Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Definisi dan Fungsi Slogan, Poster, Iklan


Definisi dan Fungsi Slogan, Poster, Iklan


Assalamu’alaikum Wr Wb

Kali ini saya akan posting tentang Definisi dan Fungsi Slogan, Poster, Iklan. Berikut penjelasannya.

A.    Pengertian Iklan
Iklan termasuk ke dalam salah satu bagian dari industri perdagangan maupun perusahaan atau perorangan yang isinya tentang penawaran terhadap produk dan jasa. Iklan diberikan agar supaya masyarakat tahu dan didorong untuk memanfaatkan produk dan jasa yang ditawarkan. Dengan adanya iklan, maka diharapkan masyarakat tertarik dan mau membeli maupun memanfaatkan penawaran yang diberikan.

·         Ciri-ciri Iklan: Beberapa ciri yang tergolong ke dalam iklan antara lain informatif, menarik perhatian atau yang lebih kita kenal dengan sebutan persuasif. Selain itu, iklan juga memiliki ciri yakni menggunakan bahasa yang singkat dan mudah dipahami serta tidak multitafsir.
·         Syarat Iklan: Tidak menggunakan bahasa yang bertafsir ganda, bahasa yang digunakan adalah bahasa yang menarik, tidak boleh menyindir atau bahkan merendahkan produk atau jasa dari orang atau perusahaan lain, tidak boleh ada kebohongan, dan juga harus menggunakan bahasa yang baik dan sopan.
·         Manfaat Iklan: Untuk memperkenalkan produk, memperoleh keuntungan dari konsumen yang tidak bisa dijangkau karena terkendala transportasi, seperti di luar kota atau bahkan luar negeri.

B.     Slogan
Sebuah kalimat pendek atau perkataan yang nantinya akan digunakan sebagai pegangan hidup maupun juga prinsip. Artinya, slogan tersebut bisa berisi tentang prinsip yang dipegang oleh perusahaan, perseorangan, maupun badan-badan usaha yang lainnya dan bahkan organisasi. Selain itu, slogan juga terkadang dinamakan juga sebagai sembonyan atau motto.
Slogan lebih mengedepankan kepadatan makna dan juga kehematan kata-kata. Artinya, slogan tidak boleh menggunakan bahasa yang terlalu panjang. Beberapa contoh dari slogan akan kammi berikan di bawah ini.
·         Berdiri sama tinggi, duduk sama rendah. Slogan ini berhubungan tentang persatuan dan kesatuan.
·         Tiada hari tanpa prestasi. Slogan ini berhubungan tentang betapa pentingnya mengukir sebuah prestasi setiap hari dan setiap saat. Atau, seseorang tersebut harus berusaha menjadi yang terbaik.
·         Dalam tubuh yang sehat, terkandung jiwa yang kuat. Slogan ini sudah tentu sering anda dengarkan. Artinya, slogan ini mengajak masyarakat untuk sadar akan betapa pentingnya olahraga.
Adapun ciri-ciri dari slogan antara lain seperti di bawah ini:
·         Hanya terdiri dari beberapa kata dan semuanya harus mampu mengajak dan menarik para pembaca.
·         Slogan harus mengena di hati atau dengan kata lain slogan tersebut harus mudah untuk diingat dan diresapi.
·         Slogan biasanya berisi tentang semboyan atau motto dari suatu perusahaan atau organisasi yang akan memacu semangat para pembacanya.

C.    Poster
Bisa dibilang bahwasanya poster disebut juga sebagai plakat atau kata-kata yang disertai dengan gambar. Poster adalah plakat yang dipasang di tempat-tempat umum atau lokasi yang strategis. Sebenarnya, poster memiliki kemiripan dengan iklan. Yakni, sama-sama mengemukakan atau menunjukkan ide, gagasan, produk, atau hal-hal lainnya kepada masyarakat.
Akan tetapi, poster lebih kepada sebua perpaduan antara tulisan dan juga gambar sehingga karena itulah poster dinamakan sebagai plakat. Mengenai bahasanya, poster tidak jauh berbeda dengan slogan dan iklan. Artinya, poster juga menggunakan kata-kata yang singkat, menarik, jelas, dan tidak bertele-tele. Selain itu, poster juga menggunakan kata atau bahasa yang persuasif alias yang mampu menarik pembaca.

Beberapa macam poster antara lain:
·         Poster Niaga
·         Poster Kegiatan
·         Poster Pendidikan
·         Poster Layanan Masyarakat

D.    Unsur-Unsur Iklan, Slogan, dan Poster
·         Iklan: Berupa gambar dan kata-kata, suara, maupun juga gerak.
·         Slogan: Berupa kata-kata dan suara.
·         Poster: Berupa gambar dan kata-kata.

Sumber:

Sekian postingan saya kali ini mengenai Definisi dan Fungsi Slogan, Poster, Iklan. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
           
0 Komentar untuk "Definisi dan Fungsi Slogan, Poster, Iklan"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top