Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Ekonomi Mikro

Assalamu’alaikum Wr Wb. Kali saya akan membahas materi tentang Ekonomi, yaitu mengenai ekonomi mikro. Disini akan dijelaskan tentang pengertian ekenomi mikro. Berikut penjelasannya.

Ekonomi mikro adalah cabang ilmu ekonomi yang mempelajari fungsi ekonomi individu dan perilaku sistem pembuat keputusan individu, yang terdiri dari perusahaan dan rumah tangga. Ekonomi mikro mempelajari alokasi sumber daya dan distribusi pendapatan yang dipengaruhi oleh sistem harga yang terjadi di pasar dan oleh kebikan pemerintah.  

Selain itu, kita juga akan melihat cara penentuan harga dan kuantitas suatu hasil produksi yang di tawarkan kedalam pasar individu dan hubungan di antara pasar tersebut. Ekonomi mikro juga dapat dilihat sebagai rincian dari ekonomi pasar.  

Dalam ekonomi mikro ini, peryanyaan-pertanyaan yang biasa muncul antara lain apa yang akan di produksi dan berapa harga yang ditawarkan kepada konsumen, apa yang menentukan harga dari brokoli, kalkulator, mobil dan mengapa harga barang yang satu naik sementara yang lainya turun, bagaimana kebijakan pemerintah dapat mempengaruhi pengambilan keputusan perusahaan individu dan sebagainya.  

Dari segi rumah tangga, pertanyaan yang mungkin timbul seperti barang apa yang akan di beli dan berapa jumlahnya. Selain itu, pertanyaan yang muncul tentang ekonomi mikro adalah siapa yang akan mendapatkan barang yang di produksi. 



Secara sistematis, pertanyaan-pertanyaan tersebut dapat dikelompokan menjadi :
  1. Apakah jenis-jenis barang dan jasa yang harus diproduksi?
  2. Bagaimana cara memproduksi berbagai barang dan jasa tersebut?
  3. Untuk siapakah barang dan jasa tersebut diproduksi?
Pertanyaan yang pertama, mengenai apakah jenis-jenis barang dan jasa harus di produksi menunjukan pentingnya pilihan-pilihan pembeli dalam perekonomian sehingga menentukan jenis-jenis kegiatan yang akan dijalankan dalam perekonomian.

Pertanyaan kedua merupakan pertanyaan terbesar bagi para pengusaha dalam proses produksi barang dan jasanya. Untuk mewujudkan barang dan jasa yang diinginkan maka diperlukan faktor-faktor produksi yang juga memiliki permasalahan keterbatasan jumlah sehingga memerlukan pengorbanan dalam mendapatkanya. Oleh sebab itu, penting bagi para pengusaha untuk membuat pilihan-pilihan agar mencapai tingkat efisiensi yang tinggi dalam memproduksi barang dan jasa.

Teori produksi dan biaya produksi serta struktur pasar (mempengaruhi penentuan harga dan jumlah barang yang akan diproduksi di tiap pasar) merupakan beberapa hal yang akan dianalisa untuk menjawab pertanyaan kedua diatas. Hubungan interaksi antara produsen dengan rumah tangga (sebagai penyedia faktor produksi maupun konsumen) akan menentukan corak dari distribusoi pendapatan yang nantinya akan menjawab pertanyaan ketiga.

Tiga pertanyaan besar ini juga terangkum pada tiga teori utama dalam ekonomi mikro yaitu teori harga, teori produksi dan teori distribusi. Teroi harga melihat interaksi antara penawaran dan permintaan barang dan jasa di dalam suatu pasar, faktor-faktor yang mempengaruhinya, bentuk struktur pasar, elastisitas penawaran serta permintaan dan sebagainya.  

Sementara itu, teori produksi menganalisa biaya produksi serta tingkat produksi optimal bagi produsen sehingga dapat mencapai tingkat laba maksimum. Pada teori distribusi membahas tingkat upah tenaga kerja, tingkat bunga yang harus dibayarkan kepada pemilik modal, serta tingkat keuntungan dari pengusaha.



Pada akhirnya ekonomi mikro akan dapat menjawab pertanyaan mengapa rumah tangga yang kaya dapat menikmati hasil produksi yang lebih banyak dari keluarga miskin, kekuatan apa yang menentukan distribusi dari hasil produksi. Semuanya itu merupakan area yan terdapat dalam ekonomi mikro. Dengan memami ekonomi mikro akan lebih mudah bagi kita untuk memahami sebuah masyarakat.

Sekian pembahasan yang saya sampaikan, semoga dengan materi ini anda bisa memahi tentang ekonomi mikro. Wassalamu’alaikum Wr Wb

sumber gambar : https://www.coretanpemuda.com
sumber tulisan : Wahyu, Suwerli, dkk. 2007. "Ekonomi". Jakarta : Erlangga.
0 Komentar untuk "Ekonomi Mikro"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top