Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Budidaya Tanaman


Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Budidaya tanaman. Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                              https://www.google.com

A.    Perkembangan Agribisnis Tanaman
1.      Deskripsi
Indonesia memiliki sumberdaya alam yang sangat besar dan beragam. Kemajuan teknologi, terutama teknologi pertanian, telah menawarkan berbagai keuntungan/kelebihan dalam berusaha tani. Mulai dari tahap pembenihan dampai penanganan produk pascapanen untuk tanaman holtikultura (buah,sayur, hias), tanaman pangan (padi, jagung,kedelai) tanaman perkebunan (kelapa sawit,kako, karet ). Kekayaan akan sumber alam tersebut akan menjamin terjadinya arus perdagangan antar wilayah. Keadaan ini akan memberikan jaminan bahwa agribisnis tanaman di Indonesia akan berkembang secara berkelanjutan.
Indonesia merupakan negara agraris yang kaya akan komoditas tanaman yang tersebar di seluruh daerah Indonesia. Beberapa hasil tanman menjadi andalan eksport diantaranya kako, karet, lada, dan buah-buahan, tanaman hias dll. Peluang pengembangan tanaman sayuran cukup besar, mengingat tingkat konsumsi sayuran di Indonesia baru mencapai 37kg/kapita/tahun dan tingkat konsumsi buah baru mencapai 46,06 kg/kapita/tahun, sedangkan standar menurut FAO adalah 65kg/kapita/tahun untuk sayuran dan 64kg/kapita/tahun untuk buah-buahan. Saat ini import buah Indonesia mencapai 300.0000 ton per tahun. Hal ini tentu saja merupakan peluang bagi agribisnis holtikultura, khususnya sayur dan buah-buahan. Untuk tananamn hias anggrek di Indonesia tercatat sebagai peeksport ke 22 negara. Tanmaan perkebunan seperti kelapa sawit, kakao merupakan kelompok tanaman penghasil devisa negara Indonesia artinya bahwa tanaman tersebut diusahakan dalam skala yang luas yaitu ratusan ribu hektar, sehingga investasi cukup besar dan diharapkan diperoleh keuntungan yang besar.
Ada tiga keompok besar tanman yang dibudidayakan atau diusahakan dalam bidang pertanian yaitu : Kelompok tanmaan pangan, kelompok tanaman holtikultura, kelompok tanaman perkebunan.
1)      Tanaman pangan
Tanaman pangan merupakan tanaman penghasil bahan makanan pokok. Termasuk kelompok ini adalah : serelia, umbi-umbian dan kacang-kacangan.
a.       Kelompok serelia : padi,jagung,sorgum,gandum
Tanaman yang termasuk kelompok ini adalah : pad,jagung,sorgam,gandum, pentingnya tanaman serealia :
Aspek sosial dan kebudayaan , tulang punggung nutrisi, 56% konsumsi dunia (21% padi, 20% gandum, 5% jagung dan 10% lain-lain)
Aspek ekonomi :merupakan bahan perdagangan, ada 650 genera dan 10000 spesies. Serelia dapat tumbuh berkembang pada suhu : jagung 21-300C, padi : 20-350C, gandum : 10-240C, dan rye : 10-250C. pH tanah :5,5-7,0
b.      Kelompok umbi-umbian
Tanaman yang termasuk kelompok ini adalah : ubi jalar, singkong, talas.
prospek
Makanan sumber karbohidrat
Sebagai bahan industri pangan (sirup,makanan bayi, makanan ringan)
Sebagai bahan energy
c.       Kelompok kacang-kacangan
Tanaman yang termasuk kelompok ini adalah : kedele, kacang tanah, kacang hijau, kacang merah, kacang babi, kacang bogor.
Pentingnya tanaman ini :
Sebagai sumber makanan yang kaya protein
Merupakan penyeimbang serelia
Morfologi
Merupakan tanaman semusim (4 bulan)-setahun
Pertumbuhan : merambat, memanjat,semak atau intermediate (menyemak dan menjulur)
Perakaran :tahan terhadap kekeringan,bersimbiosis dengan bakteri Rhizobium
Ekologi
Dataran rendah, semiarid : ketinggian 0-800m, curah hujan < 600mm/tahun : kacang tanah
Dataran rendah subhumid: keitnggian 0-800m, curah hujan 600-1000mm/tahun : kacang tanah,kacang hijau, kedele.
Dataran rendah, humid :ketinggian 0-800m, curah hujan 1000-1500mm/tahun : pigeon peas, lima beans, jack beans, kacang tanah, kacang hijau
Dataran menengah dan tinggi tropis : Ketinggian > 800m : kedelai, kacang tanah, common beans, runner beans
2)      Kelompok Holtikultura
Tanaman yang termasuk holtikultura adalah tanaman sayuran tanaman buah-buahan dan tanaman hias.
Fungsi utama tanaman holtikultura adalah :
a)      Fungsi penyediaan pangan yakni terutama sekali dalam kaitanya dengan penyedia vitamin, mineral, serat, dan senyawa lain untuk pemenuhan gizi.
b)      Fungsi ekonomi, dimana pada umumnya komoditas holtikultura memiliki nilai ekonomi yang tinggi, menjadi sumber pendapatan bagi petani, pedagang, kalangan industri.
c)      Fungsi kesehatan ditujukan oleh manfaat komoditas biofarmaka, untuk mencegah dan mengobati berbagai penyakit tidak menular.
d)      Fungsi sosial budaya yang ditujukkan oleh peran komoditas holtikultura sebagai salah satu unsur keindahan atau kenyamanan lingkungan, serta peranya dalam berbagai upacara, kepariwisataan dan lain-lain.
Demikian pembahasan mengenai Budidaya tanaman. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Daftar pustaka :
Pairunan.A.K.dkk. 1985. Dasar-Dasar Ilmu Tanah. Ujung Pandang:BKPT INTIM

0 Komentar untuk "Budidaya Tanaman"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top