Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Menulis Rangkuman Isi Buku

Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Bahasa Indonesia, yaitu mengenai menulis rangkuman isi buku. Disini akan dijelaskan pengertian dari resensi serta pembahasan menulis rangkuman. Berikut penjelasannya.

Rangkuman atau ringkasan merupakan bentuk ringkas dari sebuah karya tulis dengan mempertahankan urutan isi. Dalam ringkasan, penjelasan-penjelasan terperinci dan ilustrasi keindahan gaya bahasa karangan asli di hilangkann, yang ada tinggal pokok-pokok bahasanya. Dengan demikian, ringkasan merupakan bentuk tulisan atau karangan baru yang lebih singkat dari pada bentuk karangan aslinya. 

Menulis resensi pada dasarnya adalah menjelaskan gambaran isi buku kepada pembaca. Karena itu, seorang penulis resensi sebaiknya membaca dan memahami isi buku secara tuntas. Dalam resensi tersebut, penulis juga menjelaskan isi buku secara singkat. 

Berikut adalah langkah-langkah untuk menulis rangkuman sebuah buku. 
  1. Membaca buku secara intensif
  2. Mencatat identitas buku
  3. Mencatat gagasan pokok setiap bagian buku
Agar lebih memahami gambaran sebuah ringkasan isi buku, bacalah ringkasan isi buku Limbah Bahan Ransum Unggas yang Rasional karangan Urip Santoso berikut! 

Untuk memenuhi kebutuhan gizi di perlukan makanan, baik yang berupa gizi nabati maupun hewani. Salah satu gizi hewani bersumber dari ternak unggas. Oleh karena itu, sudah selayaknya mulai dipikirkan upaya untuk mengembangkan teknik pemeliharaan unggas, yang salah satunya dengan mengolah bahan makanan unggas tersebut.



Bahan makanan uanggas yang memenuhi standar kesehatan unggas adalah zat makanan yang mengandung unsur-unsur udara, air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin dan mineral. Bahan makanan tersebut dapat diperoleh dari bahan hewani maupun nabati. 

Di samping itu, bahan tersebut diupayakan berasal dari bahan makanan yang tidak bersaingan dengan bahan makanan manusia. Bahan makan hewani seperti cacing, bekicot, kodok, yang pada umumnya tidak di konsumsi manusia. Selain itu, juga bahan nabati seperti sayur-sayuran yang sudah tidak di konsumsi lagi oleh manusia, seperti limbah sayuran di pasar. 

Bahan makanan seperti itu bisa didapat dari limbah. Oleh karena itu, diperlukan pengelolahan limbah organik dengan penggunaan teknologi yang mendukung ke arah itu. Dengan memanfaatkan limbah organik maka setidak-tidaknya ada dua keuntungan yang bisa diperoleh. Pertama, mengurangi pencemaran akibat limbah. Kedua, dengan pemrosesan yang tepat guna limbah dapat dimanfaatkan sebagai bahan makanan ternak. 

Berdasarkan contoh ringkasan diatas, dapat diketahui bahwa poko-pokok isi buku Limbah Bahan Ransum Unggas yang Rasional adalah sebagai berikut. 
  • Salah satu sumber gizi adalah ternak unggas
  • Bahan makanan unggas yang baik mengandung unsur-unsur udara, air, protein, karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral.
  • Bahan makanan unggas dapat bersumber dari limbah organik (misalnya sayuran).
  • Limbah organik itu diolah dengan teknologi sehingga menjadi makanan unggas yang layak.
  • Pengolahan makanan unggas dari limbang organik akan mengurangi pencemaran.
Apakah kamu gemar membaca? apakah kamu juga memiliki koleksi buku di rumah? bacalah buku sesuai minat kamu masing-masing. Catatlah poko-pokok isi buku tersebut! kemudian, tulislah ringkasan isi buku itu sesuai contoh di atas!



Terkadang, ketika menulis, kamu tidak memerhatikan struktur bahasa yang baik dan benar. Kamu hanya menuliskan apa yang ada dalam benak kamu dengan mengabaikan kaidah. Ketika membaca ulang tulisan, kamu baru menyadari bahwa tulisan kamu barangkali sulit dipahami.

Oleh karena itu, membaca ulang tulisan yang telah kamu buat merupakan tahap penting dalam kegiatan menulis. Dengan membaca ulang dan mengulangnya lagi terkadang sampai beberapa kali kamu akan menemukan kesalahan-kesalahan yang ada pada tulisan tersebut, baik salah ketik, salah ejaan, salah struktur kalimat, dan sebagainya. 

Ketika membaca ulang, kamu sekaligus dapat memperbaiki kesalahan yang kamu temukan. Kegiatan seperti itu disebut dengan menyunting. Coba kamu baca ulang tulisan (rangkuman isi buku) yang telah kamu susun! temukan kesalahan-kesahalan yang tersapat pada tulisan kamu, kemudian perbaikilah!

Sekilan pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahi tentang bagaimana cara menulis rangkuman isi buku. Wassalamu’alaikum Wr Wb

sumber gambar : https://contoh.pro
sumber tulisan : Atep, Maman, dkk. 2009. "Bahasa Indonesiaku Bahasa Negeriku 2". Solo : Platinum.
0 Komentar untuk "Menulis Rangkuman Isi Buku"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top