Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Merangkum Isi Pembicaraan Dalam Diskusi

Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang bahasa indonesia, yaitu mengenai merangkum isi pembicaraan dalam diskusi. Berikut penjelasannya.

Kamu tentu sudah sering melakukan kegiatan diskusi, baik diskusi kelompok atau diskusi kelas. Namun, pernahkah kamu mengikuti kegiatan diskusi di luar lingkungan sekolah? Misalnya, seminar kesehatan, seminar lingkungan, seminar pendidikan, atau kegiatan seminar lain yang pada prinsipnya merupakan kegiatan diskusi yang membahas suatu masalah.

Ada baiknya kamu mengikuti kegiatan seminar seperti itu untuk menambah wawasan kamu. Selain itu, semakin sering mengikuti kegiatan seminar, kamu akan semakan terampil mengemukakan pendapat dan menambah keberanianmu.

Diskusi atau seminar sering juga disebut kegiatan "adu pendapat". Sesuai istilah tersebut, dalam diskusi, peserta di beri kebebasan untuk menyampaikan pendapat mengenai topik yang dibicarakan. Justru akan aneh ketika orang datang ke acara diskusi hanya diam mendengarkan para pembicara membacakan atau menyampaikan makalahnya. Tanpa peserta yang menyampaikan pendapat, diskusi tentu saja akan berhenti. Peserta pulang dengan "tangan hampa".

Dalam kegiatan diskusi, ada beberapa pihak yang terlibat, yaitu
  • Pemkalah atau pemateri adalah orang yang menyampaikan materi berkaitan dengan topik yang di angkat; 
  • Peserta diskusi adalah orang yang mendengarkatkan para pembicara menyampaikan materi, kemudian bertanya dan menyampaikan tanggapan berkaitan topik yang dibahas; 
  • moderator adalah orang yang bertugas sebagai pemimpin diskusi; bertugas mengarahkan jalannya diskusi sehingga kegiatan tanya jawab berjalan lancar; 
  • notulis adalah orang yang bertugas mencatat suasana diskusi, termasuk pertanyaan peserta dan jawaban narasumber sebagai bahan untuk menyusun laporan diskusi atau seminar.
Perhatikan pendapat-pendapat yang disampaikan dalam diskusi dengan tema "Bioteknologi Pertanian" berikut!



Carilah pokok-pokok isi pendapat tersebut dalam kalimat yang lebih ringkas! Contoh:

Cara bertani dengan megembangkan bioteknologi pertanian tentu saja termasuk cara yang baik, dan memang sebaiknya kita dapat mengembangkannya. Namun, pernyataan saudara pembicara bahwa pertanian dilakukan secara konvensional sudah ketinggalan zaman, saya kurang sependapat. Soalnya masih banyak kelebihan yang dapat kita pertahankan dari cara bertani secara konvensional. Misalnya, menggarap sawah dengan cara dibajak memakai kerbau itu akan menjadikan tanah sawah menjadi lebih subur jika dibandingkan dengan mencangkulnya pakai traktor. Kelebihan traktor hanya dalam soal kecepatan menggarap. Dengan demkian, saya berpendapat bahwa pertanian dengan cara modern bagus dalam beberapa segi, namun dari segi yang lain belum tentu baik. Begitupun sebaliknya, bertani dengan cara konvensional tidak selamanya ketinggalan zaman.

Pokok isi pendapat tersebut adalah:

Pertanian dengan cara modern bagus dalam beberapa segi, namun dari segi yang lain belum tentu baik. Begitupun sebaliknya, bertani dengan cara konvensional tidak selamanya ketinggalan zaman.

Setelah mengikuti diskusi, kamu dapat membuat notula, Notula adalah catatan yang berisi gambaran jalannya kegiatan diskusi. Kali ini, kamu akan berlatih membuat notula. Jika kelak mejadi panitia seminar dan ditunjuk menjadi notulis, kamu dapat mengerjakan tugas kamu dengan baik.

Perhatikan contoh format notula berikut ini.

NOTULA SEMINAR

Nama seminar   : .... (isi dengan jenis seminar)
Tema                   : .... (isi dengan tema seminar)
Pelaksanaan      : .... (isi dengan waktu dan tempat seminar)
Pembicara          : .... (isilah dengan nama pembicara)
Perserta              : .... (isi dengan jumlah peserta)

Pokok-Pokok Isi Materi
...................................................................................................................................................................(isilah dengan nama masing-masing narasumber, judul makalah, dan pokok-pokok isi makalah)

Pokok-Pokok Isi Tanggapan
...................................................................................................................................................................(isilah dengan pokok-pokok isi pendapat yang diajukan para peserta berikut nama peserta yang menyampaikan pendapat)

Simpulan
...................................................................................................................................................................(isilah dengan simpulan seminar)

..........................................................
(isilah dengan nama kota dan tanggal notula dibuat)

Tugas mandiri: carilah agenda kegiatan diskusi atau seminar di daerah kamu! ikutlah kegiatan diskusi atau seminar itu dengan aktif. Catatlah poko-pokok isi materi yang disampaikan narasumber (pembicara) dan pokok-pokok isi pendapat peserta dan pokok-pokok isi jawaban narasumber secara lengkap. Kemudian, tulislah sebuah notula seminar berdasarkan hasil diskusi/seminar itu! buatlah notula itu secara rapi dengan di ketik menggunakan program komputer font time 12 pt!



Kemudian setelah anda membuat notula, bacakanlah notula seminar/diskusi yang sudah kamu buat! bacakan di depan kelas agar didengarkan oleh teman-teman kamu! kemudian dengerkan juga notula dari temen kamu lalu bagaimana pendapatmu tentang notula yang dibuat oleh teman-teman kamu? sampaikan pendapatmu!

Sekilan pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahi tentang bagaimana cara merangkum isi pembicaraan dalam diskusi. Wassalamu’alaikum Wr Wb

sumber gambar : https://slideplayer.info
sumber tulisan  : Atep, Maman, dkk. 2009. "Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 2". Solo : Platinum.
0 Komentar untuk "Merangkum Isi Pembicaraan Dalam Diskusi"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top