Blog for Learning

Blog ini berisi Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pohon randu : klasifikasi, morfologi, dan manfaat pohon randu



Pohon randu : klasifikasi, morfologi, dan manfaat pohon randu 



Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi pohon randu, morfologi, dan manfaat pohon randu. Berikut penjelasannya.



Sumber gambar : https://www.google.co.id/


Klasifikasi Tumbuhan Randu (Ceiba pentandra L.)
Klasifikasi ilmiah tumbuhan randu (Ceiba pentandra L.) berdasarkan taksonominya (Lanting dan Palaypoyan, 2002):
Kingdom           : Plantae
Divisi                 : Magnoliophyta
Subdivisi            : Spermatophyta
Kelas                  : Magnoliopsida
Ordo                  : Malvales                   
Famili                 : Malvaceae                            
Genus                : Ceiba            
Spesies   : Ceiba pentandra L.

Morfologi Tumbuhan Randu (Ceiba pentandra L.) 
Randu atau kapuk (Ceiba pentandra L.)  merupakan pohon tropis yang banyak ditanam di Asia. Kapuk merupakan pohon yang menggugurkan bunga dengan tinggi pohon 8-30 m dan dapat memiliki batang pohon yang cukup besar hingga mencapai diameter 3 m. Pada batangnya terdapat duri-duri tempel besar yang berbentuk kerucut. Daunnya bertangkai panjang dan berbilang 5-9. Bunga terkumpul di ketiak daun yang sudah rontok (dekat ujung ranting). Kelopak berbentuk lonceng, berlekuk pendek dengan tinggi 1-2 cm. Daun mahkota bulat telur terbalik dan memanjang dengan panjang 2,5-4 cm. Benang sari jumlahnya 5, bersatu menjadi bentuk tabung pendek, serta memiliki kepala sari berbelok-belok. Bakal buah beruang 5 dengan bakal biji yang cukup banyak. Pohon kapuk memiliki buah yang bentuknya memanjang dengan panjang 7,5-15 cm, menggantung, berkulit keras dan berwarna hijau jika masih muda serta berwarna coklat jika telah tua. Dalam buahnya terdapat biji yang dikelilingi bulu-bulu halus, serat kekuning-kuningan yang merupakan campuran dari lignin dan sellulosa. Bentuk bijinya bulat, kecil-kecil, dan berwarna hitam (Setiadi, 1983).

Manfaat dan Cara Penggunaan Daun Randu
Untuk Obat Batuk : pakailah kurang lebih 8 gram daun segar ceiba pentandra, lalu dicuci. Kemudian ditumbuk sampai lumat, diseduh dengan setengah gelas air matang panas, jika sudah dingin disaring. Hasil saringan ini diminum sehari 2 kali sama banyaknya pagi dan juga sore.
Desinfektan Mulut ( Obat Kumur ) : dua hingga 10 gram daun randu yang segar, lalu bilas sampai bersih. Siapkan 1 gelas air matang yang dituang kedalam baskom, remas-remas daun randu sampai lumat kedalam air tadi hingga airnya berubah jadi sedikit berlendir. Saringlah air remasan ini dan pakai sebagai obat kumur.
Obat Penghilang Bekas Luka : Cucilah daun randu secukupnya sampai bersih, lalu bersihkan dahulu bagian bekas lukanya dengan menggunakan air hangat, lalu gosokkan daun randu secara berulang pada bekas luka. Kemudian, basuh dengan sabun serta air bersih, lakukan hal ini setiap mandi hingga bekas luka memudar atau hilang.
Obat Sakit Mata :  Beberapa helai daun randu yang sudah dicuci sampai bersih. Taruh daun randu kedalam wadah semisal rantang ataupun baskom, tuang air bersih secukupnya. Remas dan lumatkan daun randu tadi hingga air berubah jadi berlendir. Air remasan lalu disaring dan pakai untuk membasuh mata, caranya yakni dengan mencelupkan mata kedalam air sambil mengedip-ngedipkan mata dalam air. Hal ini akan membantu untuk menghilangkan serta mengeluarkan kotoran dari dalam mata.
Obat Penyubur Rambut ( Tonikum ) : Pakailah 15 helai daun randu, kemudian direbus dengan air hingga mendidih. Jika sudah dingin pakai air rebusan tadi sebelum anda keramas dengan shampo. Cara: basahilah rambut dengan air rebusan ini, pijat-pijat kulit kepala lalu diamkan selama setengah jam, bilas dengan memakai shampo seperti biasa. Untuk hasil maksimal pakai cara ini 2 kali dalam seminggu.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
0 Komentar untuk "Pohon randu : klasifikasi, morfologi, dan manfaat pohon randu"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top