih jauh persebaran flora dan fauna. Beberapa biom itu diuraikan sebagai berikut.
1.      Hutan Hujan (Rainforest)
Hutan hujan adalah hutan yang selalu hijau sepanjang tahun (evergreen). Keberadaan hutan ini sangat penting bagi makhluk penghuni Bumi. Hutan ini berfungsi membersihkan udara dan menggantinya dengan oksigen. Tidak heran  apabila hutan ini dijuluki sebagai paru-paru dunia. Karena begitu pentingnya, hutan ini perlu dilestarikan sebagai warisan dunia (World’s heritage).
Rainforest dibedakan menjadi dua, yaitu hutan hujan tropis (tropical rainforest) dan hutan hujan iklim sedang (temperate rainforest).
a.       Hutan hujan tropis
Sesuai namanya, tentu kamu bisa menebak  bahwa hutan ini terdapat di daerah tropis. Daerah tropis terletak antara garis balik utara (23030’LS). Tentu saja hanya wilayah yang terletak di daerah inilah yang mempunyai hutan hujan tropis. Wilayah tersebut meliputi sebagian Asia, Afrika, dan Amerika Selatan.
Pepohonan yang terdapat di hutan hujan tropis sangat lebat. Kanopinya sangar rapat sehingga mampu menghalangi cahaya matahari menerobos dasar hutan. Hal ini menyebabkan dasar hutan menjadi basah dan lembab.
Tumbuhan yang hidup di hutan ini hampir tidak terhitung jumlahnya. Mulai dari pohon besar yang tinggi menjulang sampai tumbuhan epifit yang jumlah spesiesnya mencapai ratusan.
Di hutan ini hidup berbagai macam binatang dari mamalia, reptilian, burung sampai serangga yang jenisnya tidak terhitung. Meskipun sama-sama tinggal di hutan hujan tropis, jenis binatang di Afrika, Asia, dan Amerika Selatan tampak jelas perbedaanya.
Hutan hujan Afrika dihuni oleh gajah hutan, okapi, kera, badak, babi rusa., berbagai macam jenis ular, dan burung. Hutan hujan di Asia dihuni oleh binatang gajah, harimau, kera, badak, sanca, rusa, dan berbagai macam burung.
b.      Hutan Hujan Iklim Sedang
Sesuai dengan namanya, hutan ini terdapat di daerah beriklim sedang yaitu antara 23030’-66030’ LU maupun LS. Berbeda degan hutan hujan tropis tumbuhan yang ada di hutan hujan iklim sedang tidak banyak. Hanya tumbuhan yang tahan terhadap iklim dingin saja yang mampu tumbuh di hutan ini umumnya berupa taiga, yaitu hutan berdaun jarum seperti pinus, cemara, tusam dan balsam.

2.      Hutan Peluruh (Hutan Musim)
Kebanyakan hutan peluruh juga berada di daerah iklim sedang yang mempunyai empat musim. Disebut hutan peluruh karena pada musim gugur daunya luruh berguguran, Jenis ini mencakup pohon berangan, maple, sepang, dan bek. Sebelum daunya berguguran daun pohon-pohon ini berwarna-warni sangat indah. Ada yang berwarna kuning, oranye, hijau tua, bahkan merah cerah.
Binatang yang hidup di hutan ini antara lain opossum (sejenis tikus), tupai tanah, ular, burung falkon , dan serangga. Hutan peluruh terdapat di Amerika utara, Asia Timur, dan Eropa.
3.      Padang rumput (Grassland)
Grassland adalah lahan yang didominasi oleh tumbuhan rumput, semak belukar, dan beberapa jenis pohon lainya. Grassland terdapat pada daerah yang curah hujanya rendah, baik di daerah tropis maupun di daerah beriklim sedang. Grassland yang ada didaerah tropis disebut topical grassland (padang rumput tropis) dan yang ada di daerah iklim sedang disebut temperate grassland (padang rumput iklim sedang).
4.      Gurun
Gurun merupakan tempat paling gersang di muka bumi. Di bio mini, air tersedia dalam jumlah yang sangat terbatas. Meskipun demikian bukan berarti di gurun tidak ada kehidupan. Di tempat ini hidup berbagai macam flora dan fauna, terutama yang tahan terhadap kekeringan.
5.      Tundra
Tundra adalah padang lumut yang terdapat di daerah beriklim dingin. Sesuai dengan namanya bio mini didominasi oleh tumbuhan lumut dan sedikit rerumputan yang tahan terhadap iklim dingin. Tundra terdapat di wilayah Amerika Utara, Siberania dan Eropa Utara.
Demikian pembahasan mengenai Persebaran Flora dan Fauna di Dunia. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Daftar pustaka :
Anjayani, E dan Haryanto, T. 2009. Geografi. Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional





2 Komentar untuk "Sebaran Flora dan Fauna di Dunia"

dibaca dari hal tersebut ga sebutin ya satu flora yang paling disalah gunakan yaitu ganja ... apa lagi penjelasan soal Dampak Buruk Ganja

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top