Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Dampak Perubahan Sosial

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Dampak Perubahan Sosial Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                     https://www.materisma.com
Sebagai anggota masyarakat sudah sepatutnya memahami perubahan-perubahan sosial dan dampak perubahan sosial terhdap kehidupan masyarakat. Oleh karena itu ,dengan memahami dan menganalisis dampak perubahan sosial kita dapat memberikan contoh-contoh kasus dampak perubahan sosial, dan dapat mengembangkan keterampilan sikap serta perilaku yang rasional dalam menghadapi masalah-masalah sosial yang terjadi dalam kehidupan sehari-hari.
A.    Disorganisasi dan Reorganisasi
Organisasi merupakan artikulasi dari bagian-bagian yang merupakan suatu kesatuan fungsional atau suatu keadaan adanya keserasian pada bagian-bagian dari suatu kebulatan, sedangkan reorganisasi adalah suatu keadaan adanya ketidakserasian pada bagian-bagian dari suatu kebulatan atau suatu proses pembentukan norma-norma baru agar serasi dengan lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
Seperti kita ketahui pengaruh perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat yang ebrakibat positif berarti akan melahirkan kondisi hidup yang integrative.
B.     Integrasi dan Disintegrasi
Pengaruh perubahan sosial terhadap kehidupan masyarakat yang bersifat positif berarti akan melahirkan kondisi yang integrative sedangkan yang membawa pengaruh negative akan menciptakan kondisi hidup yang disintegratif atau disorganisasi. Disintegrasi yaitu memudarnya kesatupasuan dalam organisasi dan solidaritas antara yang kolektif, golongan, dan kelompok dalam suatu masyarakat. Situasi disintegrasi dipengaruhi oleh timbulnya ketidaksepahaman diantara anggota, tidak patuh terhadap norma-norma yang berlaku, tidak berfungsinya sanksi-sanksi, menurunya kewibawaan tokoh-tokoh masyarakat dan sebagainya.
Bentuk perubahan sosial yang cenderung membawa kondisi disintegrasi yaitu perubahan sosial yang terbentuk revolusi dan perubahan yang pengaruhnya besar serta perubahan yang tidak dikehendaki contohnya antara lain sebagai berikut :
1.      Disintegrasi masyarakat karena bentuk perubahan yang berlangsung secara tidak sengaja. Contoh adanya tindak criminal, kesenjangan sosial, dan pengangguran.
2.      Disintegrasi masyarakat karena bentuk perubahan yang oenagruhnya besar, contohnya proses industrialisasi dan akan menimbulkan cultural log (kesenjangan kebudayaan) contohnya teknologi pertanian, dan mekanisasi dengan siperkenalkanya pengolahan dengan traktor. Proses industrialisasi juga dapat memnunculkan kelompok majikan dan buruh. Bila kedua lapisan tersebut tidak dibina proses interaksinya dengan baik, maka akan muncul disintergrasi. Misalnya konflik antara majikan dengan buruh yang menganggu jalanya roda perusahaan. Selain itu juga, disintegrasi terjadi dalam kehidupan masyarakat sebagai akibat perubahan sosial, misalnya konsumelisme, individualistis, hedomisme, dan materialistis.
3.      Disintegrasi masyarakat karena perubahan sosial budaya secara revolusi. Revolusi merupakan perubhan yang berlangsung secara cepat dan radikal. Melalui revolusi fisik yaitu peperangan yang terjadi pada suatu negara contohnya perang Israel dan Libanon, akan dapat merusak struktur politik, ekonomi, sosial dan budaya.
Setelah mengetahui tentang integrase dan disintegrasi tentu kita ingin mengetahui bagaimana proses perubahan sosial yang terjadi dalam masyarakat .
1.      Proses perubahan sosial
Perubahan sosial yang terjdi dalam masyarakat mengalami suatu proses dalam pembentukanya dan menimbulkan dampak atau akibat dalam kehidupan masyarakat yang akan diuraikan dibawah ini :
a.       penyesuaian masyarakat terhadap perubahan
Keserasian masyarakat merupakan suatu keadaan diantara lembaga-lembaga kemasyarakatan yang utama. Setiap individu dalam masyarakat merasa tentram, disebabkan tidak adanya pertentangan dalam masyarakat dapat tercipta dari suatu keadaan yang tidak serasi.
b.      Disorganisasi dan reorganisasi
Organisasi merupakan artikulasi dari bagian-bagian yang merupakan suatu kesatuan fungsional sedangkan disorganisasi adalah suatu keadaan adanya ketidakserasian pada bagian-bagian dari suatu kebulatan.
Integrasi atau disorganisasi dapat dirumuskan sebagai suatu proses adanay norma-norma dari nilai-nilai dalam masyarakat. Sedangkan reorganisasi adalah suatu proses pembentukan norma-norma baru agar serasi dengan lembaga kemasyarakatan yang telah mengalami perubahan.
c.       Saluran-saluran perubahan sosial budaya
Saluran-saluran perubahan sosial merupakan saluran-saluran yang dilalui oleh suatu proses perubahan. Adapun saluran-saluran terseut adalah lembaga kemasyarakatan dalam bidang ekonomi, bidang agama, bidang pendidikan, rekreasi, pemerintahan dan sebagainya.
Dalam kenyataanya lembaga kemasyarakatan yang pada waktu mendapatkan penilaian tertinggi dari masyarakat maka cenderung untuk menjadi saluran utama perubahan sosial. Perubahan lembaga kemasyarakatan tersebut akan membawa akibat pada lembaga-lembaga kemasyarakatan lainya. Sebab lembaga kemasyaraktan merupakan suatu sistem integrase. Saluran-saluran berfungsi sebagai alat perkenalan agar suatu perubahan dapat diterima dan diakui serta digunakan oleh masyarakat. Begitu pula halnya dalam bidang pendidikan, tidak diskriminasi antara golongan-golongan. Setiap individu boleh memilih pendidikan berdasarkan yang disukai. Pada akhirnya perubahan ini berpengaruh pada pola perilaku dan nilai-nilai masyarakat Indonesia.
Demikian pembahasan mengenai Dampak Perubahan Sosial. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Daftar pustaka :
Elisanti dan Rostini, T. 2009. Sosiologi. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional


0 Komentar untuk "Dampak Perubahan Sosial"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top