Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Present Progressive

Pengertian, Rumus, Dan Contoh Present Progressive

Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan posting tentang Pengertian, Rumus, Dan Contoh Present Progressive. Berikut ini penjelasannya.

1. Pengertian Present Progressive
Present progressive atau yang juga dinamakan sebagai present continuous merupakan tenses yang digunakan untuk menunjukkan bahwa suatu kejadian tersebut sedang terjadi. Kejadian tersebut terjadi ketika seseorang sedang membahasnya atau menanyakannya. Dan karena fungsinya adalah menunjukkan kejadian yang sedang terjadi atau berlangsung, maka kata kerja atau verb yang digunakan adalah verb+ing.
Selain itu, present progressive juga digunakan sebagai tenses yang menyatakan bahwa kejadian tersebut sudah akan dilakukan dan sudah ada persiapan sebelumnya. Bisa juga diartikan sebagai tenses yang digunakan untuk menyatakan rencana di masa yang akan datang. Biasanya, kalimat ini akan menggunakan going to. Contohnya seperti, I am going to Bromo Mountain this Sunday. Artinya, sebelum dia mengatakan hal tersebut, maka yang bersangkutan sebelumnya sudah memiliki rencana bahwasanya ia akan pergi ke Gunung Bromo.
Contoh yang lainnya seperti My Parents and I are going to Japan next summer. Maksudnya adalah, yang bersangkutan sudah memiliki rencana dan mungkin juga sudah mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan untuk pergi ke Jepang.
Perlu anda tahu bahwa penggunaan present progressive hanya untuk menyatakan aksi saja atau action verb dan bukan menggunakan stative verb. Stative verb merupakan beberapa kata kerja yang tidak bisa ditambahkan ing. Jika memang ditambahkan, maka tentu makna atau artinya sudah beda.
Beberapa contoh dari stative verb antara lain:
· Think
· Remember
· Forget
· Understanding
· Have, dan lain sebagainya
Ingat, beberapa stative verb masih bisa ditambahkan dengan ing, namun nanti artinya bisa berbeda.

2. Rumus Present Progressive
Di bawah ini akan saya jelaskan seperti apa rumus yang harus anda gunakan ketika anda ingin memakai tenses yang satu ini.

Berikut ini penjelasannya: 
· Possitive: Subject + tobe (is, am, are) + Verb+ing + Complement.
· Negative: Subject + tobe (is, am, are) + not + Verb+ing + Complement.
· Interrogative: Tobe (is, am, are) + Subject + Verb+ing + Complement + ?
Untuk subject He, She, It, dan Tunggal, maka tobe yang digunakan adalah Is. Untuk subject You, They, We, dan Jamak, maka tobe-nya adalah Are. Sementara untuk subject I, maka tobe yang digunakan sudah tentu Am.

Selain itu, ada juga harus paham bahwasanya present progressive memiliki setidaknya 3 kata keterangan waktu atau yang juga dinamakan sebagai adverb or time. Ketiga kata keterangan waktu tersebut antara lain: Now, At the moment, Right now. Untuk penggunannya, biasanya diletakkan di bagian akhir kalimat namun terkadang juga bisa diletakkan di awal kalimat namun harus ditambahkan koma (,).

3. Contoh Kalimat Yang Menggunakan Present Progressive
Berikut ini saya akan menjelaskan beberapa kalimat yang menggunakan present progressive. Artinya, kalimat atau kejadian tersebut sedang berlangsung ketika anda mengatakannya.
· Jonathan and Dhiki are playing football now.
· Jonathan and Dhiki are not playing football now.
· Rizki is trying to answer question no. 8.
· Andika is sleeping right now.
· Are you studying English?
· Are you reading a novel?
· Is he borrowing my book?
· I am spending my holiday on Bromo Mountain next month.
· Dhika and Andika are going to Panorama Beach this Sunday.

Sekian postingan saya kali ini mengenai Pengertian, Rumus, Dan Contoh Present Progressive. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.


Wassalamu’alaikum Wr Wb

Sumber: 
0 Komentar untuk "Pengertian, Rumus, Dan Contoh Present Progressive"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top