Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengangguran


Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Pengangguran. Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                                https://www.google.com

1.      Tingkat Pengangguran
Penganggur adalah orang yang tidak mempunyai pekerjaan, sedang mencari pekerjaan, atau sedang mempersiapkan suatu usaha baru. Sedangkan tingkat pengangguran adalah perbandingan antara jumlah penganggur dan jumlah angkatan kerja dalam kurun waktu tertentu yang dinyatakan dalam bentuk persentase.
Jika peningkatan jumlah angkatan kerja di suatu negara tidak diimbangi dengan peningkatan daya serap lapangan kerja, maka tingkat pengangguran di negara tersebut tinggi. Sebaliknya jika peningkatan jumlah angkatan kerja diimbangi dengan peningkatan daya serap lapangan kerjanya, maka tingkat pengangguranya rendah.
Di Indonesia berdasarkan tingkat pendidikan jumlah penganggur didominasi oleh lulusan SLTA ke bawah (SLTA,SLTP,SD, di bawah SD).
2.      Jenis Pengangguran dan Penyebabnya
Pengangguran dapat dikelompokan menurut faktor penyebab terjadinya dan menurut lama waktu kerjanya.
a.       Jenis pengangguran menurut faktor penyebab terjadinya
Berdasarkan faktor penyebab terjadinya, pengangguran dapat dibagi menjadi pengangguran konjungtur (siklis), structural, frisksional, dan musiman
1)      Pengangguran konjungtur/siklis adalah pengangguran yang berkaitan dengan turunya kegiatan perekonomian suatu negara. Pada masa kegiatan ekonomi mengalami kemunduran, daya beli masyarakat menurun. Akibatnya, barang menumpuk di gudang. Perusahaan industri mengurangi kapasitas produksi dan mungkin juga menghentikan kegiatan produksinya karena barang-barang tidak laku di pasar. Oleh karena itu, kapasitas produksi dikurangi, atau bahkan produksi dihentikan. Akibatnya sebagian buruh diberhentikan.
b.      Jenis Pengangguran menurut lama waktu kerja
Berdasarkan lama waktu kerja, pengangguran dapat dibagi ke dalam tiga kelompok, yaitu pengangguran terbuka, setengah menganggur, dan pengangguran terselubung.
1)      Pengangguran terbuka adalah situasi dimana orang sama sekali tidak bekerja atau berusaha mencari pekerjaan. Pengangguran terbuka bisa disebabkan karena lapangan kerja tidak tersedia, ketidakcocokan antara kesempatan kerja dan latar belakang pendidikan, dan tidak mau bekerja.
Untuk menghitung berapa besar tingkat pengangguran terbuka, dapat dilakukan dengan rumus berikut.
Tingkat pengangguran terbuka =
Jumlah pengangguran terbuka /angkatan kerja x 100%
2)      Setengah menganggur adalah situasi dimana orang bekerja, tapi tenaganya kurang termanfaatkan diukur dari curahan jam kerja, produktivitas kerja, dan penghasilan yang diperoleh. Misalnya orang yang bekerja sebagai tenaga kerja lepas dimana dia tidak ada kepastian mengerjakan pekerjaan pada waktu tertentu.
Untuk menghitung berapa besar tingkat setengah menganggur, dapat dilakukan dengan rumus berikut.
Tingkat setengah menganggur =
Bekerja kurang 35jam/minggu : angakatan yang bekerja x 100%
3)      Pengangguran terselubung terjadi karena tenaga kerja tidak bekerja secara optimal. Kondisi ini disebabkan adanya ketidaksesuaian antara pekerjaan dengan bakat dan kemampuanya. Dampak ketidakcocokan akan berpengaruh pada produktivitas kerja dan penghasilan yang rendah. Misalnya seseorang lulusan D-3 keperawatan bekerja sebagai sekertaris sebuah perusahaan. Dia tidak bisa menjalankan fungsi kesekretariatan dengan baik, sehingga menghambat proses kerja yang ada.
Pengangguran terselubung juga dapat terjadi karena terllau banyaknya tenaga kerja yang dipakai untuk mengerjakan suatu pekerjaan melebihi batas optimalnya. Misalnya sebuah perusahaan memperkerjakan 10 karyawan untuk menangani pemasran. Padahal hanya dengan memperkerjakan 7 karyawan tugas tersebut dapat tertangani dengan baik. Pada contoh berarti ada 3 karyawan yang dapat dikatakan sebagai pengangguran terselubung.
Demikian pembahasan mengenai Pengangguran. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Daftar Pustaka :
Alam,S.2007.Ekonomi untuk SMA/MA Kelas X.Jakarta: Esis


0 Komentar untuk "Pengangguran"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top