Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Powered by Blogger.

Pages

Tantangan dalam Menjaga Keutuhan NKRI

NKRI, Indonesia
Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Sejarah, yaitu mengenai  Tantangan dalam Menjaga Keutuhan NKRI. Disini akan dijelaskan tetang Tantangan dalam Menjaga Keutuhan NKRI. Berikut penjelasannya.

Integrasi menunjukkan adanya kekuatan yang menggerakkan setiap individu untuk hidup bersama sebagai kelompok (bangsa, negara). Dengan integrasi yang tangguh yang tercermin dari rasa cinta, bangga, hormat, dan loyal kepada negara, kita tentu dapat mewujudkan cita-cita kemerdekaan. Integrasi nasional berkaitan erat dengan semangat persatuan dan kesatuan yang harus dikembangkan oleh bangsa Indonesia. Dengan semangat persatuan dan kesatuan bangsa, kita tentu dapat menjaga keutuhan NKRI.

Dalam perkembangannya, muncul tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Tantangan merupakan Suatu hal atau usaha yang bertujuan atau bersifat menggugah kemampuan. Menurutmu, apa sajakah tantangan yang dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI? Untuk membuka pemahamanmu, lakukanlah kegiatan ini dengan penuh semangat!

Judul Kegiatan      : Menganalisis Tantangan dalam Menajaga Keutuhan NKRI
Jenis Kegiatan      : Tugas Kelompok
Tujuan Kegiatan   : Pertama, perserta didik dapat menjelaskan tantangan menjaga keutuhan NKRI dengan cepat. Kedua, peserta didik dapat menyusun laporan hasil diskusi tentang tantangan menjaga NKRI.

Agar kamu dapat menjelaskan tantangan menjaga keutuhan NKRI, lakukan langkah-langkah kegiatan berikut!
  1. Buatlah sebuah kelompok yang terdiri atas 4-5 orang peserta didik tanpa mebeda-bedakan!
  2. Buatlah kutipan artikel dengan cermat!
  3. Adakan tanya jawab bersama teman sekelompokmu tentang kaitan kutipan artikel dengan tema pembahasan dalam subbab ini, yaitu tentang tantangan menjaga kutuhan NKRI!
  4. Catatlah beberapa informasi penting yang ada di dalam artikel kaitannya dengan tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI!
  5. Bersama teman sekelompokmu, analisilah tantangan dalam menjaga keutuhan NKRI. Menurut kalian apakah tema artikel yang kamu kutip tadi termasuk salah satu bentuk tantangan dalam menjaga kutuhan NKRI? pada akhir analisis, susunlah sebuah kesimpulan!
  6. Bacakan hasil diskusimu di depan kelas secara bergantian dengan kelompok lain. Berikan kesempatan kepada kelompok lain untuk memberikan saran dan pendapat!


Apakah pengetahuanmu tentang tantangan dalamcmenjaga keutuhan NKRI telah bertambah setelah menyelesaikan kegiatan di atas? Coba perhatikan uraian berikut.

Bangsa dan negara kita tercinta, Indonesia memiliki kekayaan yang berlimpah, baik kekayaan berupa sumber daya alam maupun sumber daya manusia. Kita harus bersyukur kepada Tuhan atas 0 semua anugerah tersebut.  Coba perhatikan lingkungan alam Indonesia. Perhatikan pula sumber daya manusianya. Ada berbagai bentuk kekayaan alam yang tersebar baik di darat maupun lautan Indonesia. Hampir semua warga negara Indonesia telah mengenal dunia pendidikan.

Semua itu menjadi modal bagi bangsa Indonesia untuk membangun dan mewujudkan cita-cita negara. Selainitu, kemerdekaan dan kedaulatan NKRI merupakan hal yang harus selalu kita jaga dan pertahankan. Inilah tantangan bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI. Coba perhatikan kembali beberapa faktor pendorong dan penghambat integrasi nasional sebelumnya. Kita sebagai bangsa Indonesia yang ingin menjaga keutuhan NKRI harus mampu menghadapi berbagai tantangan.

Berbagai sikap di atas merupakan tantangan yang harus dihadapi oleh bangsa Indonesia dalam menjaga keutuhan NKRI. Selain tantangan di atas, adapula tantangan untuk mengatasi berbagai faktor penghambat integrasi nasional yang telah kamu pelajari sebelumnya. Setelah selesai mengisi kedua tabel di atas, coba bandingkan dengan tabel milik teman sebangkun Apakah ada jawaban atau pendapat yang sama? Ayo, kita menjaga keutuhan NKRI sesuai dengan kemampuan masing-masing.

Sekian pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahami tentang  Tantangan dalam Menjaga Keutuhan NKRIWassalamu’alaikum Wr Wb

Sumber gambar : https://geotimes.co.id
Sumber tulisan : Nen, Istiana. 2016. "Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan". Surakarta : Mediatama.


0 Komentar untuk " Tantangan dalam Menjaga Keutuhan NKRI"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top