Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia


Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia


1.      Arti pancasila sebagai dasar negara
Pancasila memiliki nilai-nilai yang menjadi pandangan hidup bangsa Indonesia dan mencerminkan jati diri masyarakat yang ada di Indonesia. Pancasila sebagai ideologi bangsa Indonesia artinya pancasila merupakan gagasan atau ide yang menyeluruh dan juga sistematis serta meliputi semua bidang kehidupan. Ideologi yang ada di dalam suatu negara merupakan sistem kenegaraan yang diterapkan dan wajib dipatuhi oleh semua warga negara, tanpa terkecuali. Pancasila seabgai ideologi benar-benar dibutuhkan karena ia akan berperan sebagai pandangan hidup, nilai-nilai, cita-cita, serta keyakikan yang nantinya akan diwujudkan dalam kehidupan yang nyata.
Sementara itu, pancasila sebagai dasar negara artinya pancasila dijadikan sebagai landasan kehidupan berbangsa dan bernegara. Dasar negara Indonesia tersebut nantinya akan digunakan untuk mengatur seluruh kehidupan dan penyelenggaran negara. Dengan kata lain, pancaila sebagai dasar negara digunakan untuk mengatur penyelenggaraan negara yang sekaligus menjadi pandangan hidup untuk meraih sebuah cita-cita atau impian bangsa Indonesia. Dasar negara Indonesia yakni Pancasila di dalamya meliputi cita-cita dan tujuan serta norma-norma yang harus diterapkan dalam kehidupan bernegara.

2.      Fungsi pancasila sebagai ideologi negara
Perlu anda ketahui bahwa terdapat beberapa fungsi pancasila sebagai ideologi negara Indonesia yang wajib diketahui oleh seluruh bangsa Indonesia. Fungsi-fungsi tersebut antara lain:
·         Pancasila berfungsi untuk menyatukan seluruh bangsa Indonesia, mempererat dan juga memperkokoh persatuan dan juga kesatuan.
·         Pancasila berfungsi membimbing dan juga mengarahkan bangsa Indonesia agar dapat meraih cita-citanya.
·         Pancasila berfungsi untuk memberikan keamanan di dalam mengembangkan jati diri bangsa Indonesia.
·         Pancasila berfungsi untuk mengawasi dan juga menerangi keadaan, dan juga kritis terhadap upaya yang dilakukan dalam mewujudkan cita-cita yang tertuang di dalam pancasila.
·         Pancasila berfungsi sebagai pedoman bangsa Indonesia di dalam menjaga keutuhan dan kerukunan serta di dalam memperbaiki kehidupan berbangsa dan bernegara.

3.      Dimensi ideologi pancasila
Secara teori, terdapat tiga dimensi mengenai ideologi pancasila yang akan kami jelaskan di bawah ini:
·         Dimensi Realita: merupakan kumpulan dari nilai-nilai dasar yang tertuang di dalam ideologi tersebut dan mencerminkan mengenai kehidupan yang nyata dari masyarakat dimana ideologi tersebut ada ketika pertama kali.
·         Dimensi Idealisme: merupakan sebuah kualitas ideologi yang tertuang di dalam nilai dasar negara agar dapat memberikan harapan kepada masyarakat Indonesia tentang masa depan yang lebih baik.
·         Dimensi Fleksibilitas: merupakan suatu kemampuan ideologi di dalam mempengaruhi dan juga menyesuaikan dirinya di dalam perkembangan yang terjadi pada masyarakat.

4.      Nilai-nilai pancasila sebagai sebuah ideologi negara
Mungkin anda sudah tahu bahwa nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila adalah nilai ketuhanan, Kemanuasiaan, Persatuan dan Kesatuan, Kerakyatan, dan juga Keadilan. Inilah nilai dasar yang perlu diketahui dan diterapkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.
Selain itu, nilai yang ada di dalam pancasila juga tergolong sebagai nilai kerohanian yang di dalamnya terdapat juga nilai-nilai yang lainnya yang menyatu secara lengkap serta harmonis, baik berupa nilai vital, kebenaran atau kenyataan, material, estetis, etis, maupun nilai-nilai yang bersifat religius.
Sebenanrya, nilai-nilai yang terkandung di dalam pancasila juga ada yang bersifat subjektif maupun objektif. Untuk nilai-nilai yang bersifat objektif maksudnya adalah:
·         Rumusan dari setiap sila-nya memiliki makna yang mendalam.
·         Pancasila yang ada di pembukaan UUD 1945 merupakan kaidah pokok dasar negara.
·         Inti yang ada pada pancasila akan selamanya ada sampai kapanpun.




0 Komentar untuk "Pancasila Sebagai Ideologi dan Dasar Negara Indonesia"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top