Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar


Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Disini akan membahas tentang ilmu sosial dasar, ilmu budaya dasar, berkehidupan bermasyarakat, dan sistem nilai budaya. Berikut penjelasanya secara rinci.


                                                             https://www.google.com
A.    Hakikat dan Ruang Lingkup ISBD
1.      Hakikat ISD dan IBD
Secara garis besar ilmu dan pengetahuan dapat dikelompokkan menjadi tiga macam yaitu:
a.       Ilmu alamiah (natural sciences)
b.      Ilmu sosial (social sciences)
c.       Pengetahuan budaya (the humanities)
Ilmu sosial dasar (ISD) termasuk dalam kelompok ilmu sosial. Namun, ISD tidak bersifat sebagai pengantar kearah suatu bidang disiplin ilmu sosial sebagaimana pengantar ilmu politik, pengantar antropologi,pengantar sosiologi, dan sebagainya. ISD menggunakan pengertian yang berasal dari berbagai disiplin ilmu untuk menanggapi masalah-masalah sosial, khususnya yang dihadapi masyarakat Indonesia.
ISD mempunyai tema pokok, yaitu hubungan timbal balik manusia dengan lingkunganya. Adapun sasaran atau objek kajian ISD adalah sebagai berikut :
a.       Berbagai kenyataan bersama yang merupakan masalah sosial yang dapat ditanggapi melalui pendekatan sendiri maupun pendekatan antarbidang (interdisiplin).
b.      Keanekaragaman golongan dan kesatuan sosial dalam masyarakat yang masing-masing memiliki kepentingan dan kebutuhan sendiri, tetapi terdapat juga persamaan kepentingan yang dapat mengakibatkan kerjasama dan pertentangan.
Intinya matakuliah ISD adalah upaya untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengetahuan umum tentang konsep-konsep yang dikembangkan untuk mengkaji gejala-gejala sosial sehingga daya tangkap, persepsi, dan penalaran mahasiswa terhadap lingkungan sosial meningkat, dengan demikian kepekaan sosialnya pun bertambah.
Tujuan mata kuliah ISD adalah membantu perkembangan wawasan pemikiran dan kepribadian mahasiswa agar memperoleh wawasan pemikiran yang lebih luas dan ciri-ciri kepribadian yang diharapkan dari setiap tingkah laku manusia dalam menghadapi manusia lain, serta sikap dan tingkah laku manusia lain terhadap manusia yang bersangkutan.
Ilmu budaya dasar (IBD) dalam kelompok ilmu dan pengetahuan termasuk dalam kelompok pengetahuan budaya (the humanities), tetapi tidak identic dengan pengetahuan budaya itu sendiri. IBD (basic humanities) berbeda dengan pengetahuan budaya (the humanities). Pengetahuan budaya mengkaji masalah nilai manusia sebagai makhluk berbudaya, sedangkan IBD mengkaji masalah kemanusiaan dan budaya. IBD adalah suatu pengetahuan yang menelaah berbagai masalah kemanusiaan dan budaya, dengan menggunakan pengertian yang berasal dari dan telah dikembangkan oleh berbagai bidang pengetahuan atau keahlian.
Adapun yang menjadi pokok kajian IBD adalah berbagai aspek kehidupan yang seluruhnya merupakan ungkapan masalah kemanusiaan dan budaya serta hakikat manusia yang satu. Termasuk pula di dalamnya pemahaman akan sistem nilai budaya, yaitu konsepsi tentang nilai yang hidup dalam pikiran sebagian besar masyarakat. Sistem nilai budaya berfungsi sebagai pedoman bagi sikap mental, pola piker, dan pola perilaku warga masyarakat.
IBD merupakan sutu upaya memberikan pengetahuan dasar dan umum mengenai konsep-konsep budaya untuk mengkaji masalah kemanusiaan dan budaya. Pendekatan pokok kajian IBD dilakukan dengan menggunakan pengetahuan dasar dan umum tentang konsep budaya dari berbagai keahlian pengetahuan budaya maupun dengan menggunakan masing-masing keahlian dalam pengetahuan budaya.
Tujuan IBD adalah mengembangkan kepribadian mahasiswa dengan cara memperluas wawasan pemikiran dan kemampuan kritikal terhadap masalah-masalah budaya sehingga daya tangkap, persepsi, dan penalaran budaya mahasiswa menjadi halus dan manusiawi.
Namun dalam rangka efektivitas dan keterpaduan maka sesuai SK Dirjen No.44/2006 pengorganisasiann materi maupun teknik penyajianya digabungkan menjadi ISBD. Dengan demikian, ilmu sosial budaya dasar (ISBD) dapat dikatakan sebagai perpaduan atau intergrasi dari kajian ISD dan IBD. Sebagai integrase dari ISD dan IBD, ISBD memiliki kompetensi dasar menjadi ilmuwan yang professional, yakni yang berpikir kristis, kreatid, sistemik, ilmiah, berwawasan luas, etis, serta memiliki kepekaan dan empati terhadap solusi pemecahan masalah sosial dan budaya secara arif (SK Dirjen No.44 tahun 2006).


Demikian pembahasan mengenai Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Daftar pustaka :
Herimanto & Winarno.(2008). Ilmu Sosial Dan Budaya Dasar. Jakarta : PT. Bumi Aksara

     



0 Komentar untuk "Pengantar Ilmu Sosial dan Budaya Dasar"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top