Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pohon mangga : klasifikasi, deskripsi, morfologi dan manfaatnya untuk kesehatan



Pohon mangga : klasifikasi, deskripsi, morfologi dan manfaatnya untuk kesehatan


Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi pohon mangga, deskripsi, morfologi, dan manfaat pohon mangga. Berikut penjelasannya.



Sumber gambar : https://www.google.com/

Klasifikasi Tanaman Mangga :
Kingdom : Plantae
Divisi : Spermatophyta
Sub divisi : Angiospermae
Kelas : Dicotyledonae
Class : Magnoliopsida
Ordo : Sapindales
Famili :Anacardiacea
Genus : Mangifera
Spesies :Mangifera laurina

Deskripsi dan Morfologi
Pohon mangga berukuran besar, dapat mencapai tinggi 50 m. Akar mangga kopyor memiliki sistem perakaran tunggang, strukturnya kuat. Batang besar, berkayu, berbentuk bulat panjang seperti silindris, kasar, berwarna coklat, arah tumbuhnya tegak lurus (erectus), apabila dilukai kulit batang akan mengeluarkan getah yang mula-mula bening kemudian kemerahan dan menghitam dalam beberapa jam, getah ini berbau terpentin dan tajam, dapat melukai kulit atau menimbulkan iritasi, terutama bagi orang yang sensitive;percabangan simpodial, cabang tinggi, membentuk tajuk yang rapat dan rindang, arah tumbuh cabang tegak (fastigiatus), Daun merupakan daun tunggal tidak lengkap, terdiri dari tangkai daun dan lamina, tidak memiliki pelepah daun, tersusun dalam spiral atau spiral rapat; permukaan daun bagian atas dan bawah licin (laevis), pada permukaan atas berwarna hijau muda, pada permukaan bawah berwarna hijau tua, bentuk daun jorong; tangkai daun panjang, bulat; pangkal daun tumpul (obtusus); ujung daun meruncing (acuminatus); tepi daun berombak (repandus); susunan tulang-tulang daun nervus lateralis, tulang daun menyirip (penninervis), daging daun tebal dan kaku seperti kulit(coriaceus). Bunga termasuk perbungaan majemuk tak berbatas (inflorescentia raacemosa), bunga lengkap, berkelamin dua (hermaphroditus), bunga berkarang dalam malai (panicula), berbentuk piramid, berwarna kuning muda kemerahan, aktinomorf, berbilang 5; tangkai bunga bulat, pendek, duduk pada cabang-cabang malai; kelopak lonjong; kepala sari berbentuk ginjal; putik bentuk segitiga, kuning kemerahan, butir polen bertipe Tri-zonocolpate, tiga pori/ celah tersusun teratur di zona katulistiwa.

Manfaat Buah Mangga untuk Kesehatan
1.      Menjauhkan kanker. Hal ini telah dibuktikan secara ilmiah dimana para peneliti mendapatkan fakta menarik seputar kandungan anti-oksidan dalam sebuah mangga. Anti-oksidan ini sangat berperan dan efektif melindungi tubuh manusia dari berbagai resiko kanker seperti pada payudara, usus besar, kakner darah, prostat dan masih banyak lagi lainnya. Senyawa yang ada di dalam buah mangga yang sangat ampuh mereduksi ancaman kanker adalah asam galat, astragalin, filsetin, quercetin dan juga methylgallat.
2.      Mencerahkan kulit. Manfaat buah mangga yang satu ini tentu menggiurkan para wanita. Dengan mengkonsumsi buah mangga, pori-pori Anda akan bersih dan jerawat akan jauh. Sebagai efeknya, kulit Anda akan jauh lebih cerah dan sehat. Manfaat ini bisa diperoleh dengan mengkonsumsi mangga atau dengan menggunakannya sebagai bahan kecantikan seperti masker misalnya.
3.      Mereduksi angka koleterol. Manfaat ini bersumber pada kandungan vitamin c di dalam mangga yang memang tinggi. Vitamin c ini mampu mendetoks darah dari unsur-unsur yang tak penting seperti kolesterol jahat.
4.      Membuat mata lebih cerah. Dengan mengkonsumsi mangga secangkir setiap harinya akan membantu mata Anda seba ia sangat kaya akan vitamin A. Mangga juga membantu agar mata terus lembab dan terhindar dari kekeringan.
5.      Manfaat mangga lainnya adalah memenuhi kebutuhan alkali manusia. Senyawa yang ada di dalam mangga seperti asam tartrat, asam sitrat dan juga asam malat bisa menahan cadangan alkali di dalam tubuh manusia.
6.      Meningkatkan gairah dan energi sex. Manfaat yang satu ini tentunya sangat didambakan mereka yang telah berpasangan. Kabarnya kadar vitamin E di dalam mangga bisa membantu meningkatkan gairah sex! Jadi jangan ragu mengkonsumsi buah mangga setoap hari.
7.      Mangga mampu memperbaiki sistem pencernan. manfaat yang satu ini terkait erat dengan kandungan fiber atau serat alami dalam mangga.
8.      Melenyapkan panas dalam. Mangga bisa berfungsi sebagai pendingin tubuh. Panas dalam biasanya muncul saat ginjal terbebani dengan cuaca yang panas. Dengan mengkonsumsi mangga, Anda bisa menetralkan racun dan suhu di dalam ginjal Anda.
9.      Manfaat buah mangga lainnya adalah untuk meningkatkan kekebalan tubuh seseorang. Hal ini terkait erat dengan kandungan vitamin A juga C yang banyak dijumpai dalam buah mangga. Selain itu, buah dengan warna daging cantik ini mengandung sedikitnya 25 karotenoid yang sangat baik dalam menjaga kondisi fit tubuh.

Manfaat Biji Buah Mangga untuk Kesehatan
Selain buahnya, biji buah mangga juga banyak sekali mengandung manfaat untuk kesehatan. Berikut manfaat biji buah mangga untuk kesehatan.
1.      Biji mangga sangat bagus untuk pengobatan diare. Caranya yaitu dengan Biji harus dikumpulkan selama musim mangga, dikeringkan di tempat teduh dan dijadikan bubuk, serta disimpan untuk di gunakan sebagai obat bila diperlukan.
2.      Biji buah mangga dapat dimanfaatkan menjadi tepung ataupun makanan tradisional. Caranya yaitu biji diambil bagian tengahnya. terlebih dahulu membuang selaput tipis yang menyelimutinya. selanjutnya biji mangga dicuci bersih dan dikeringkan. setelah kering ditumbuk hingga menjadi tepung dan dijemur kembali. usai begitu tepung bisa dikonsumsi menjadi makanan sejenis bubur, jenang atau gorengan.
3.      Biji mangga dapat mencegah wabah Listeriosis. Tannin murni diekstraksi oleh Engels dari mangga. zat itu terbukti dapat menghalangi efek buruk dari berbagai jenis bakteri termasuk Listeria sejenis pathogen mematikan yang biasa menginfeksi daging dan menyebabkan wabah penyakit di Kanada pada 2008 lalu.

Khasiat Daun Mangga Untuk Kesehatan
Selain buah dan bijinya, daun dari pohon mangga juga banyak sekali mengandung khasiat buat obat dan menjaga kesehatan. Beberapa khasiat daun mangga untuk kesehatan seperti berikut ini.

Diabetes angiopathy
penyakit ini dikenal dengan penyakit pembuluh darah yang di karenakan diabetes. bukan hanya itu, peningkatan yang pasti diamati pada diabetes terutama disebabkan pengaruh penyembuhan senyawa ini berdaun pada pembuluh darah di dalam dan sekitar pankreas. Teh yang terbuat dari daun mangga juga baik dalam pengobatan retinopati diabetik serta hipertensi.
1 gelas/cangkir setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi
Dapat mengobati kegelisahan dalam individu. Dua sampai tiga cangkir teh dapat ditambahkan ke air mandi dan digunakan sebagai mandi herbal untuk menyegarkan semangat dan sejuk.

Manfaat Daun Mangga untuk diare, demam, insomnia dan hipertensi
Hal ini terlihat sebagai obat umum untuk diabetes. Di Jamaika diketahui menggunakan obat herbal yang lebih murah dan kebanyakan pohon yang tumbuh di hampir setiap halaman Anda datang, yang memberikan setiap orang akses mudah ke pengobatan alternatif. 1 cangkir setiap hari dengan 2 sdm jambu biji, mangga atau jus pepaya akan ideal untuk memperkuat pembuluh darah rapuh dan varises.

Manfaat Daun Mangga untuk meredakan batuk
Terutama batuk rejan dan juga bermanfaat untuk asma, bronkitis, serta pilek. Oleh karena itu, alat bantu yang baik dalam setiap kondisi pernapasan. Manfaat Daun Mangga juga membuat obat kumur herbal yang sangat baik untuk berbagai masalah gusi. Ini akan mengurangi rasa sakit dan akan membawa bantuan ke mulut.

Manfaat Daun Mangga untuk asam urat
Caranya seduh daun mangga muda dalam gelas sebagaimana menyeduh teh. Sebentar saja air putih panas itu berubah warna menjadi kecoklat-coklatan, kemudian tambahkan sedikit gula putih. Lalu minum seduhan daun mangga muda itu.

Meredakan Gejala Diabetes
Caranya, cukup dengan merendam daun mangga semalaman dalam secangkir air. Setelah itu, tiriskan daun keluar dan minum airnya. Hal ini membantu untuk meringankan gejala diabetes.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
0 Komentar untuk "Pohon mangga : klasifikasi, deskripsi, morfologi dan manfaatnya untuk kesehatan"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top