Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Prosa non-fiksi

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Prosa non fiksi. Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                             https://www.google.com
A.    Prosa Nonfiksi
Prosa nonfiksi ialah karangan yang tidak berdasarkan rekaan atau khayalan pengarang, tetapi berisi hal-hal yang berupa informasi factual (kenyataan) atau berdasarkan pengamatan pengarang. Karangan ini diungkapkan secara sistematis,kronologis, atau kilas balik dengan menggunakan Bahasa semiformal. Karngan ini berbentuk eksposisi, persuasi, deskripsi, atau campuran. Prosa nonfiksi disebut juga karangan semilmiah, yang termasuk karangan semi ilmiah ialah : artikel, tajuk rencana, opini, feature, tips, biografi, reportase, iklan, pidato, dan sebagainya.
a.       Artikel
Artikel ialah karangan yang berisi uraian atau pemaparan yang memiliki ciri-ciri sebagai berikut :
1)      Isi karangan bersumber pada fakta bukan sekedar realita
2)      bersifat factual dengan mengungkapkan data-data yang diketahui pengarang bukan yang sudah umum diketahui (realita)
3)      uraian tidak sepenuhnya merupakan hasil pemikirian pengarang, tapi mengungkapkan fakta sesuai objek atau narasumbernya.
4)      isi artikel dapat memaparkan hal apa saja seperti, pariwisata, kisah perjalanan, profil tokoh, kisah pengalaman orang lain, satir atau humor.
b.      Tajuk Rencana
Tajuk rencana atau editorial adalah karangan yang bersifat argumentative yang ditulis oleh redaktur media massa mengenai hal-hal yang factual dan actual (sedang terjadi atau banyak dibicarakan orang). Isi tajuk merupakan pandangan atau tanggapan dari penulisnya mengenai suatu permasalahan atau peristiwa. Tajuk rencana juga diistilahkan dengan editorial.
c.       Opini
Opini adalah tulisan berisi pendapat, pikiran, atau pendirian seseorang tentang sesuatu. Opini termasuk bentuk proses factual karena meskipun masih bersifat pendapat penulisnya, namun tetap dalam opini diungkapkan berbagai alasan yang dapat menguatkan pendapat tersebut.
d.      Feature
Feature atau ficer ialah sejenis artikel eksposisi yang memberikan tekanan aspek tertentu yang dianggap menarik atau perlu ditonjolkan dari suatu objek atau peristiwa yang memiliki daya Tarik secara emosional, pribadi, atau bersifat humor. Isi feature bukan berita yang actual, tapi kejadian yang sudah berlalu.
e.       Biografi
Biografi adalah kisah atau riwayat kehidupan seorang tokoh yang ditulis oleh orang lain. Biografi ditulis dengan berbagai tujuan. Salah satunya untuk memberikan informasi bagi pembaca tentang latar belakang kehidupan seorang tokoh dari sejak kecil hingga mencapai karir di kehidupanya kemudian. Jika tokoh itu sendiri yang menulisnya disebut otobiografi. Biografi termasuk prosa naratif ekspositoris atau prosa factual yang mengungkapkan fakta-fakta nyata.
f.        Tips
Tips adalah karangan yang berisi uraian tentang cara atau langkah-langkah operasional dalam melakukan atau membuat sesuatu. Disajikan dengan ringan, sederhana, dan Bahasa popular. Karangan ini termasuk jenis artikel eskpositoris.
g.      Reportase
Reportase ialah karangan yang berupa hasil laporan dari liputan suatu peristiwa atau kejadian yang sedang berlangsung atau belum lama berlangsung untuk keperluan berita di media massa. Bersifat informasi actual. Contoh reportase yaitu berita langsung tentang kejadiaan bencana alam gempa jogja, atau banjir Jakarta.
h.      Iklan
Iklan ialah informasi yang disajikan lewat media massa, bulletin atau surat edaran yang bertujuan untuk memberitahukan atau mempromosikan suatu barang atau jasa kepada khalayak untuk kepentingan bisnis, pengumuman, atau pelayanan public. Iklan terdiri atas iklan keluarga, undangan, pengumuman, penerangan, niaga, lowongan pekerjaan, dan sebagainya.
Ciri-ciri Bahasa iklan :
1)      kalimatnya singkat, hanya menonjolkan bagian-bagian yang dipentingkan.
2)      uraian bersifat informative dan persuasif.
3)      Menggunakan kata-kata yang terpilih dan menarik perhatian orang untuk mengetahui, mencoba, atau ingin memiliki.
i.        Pidato atau khotbah
Pidato ialah aktivitas mengungkapkan pikiran, ide, gagasan secara lisan dalam bentuk rangkaian kata-kata atau kalimat kepada orang-orang banyak dengan tujuan tertentu. Pidato biasanya dilakukan dalam acara-acara resmi, seremonial, dan pertemuan-pertemuan ilmiah. Pidato merupakan bentuk komunikasi satu arah karena terdiri atas pemberi pidato satu orang dan orang banyak sebagai pendengar.
Bahasa dan pidato disesuaikan dengan pendengar (audience) berdasarkan tingkat pemikiran atau pendidikan, usia, dan topik pembicaraan. Bagian-bagian pidato ialah seperti berikut .
1.      Bagian pembuka berisi :
1)      salam pembuka
2)      ungkapan sapaan
3)      puji syukur kepada Tuhan
4)      penegasan konteks pertemuan atau acara
2.      Bagian isi berisi uraian pidato sesuai dengan yang telah direncanakan atau ingin disampaikan
3.      Penutup pidato, berisi:
1)      Kesimpulan isi pidato
2)      harapan-harapan atau himbauan
3)      ucapan terima kasih dan permohonan maaf
4)      salam penutup
Beberapa hal berikut harus diperhatikan dalam menyimak pidato
1.      Simaklah isi pidato dengan seksama dari awal sampai akhir
2.      pahami gagasan, pendapat, atau pesan yang disampaikan dalam pidato
3.      ingatlah atau catatlah hal-hal penting terdapat dalam uraian pidato dan beri komentar.
Demikian pembahasan mengenai Prosa non fiksi. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Daftar pustaka :

Irman, M dkk. 2008. Bahasa Indonesia 3. Jakarta : Departemen Pendidikan Nasional
0 Komentar untuk "Prosa non-fiksi"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top