Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Lavender : klasifikasi, morfologi, dan manfaat tanaman lavender



Lavender : klasifikasi, morfologi, dan manfaat tanaman lavender


Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi tanaman lavender, morfologi, dan manfaat tanaman lavender. Berikut penjelasannya.

Klasifikasi dan Morfologi Bunga Lavender – Bunga lavender (Lavandula angustifolia) adalah salah satu tanaman hias yang terkenal dan populer dimanapun. Bunga ini termasuk dalam suku lamiaceae yang memiliki banyak spesies yang menyebar diberbagai daerah sekitar 25-30 spesies. Bunga ini diperkirakan berasal dari Wilayah Selatan laut tengah yang menyebar hingga Afrika tropis hingga ke timur sampai India.




Sumber gambar : https://www.google.com/


Klasifikasi bunga lavender
Kingdom : Plantae ( Tumbuhan )
Subkingdom : Tracheobionta ( Tumbuhan berpembuluh )
Super divisi : Spermatophyta ( Menghasilkan biji )
Divisi : Magnoliophyta ( Tumbuhan berbunga )
Kelas : Magnoliopsida ( berkeping dua/dikotil )
Sub kelas : Asteridae
Ordo : Lamiales
Famili : Lamiaceae
Genus lavandula
Spesies : Lavandula angustifolia Mill.

Morfologi bunga lavender
Morfologi bunga lavender ini dapat dilihat berdasarkan ciri – ciri bunga levender diantaranya yaitu :
Akar tanaman tunggang, berserabut, dengan panjang mencapai 1-2 m bahkan lebih, berwarna putih kotor hingga kecoklatan. Akar bunga ini bermanfaat untuk menyokong tanaman lebih kuat dan membantu menyerap unsur hara atau air dalam tanah.
Batanga berkayu, berbentuk bulat memanjang dengan diameter 3-4 mm bahkan lebih, panjang batang mencapai 60 – 80 cm dan tumbuh dengan tegak. Batang tanaman ini juga memiliki percabangan banyak yang berguna untuk pertumbuhan daun.
Daun berbentuk bulat oval, memanjang, pertulangan sejajar, pangakal daun meruncing, bagian tepi mergerigi, memiliki permukaan halus dan lembut berwarna hijau muda hingga tua. Selain itu, bagian bawah daun bunga lavender ini memiliki pertulangan daun yang menonjol berwarna keputihan.
Bunga kecil, berwarna keunggu biruan, bunga ini tersusun dari beberapa jumlah kuntum berkisara 6-10 kuntum yang berbentuk spiral. Bunga ini tumbuh dibagian ujung cabang, bunga juga memiliki bulu halu s berjumlah banyak dan berwarna keputihan. Bunga ini dapat di perbanyak secara generatif ( menggunakan biji )

Berikut ini adalah manfaat dari Lavender, yaitu:

1.      Mengusir Nyamuk
Diketahui atau tidak, ternyata nyamuk sangat Galau banget kala mencium aroma Lavender. Saya sendiri juga tidak tahu, apakah nyamuk punya hidung apa tidak. Yang jelas, di Obat Nyamuk ada yang memiliki aroma Lavender.
2.      Dapat Digunakan Sebagai Minyak Wangi
Dengan aroma yang KHAS, tanaman ini banyak dijadikan bahan ramuan dalam produksi minyak wangi. Kayaknya sich, wangi. Tapi saya juga kurang tahu, soalnya tidak pernah pakai Minyak Wangi.
3.      Mengatasi Insomnia
Bila anda susah tidur, saya baca di buku bahwa taruhlah beberapa kuncup bunga Lavender pada bantal anda. Kalau susah mencarinya, teteskan minyak wangi Lavender ke Mata, eh bukan, maksudnya di bantal atau tempat-tempat yang lain, pokoknya saat mau tidur, anda bisa mencium aromanya.
4.      Meredakan Sakit Kepala
Jika lagi malas ke warung untuk beli obat sakit kepala, pijitin aja kepala anda semua dengan minyak Lavender. Hayati dan resapi tiap pijatan anda. Insya Allah.
5.      Menyembuhkan Luka
Encerkan minyak Lavender dan minyak zaitun. Campurkan. Lalu, oleskan ke daerah yang terluka. Kalau hati yang terluka, bagaimana ya?
6.      Mengatasi Gangguan Pencernaan
Yang lagi sakit perut, carilah tunas Lavender. Lalu masak dengan air hingga mendidih. Seduh dengan teh. Nikmati. Jangan lupa berdoa. Supaya diberi kesembuhan.
7.      Meringankan Depresi dan Kegalauan
Hal ini hampir sama dengan mengatasi insomnia. Bedanya, kalau insomnia di letakkan di bantal atau di tempat untuk tidur. Kalau yang ini, tempatkan di sudut-sudut ruangan yang biasanya digunakan untuk bersantai. Semoga saja setelah menghirup aromanya, depresi dan kegalauan anda berkurang.


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
0 Komentar untuk "Lavender : klasifikasi, morfologi, dan manfaat tanaman lavender"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top