Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Powered by Blogger.

Pages

Trembesi : klasifikasi, ciri-ciri, dan manfaat tanaman trembesi

Trembesi : klasifikasi, ciri-ciri, dan manfaat tanaman trembesi




Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi tanaman trembesi, ciri-ciri dan manfaat tanaman trembesi. Berikut penjelasannya.

Trembesi Leguminosae (Albizia saman sinonim Samanea saman) disebut juga Pohon Hujanatau Ki Hujan merupakan tumbuhan pohon besar dengan ketinggian hingga 20 meter dan tajuknya yang sangat lebar. Pohon Trembesi (Ki Hujan) mempunyai jaringan akar yang luas sehingga kurang cocok ditanam di pekarangan karena bisa merusak bangunan dan jalan.
GAMBAR

Pohon Trembesi (Albizia saman) disebut juga sebagai Pohon Hujan atau Ki Hujan lantaran air yang sering menetes dari tajuknya karena kemampuannya menyerap air tanah yang kuat. Di beberapa daerah di Indonesia tanaman pohon ini sering disebut sebagai Kayu Ambon (Melayu), Trembesi, Munggur, Punggur, Meh (Jawa), Ki Hujan(Sunda).
Dalam bahasa Inggris pohon ini mempunyai beberapa nama seperti, East Indian Walnut, Rain Tree, Saman Tree, Acacia Preta, dan False Powder Puff. Di beberapa negara pohon Trembesi ini disebut Pukul Lima (Malaysia), Jamjuree (Thailand), Cay Mura (Vietnam), Vilaiti Siris (India), Bhagaya Mara (Kanada), Algarrobo (Kuba), Campano (Kolombia), Regenbaum (Jerman), Chorona (Portugis).
ASAL
Tumbuhan ini diperkirakan berasal dari Meksiko, Peru dan Brazil namun sekarang telah tersebar ke seluruh daerah beriklim tropis termasuk ke Indonesia.
KLASIFIKASI TANAMAN TREMBESI
Kerajaan
Plantae
Divisi
Magnoliophyta
Kelas
Magnoliopsida
Ordo
Fabales
Famili
Fabaceae
Sub Famili
Mimosoideae
Genus
Samanea
Spesies
Samanea Saman Jacquin Meril

CIRI - CIRI
Pohon Trembesi (Ki Hujan) mempunyai batang yang besar, bulat dan tinggi antara 10-20 meter. Permukaan batangnya beralur, kasar dan berwarna coklat kehitam-hitaman.
Daunnya majemuk dan menyirip ganda. Tiap helai daun berbentuk bulat memanjang dengan panjang antara 2-6 cm dan lebar antara 1-4 cm dengan tepi daun rata. Warna daun hijau dengan permukaan licin dan tulang daun menyirip.
Bunga Trembesi berwarna merah kekuningan. Buahnya berwarna hitam berbentuk polong dengan panjang antara 30-40 cm. Dalam buah terdapat beberapa biji yang keras berbentuk lonjong dengan panjang sekitar 5 mm berwarna coklat kehitaman.

Ciri Pohon

Trembesi dapat mencapai ketinggian rata rata 30-40 m dan mahkota pohon mencapai 40-60 m. Bentuk batangnya tidak beraturan kadang bengkok, menggelembung besar. Daunnya majemuk mempunyai panjang tangkai sekitar 7-15 cm, sedangkan pada pohon yang sudah tua berwarna kecokelatan dengan permukaan kulit sangat kasar dan terkelupas

Ciri Buah

Buah pohon ki hujan bentuknya panjang lurus agak melengkung mempunyai panjang sekitar 10-20 cm dengan lebar 1,5-2 cm tebalnya sekitar 0,6 cm. Buahnya berwarna cokelat kemerahan sangat lengket dan manis berisi sekitar 5-25 biji dengan panjang 1,3 cm

Ciri Daun

Daun ki hujan sesuai dengan namanya dapat melipat pada musim hujan dan di malam hari sehingga pohon ini juga dinamakan pohon pukul 5. Kulit pohon hijan ini berwarna abu-abu kecokelatan pada pohon muda yang masih halus, sementara lebar daunnya sekitar 4-5 cm berwarna hijau tua, pada permukaan daun bagian bawah memiliki warna beludru, kalau di pegang terasa lembut.

Ciri Bunga

Trembesi berbunga pada bulan Mei dan Juni. Bunga berwarna putih dan bercak merah muda pada bagian bulu atasnya. Panjang bunga mencapai 10 cm dari pangkal bunga hingga ujung bulu bunga. Tabung mahkota berukuran 3,7 cm memiliki kurang lebih 20-30 benang sari yang panjangnya sekitar 3-5 cm. Bunga menghasilkan nektar untuk menarik serangga guna berlangsungnya penyerbukan

MANFAAT
Manfaat penghijauan bagi lingkungan manusia dengan menanam pohon trembesi diantaranya adalah:
1.Untuk peneduh
Pohon trembesi banyak di jadikan sebagai pohon peneduh yang di tanam di tepi jalan. Saat cuaca panas jika melintasi jalan yang di tumbuhi pohon ini akan terasa sejuk dan segar. Pohon ini dijadikan peneduh karena ukurannya yang besar dan daunnya yang rindang.
2.Banyak menyerap karbon dioksida
Karbon dioksida adalah senyawa yang beracun bagi tubuh jika di hirup secara berlebihan. Jumlah karbon dioksida saat sekarang semakin bertambah salah satunya karena banyaknya pengendara motor. Asap knalpot yang berasal dari motor mengandung karbon dioksida dan pohon trembesi memiliki fungsi untuk menyerap karbon dioksida di udara lebih banyak dan lebih baik dari pohon – pohon lainnya.
3. Kaya akan oksigen
Setiap pohon mengeluarkan oksigen hasil dari fotosintesis mereka. Manfaat oksigen bagi manusia adalah untuk bernafas. Begitupun juga dengan pohon trembesi ini mengeluarkan banyak oksiden sehingga saat berada di dekat pohon ini tubuh akan merasa lebih segar dari pada biasanya.
4. Menyerap Air
Saat musim hujan datang salah satu dampaknya adalah banjir yang mengenang di suatu kawasan. Banjir dapat terjadi karena aliran sungai yang tidak lancar yang disebabkan oleh sampah yang berserakkan. Pohon trembesi sangat cepat dalam menyerap air sehingaa saat musin hujan banjir dapat diatasi.


Bidang Kesehatan
Pohon trembesi juga memiliki manfaat di bidang kesehatan untuk mengobati penyakit tertentu, Berikut ini manfaat pohon trembesi di bidang kesehatan :
1. Penyakit paru – paru
Biji pohon trembesi dapat dijadikan sebagai makanan ringan seperti kuaci. Biji pohon ini juga mengandung manfaat untuk kesehatan yaitu untuk membunuh bakteri yang menyebabkan penyakit paru – paru.
2. Untuk membersihkan darah kotor
Membersihkan darah kotor dapat dilakukan dengan cara merendam biji dari pohon trembesi ke dalam air untuk direbus. Setelah mendidih saring untuk mendapatkan airnya, minum air dari biji trembesi secara teratur.
3. Mengobati flu ringan
Manfaat di bidang kesehatan lainnya dari trembesi adalah untuk mengobati flu ringan seperti pilek dan batuk.
4. Sakit Kepala
Jika anda mengalami sakit kepala baik sakit kepala sebelah ataupun sakit kepala total makan biji trembesi dapat anda gunakan untuk meredakan sakit kepala yang dialami.
5. Mencegah kanker kulit
Kanker kulit dapat disebabkan karena sinar ultraviolet yang menembus kulit secara berlebihan pada saat siang hari. Itu karenanya banyak ahli kulit yang menyarankan pemakaian tabir surya untuk melindungi kulit. Selain menggunakan tabir surya akar dari pohon trembesi dapat digunakan untuk mencegah kanker kulit. Caranya adalah sebagai berikut :
·         Ambil akar pohon terembesi cuci sampai bersih.
·         Setelah itu rebus akar dan gunakan airnya untuk mandi.
Rutinlah dalam melakukannya untuk pencegahan dari penyakit kanker kulit.
Cara Penanaman Pohon Trembesi
Penanaman pohon trembesi sudah banyak digalakkan oleh pemerintah khususnya daerah ibukota karena memang manfaatnya yang banyak untuk lingkungan sekitarnya. Untuk menanam pohon trembesi ini ada beberapa langkah yang harus diperhatikan mulai dari pemilihan biji, tanah untuk menanam, penanaman dan merawatnya. Berikut ini penjelasannya :
1. Pemilihan biji
Cara melakukan pemilihan biji pohon trembesi adalah
·                 Pilih biji yang bagus
·                 Rendam biji di dalam air 800 cc selama 2 menit.
·                 Kemudian keringkan dan rendam kembali kali ini menggunakan air hangat antara suhu 400 c selama 24 jam.
Pertumbuhan akan tampak setelah 3 sampai 5 hari dengan pengelupasan biji yang mulai menumbuhkan bibit untuk penanaman. Bibit pohon trembesi yang siap ditanam memiliki tinggi sekitar 30 cm dan panjang akar 10 cm. Bibitnya lebih tahan dengan air hujan.
2. Lahan
Sebelum menanam bibit pohon trembesi maka lahan yang diperlukan adalah lahan yang cukup luas dan memang untuk jangka panjang. Karena pertumbuhan pohon ini bisa mencapai ratusan tahun diharapkan lahan yang akan ditanami pohon ini tidak akan mengalami perubahan dengan menjadikannya kawasan lain.
3. Penanaman 
Pohon trembesi dapat tumbuh di lingkungan yang mendukung faktor pertumbuhannya. Pohon trembesi membuat kawasan sekitarnya menjadi teduh dan rindang karena pohonnya yang besar dan daunnya yang rindang. Penanaman bibit pohon haruslah sesuai dengan lahannya. Jika lahan yang di pilih berada di tepi jalan besar maka pilihlah pohon yang buahnya kecil – kecil, daunnya jarang berguguran dan membuat nyaman pengendara yang melintasi jalan. Untuk pohon yang memiliki buah yabg besar makan sediakan lahan seperti kebun untuk penanamannya.
4. Perawatan
Setelah melakukan penanaman tugas kita belumlah selesai. Masih ada lagi satu tahap yang sangat penting yaitu perawatan. Bibit yang telah di tanam jika tidak mendapatkan perawatan akan mati dan itu akan merugikan sekali. Jadi perawatan yang dapat dilakukan untuk bibit trembesi adalah saat ditanam lepaskan polybag dengan hati – hati. Kemudian beri peyanggah untuk bibit pohon trembesi dengan menggunakan bambu agar berdiri tegak.
Setelah ditanam maka bibit pohon ini perlu dirawat dari rumput – rumput liar yang menganggu dan dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab. Nutrisi untuk bibit pohon ini juga diperlukan untuk pertumbuhannya yang lebih cepat. Beri bibit pohon pupuk dari bahan alamai. Perawatan bibit ini dapat dilakukan selama umur dua tahun. Setelah umur dua tahun pohon trembesi akan menyesuaikan sendiri pertumbuhannya dan akarnya sudah mulai bisa mencari makanan untuk tumbuh.
Dampak Negatif dari Pohon Trembesi
Pohon trembesi memang memiliki banyak manfaat tapi di sisi lain juga memiliki kekurangan. Dampak negatif dari pohon ini adalah sebagai berikut :
·                     Pohon trembesi termasuk pohon yang agresif yang mana pohon ini menghambat jenis pohon lain untuk dapat hidup berdampingan dengannya.
·                     Akar pohon ini juga sering muncul ke permukaan tanah sehingga menimbulkan kerusakan pada aspal dan badan jalan.
·                     Ketersediaan air juga akan terganggu jika pohon ini ditambah di wilayah padat penduduk karena pohon ini menyerap air untuk kebutuhannya dengan lebih banyak. Padahal air berguna, salah satunya untuk menghasilkan air putih bagi kehidupan.
Dari dampak yang ditimbulkan oleh pohon trembesi ini, maka dianjurkan untuk menanam pohon ini di area yang memang dikhususkan sebagai taman dengan ukuran yang luas dan jauh dari pemukiman penduduk.

SUMBER
http://bibithijau.blogspot.co.id/2014/01/karakteristik-pohon-trembesi-ki-hujan.html

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
1 Komentar untuk "Trembesi : klasifikasi, ciri-ciri, dan manfaat tanaman trembesi"

Jual meja trembesi blok kayu balok ukuran besar kualitas mebel jepara harga murah.

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top