Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Ekonomi Mikro & Makro

Ekonomi Mikro & Makro

Ekonomi Mikro & Makro

Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Ekonomi, yaitu mengenai Ekonomi Mikro & Makro. Disini akan dijelaskan tetang ekonomi. Berikut penjelasannya.

Ada dua cara berbeda namun saling melengkapi dalam melihat dan memahami ekonomi. Ekonomi mikro lebih mengarah pada perilaku ekonomi individu dan keterkaitannya satu sama lain, sementara ekonomi makro lebih menekankan pada rincian dan perilaku ekonomi secara keseluruhan (agregat). Kedua istilah ini merupakan serapan dari bahasa inggris, microeconomics dan mac- roeconomics, di mana kata micro dan macro sendiri berasal dari bahasa Yunani yang berarti kecil dan besar.

Ekonomi Mikro


Ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari fungsi ekonomi individu dan perilaku sistem pembuatan keputusan individu, yang terdiri dari perusahaan dan rumah tangga. Ekonomi mikro mempelajari alokasi sumber daya dan distribusi pendapatan yang dipengaruhi oleh sistem harga yang terjadi di pasar dan oleh kebijakan pemerintah. 

Selain itu, kita juga akan melihat cara penentuan harga dan kuantitas suatu hasil produksi yang ditawarkan dalam pasar individu dan hubungan di antara pasar tersebut. Ekonomi mikro juga dapat dilihat sebagai rincian dari ekonomi pasar. 

Dalam ekonomi mikro ini, pertanyaan-pertanyaan yang biasanya muncul antara lain apa yang akan diproduksi dan berapa harga yang akan ditawarkan kepada konsumen, apa yang menentukan harga dari brokoli, kalkulator, mobil, dan mengapa harga barang yang satu naik sementara yang lainnya turun, bagaimana kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan individu, dan sebagainya. 

Dari segi rumah tangga, pertanyaan yang mungkin timbul seperti barang apa yang akan dibeli dan berapa jumlahnya. Selain itu, pertanyaan yang muncul tentang ekonomi mikro adalah siapa yang akan mendapatkan barang yang diproduksi. 

Secara sistematis, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikelompokkan menjadi pertanyaan-pertanyaan:
  1. Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi?
  2. Bagaimana cara memproduksi berbagai barang dan jasa tersebut?
  3. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi?

Mengenai apakah jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi menunjukkan pentingnya pilihan-pilihan pembeli dalah perilaku dalam perekonomian sehingga menentukan jenis-jenis kegiatan yang akan dijalankan dalam perekonomian. Pada akhirnya ekonomi mikro akan dapat menjawab pertanyaan mengapa rumah tangga yang kaya dapat menikmati hasil produksi yang lebih banyak dari keluarga miskin, kekuatan apa yang menentukan distribusi dari hasil produksi. 

Semuanya itu merupakan area yang terdapat dalam ekonomi mikro. Dengan memahami ekonomi mikro akan lebih mudah bagi kita untuk memahami sebuah masyarakat.



Ekonomi Makro


Berbeda dengan ekonomi mikro, ekonomi makro melihat ekonomi secara keseluruhan. Ekonomi makro adalah cabang dari ilmu ekonomi yang mempelajari perilaku ekonomi secara agregat, seperti total pendapatan, tingkat tenaga kerja, hasil produksi, dan sebagainya, dalam skala nasional. Agregat ini dihasilkan dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh berbagai pasar yang berbeda dan dari penlaku berbagai macam pembuat keputusan yang berbeda dari rumah tangga, perusahaan, dan pemerintah.

Jika dalam ekonomi mikro kita hanya menentukan harga brokoli, kalkulator, mobil dari satu perusahaan, maka dalam ekonomi makro nilai dari semua brokoli, kalkulator, dan mobil tersebut dikumpulkan menjadi satu dan ditambahkan ke dalam nilai dan semua barang dan jasa yang diproduksi dalam suatu negara dan mempelajari pergerakan dari produk agregat nasional.

Ketika dalam ekonomi mikro kita hanya terfokus pada produk secara individu dan harga secara relatif, dalam ekonomi makro kita melihat secara keseluruhan tingkatan harga dan seberapa cepat (atau lambat) kenaikan (atau penurunannya). Pertanyaan yang muncul dalam ekonomi makro antara lain berapa banyak orang yang dipekerjakan atau menganggur tahun ini dalam suatu perekonomian atau dalam area geografis tertentu, berapa banyak orang yang ingin dan mampu bekerja namun tidak memperoleh pekerjaan, dan faktor yang menentukan jumlah permintaan akan tenaga kerja tersebut, dan semuanya dilihat secara agregat.

Dengan mempelajari ekonomi secara agregat, kita dapat memberikan perhatian penuh terhadap suatu isu atau kejadian-kejadian penting yang sedang berlangsung dalam perekonomian secara keseluruhan. Kelemahannya mungkin akan ada beberapa detil yang akan terlewatkan jika kita kerjaan melihat secara menyeluruh, namun di samping itu kita akan mendapatkan gambaran besar tentang ekonomi. Dalam ekonomi makro kita dapat melihat adanya kesempatan dan kesulitan yang dialami suatu perekonomian.

Sekian pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahami tentang Ekonomi Mikro & MakroWassalamu’alaikum Wr Wb

Sumber gambar : https://www.yuksinau.id
Sumber tulisan : Wahyu, Suwerli, dkk. 2007. "Ekonomi". Jakarta : Erlangga.
0 Komentar untuk "Ekonomi Mikro & Makro"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top