Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

teknologi informasi, komunikasi
Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Sejarah, yaitu mengenai Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Disini akan dijelaskan tetang teknologi informasi dan komunikasi. Berikut penjelasannya.

Teknologi informasi merupakan susistem dari sistem informasi, yaitu sistem yang dapat menghasilkan informasi yang berguna. Teknologi informasi yang di dudukung teknologi komunikasi memungkinkan penyebaran informasi secara cepat dan akurat ke seluruh penjuru dunia. 

Teknologi informasi dan kamunkasi selalu terkait dengan kemajuan teknologi komputer. Dalam perkembangannya,, teknologi informasi telah memungkinkan dilakukannya komunikasi jarak jauh yang disebut telekomunikasi. 

Telekomunikasi


Kata telekomunikasi berasal dari kata tele (jauh) dlan communication (komunikasi). Jadi, telekomunikasi merupakan bentuk komunikasi jarak jauh untuk mengirimkan pesan dari suatu tempat ke tempat lain, clan biasanya berlangsung secara dua arah. Telekomunikasi mencakup semua bentuk komunikasi elektronik jarak jauh, diantaranya: radio, televisi, telepon, dan jaringan komputer. 

Telepon


Kata telepon berasal dari kata tele (jauh) dan phone (suara).Jadi, telepon merupakan alat komunikasi jarak jauh melalui sinyal ]istrik yang biasanya berupa suara. Awalnya, penemu telepon adalah Alexander Graham Bell dengan telepon pertama dibuat di Boston, Massachusetts pada tahun 1876. Namun, penemu Italia Antonio Meucci telah menciptakan telepon pada tahun 1849. 

Oleh karena itu, pada September 2001, Meucci dengan resmi diterima sebagai pencipta telepon oleh kongres Amerika, bukan Alexander Graham Bell. Seiring dengan semakin pesatnya teknologi, saat ini telah di kembangkan telepon genggam. Telepon genggam atau lebih terkenal dengan sebuah handphone (disingkat hp, disebut juga sebagai telepon seluler atau ponsel) adalah sebuah perangkat telekomunikasi elektronik yang mempunyai kemampuan dasar seperti telepon konvensional. 

Namun dapat di bawa kemana-mana (protable) dan tidak perlu disambungkan dengan jaringan yang menggunakan kabel (nirkabel; wireless). Saat ini indonesia mempunyai dua jaringan telepon nirkabel, yaitu GSM (Global System for Mobile Telecomunications) dan CDMA (Code Division Multiple Access).

Radio


Radio merupakan teknologi yang membolehkan pengiriman sinyal oleh modulasi gelombang elektromagnetik. Gelombang ini melintas (merambat) lewat udara dan juga kevakuman angkasa, karena gelombang ini tidak memerlukan medium pengangkutan. Gelombang radio merupakan satu bentuk dari radiasi elektromagnetik dan terbentuk ketika objek bermuatan listrik dipercepat dengan frekuensi yang terdapat dalam frekuensi radio (RF) dalam spektrum elektromagnetik. 

Gelombang ini berada dalam jangkauan 10 hertz sampai beberapa Gigahertz. Radiasi Elektromagnetik bergerak dengan cara elektrik dan magnetik osilasi. Ketika gelombang radio melalui kabel, osilasi dari medan listrik clan magnetik dapat mempengaruhi arus bolak-balik dan voltase di kabel. Gelombang radio dapat diubah menjadi sinyal audio atau lainnya yang dapat membawa informasi.



Televisi


Televisi adalah sebuah alat penangkap siaran bergambar. Kata televisi berasal dari kata tele dan vision, yang mempunyai arti masing-masing jauh (tele) dan tampak (vision). Jadi televisi berarti melihat dari jarak jauh. Penemuan televisi disamakan dengan penemuan roda, karena mampu mengubah peradaban dunia. Di Indonesia 'televisi' secara tak formal terkadang disebut dengan tivi, teve atau tipi.

Penemuan televisi melibatkan banyak pihak, penemu, maupun inovator, baik perorangan maupun badan usaha. Televisi adalah karya massal dari tahun ke tahun. Penemuan televisi tentu tidak bisa dipisahkan dari penemuan dasar-dasar hukum gelombang elektromagnetik yang ditemukan oleh Joseph Henry dan Michael Faraday (183 l) yang memulai era komunikasi elektronik.

Jaringan Komputer


Jaringan komputer adalah sebua sistem yang terdiri atas komputer dan perangkat jaringan lainnya yang bekerja bersama-sama untuk mencapai suatu tujuan yang sama. Tujuan dari jaringan komputer antara lain: 
  1. membagi sumber daya, contohnya berbagi pemakaian printer, CPU, memori, harddisk. 
  2. komunikasi, contohnya surat elektronik, instant messaging, chatting. 
  3. akses informasi, contohnya web browsing. 

Agar dapat mencapai tujuan yang sama, setiap bagian dari jaringan komputer meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta layanan disebut klien (client) clan yang memberikan layanan disebut pelayan (server). Arsitektur ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh aplikasi jaringan komputer.

Sekian pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahami tentang Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi. Wassalamu’alaikum Wr Wb

Sumber gambar : https://jagad.id
Sumber tulisan : Purnomo, Andi. 2010. "TIK 1 Teknologi Informasi & Komunikasi ". Jakarta : Yudhistira.
0 Komentar untuk "Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top