Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Klasifikasi Makhluk Hidup


Klasifikasi Makhluk Hidup



A.    Pengertian Klasifikasi Makhluk Hidup
Klasifikasi atau yang juga disebut dengan pengelompokan adalah sebuah cara yang digunakan untuk mengelompokkan dan juga memilah makhluk hidup menjadi unit atau golongan tertentu. Adapun tujaun dari klasifikasi ini adalah untuk membantu mempermudah di dalam menganalisa, mengenali, maupun juga mempelajari makhluk hidup. Membandingkan artinya upaya yang dilakukan untuk mencari dan menemukan perbedaan dan persamaan, baik sifat maupun juga ciri dari makhluk hidup tersebut.
Ada beberapa manfaat yang bisa diambil dari pemilahan atau klasifikasi makhluk hidup ini, antara lain:
·         Mempermudah di dalam mengetahui jenis-jenis makhluk hidup.
·         Memudahkan ketika kita hendak mempelajari makhluk hidup tersebut yang seperti kita tahu bahwa ciri dan jenisnya sangat beragam.
·         Membantu mengetahui hubungan kekerabatan antara makhluk hidup yang satu dengan yang lainnya.
Perlu anda ketahui bahwasanya klasifikasi makhluk hidup yang kita ketahui saat ini adalah merupakan hasil dari pengembangan klasifikasi yang berkelanjutan. Artinya, perkembangan klasifikasi makhluk hidup tersebut diantaranya seperti klasifikasi 2, 3, 4, 5, dan juga 6 kingdom.

B.     Sistem Klasifikasi 2 Kingdom
Di bagian ini, organisme dikelompokkan menjadi dua bagian besar yakni dunia tumbuhan atau yang dinamakan sebagai kingdom plantae dan juga dunia hewan atau yang dinamakan sebagai kingdom animalia.
1.      Dunia Tumbuhan atau Kingdom Plantae
Untuk klasifikasi makhluk hidup jenis tumbuhan ini adalah terdiri dari makhluk hidup yang memiliki dinding sel yang berasal dari bahan selulosa dan juga memiliki klorofil. Hal inilah yang membuat makhluk hidup tersebut mampu melakukan proses fotosintesis. Beberapa contoh yang termasuk dalam kingdom plantae antara lain ganggang, tumbuhan paku, dan juga tumbuhan lumut. Selain itu, masih ada juga bakteri dan jamur meskipun kedua organisme ini tidak memiliki klorofil.
2.      Dunia Hewan atau Kingdom Animalia
Ciri dari klasifikasi makhluk hidup yang satu ini adalah ia tidak memiliki dinding sel dan juga tidak memiliki klorofil. Selain itu, yang termasuk ke dalam kingdom animalia adalah ia yang memiliki ciri yaitu dapat bergerak dengan bebas. Adapun beberapa contoh yang masuk ke dalam dunia hewan ini antara lain: hewan berpori atau porifera, hewan berongga atau coelenterata, cacing atau vermes, hewan lunak atau mollusca, hewan bersel satu atau protozoa, dan juga hewan bertulang belakang atau chordata.

C.    Sistem Klasifikasi 3 Kingdom
1.      Dunia Jamur atau Kingdom Fungi
Untuk kingdom yang satu ini adalah meliputi semua organisme yang memperoleh makanan secara heterotrof. Caranya adalah dengan menyerap makanan tersebut atau melakukan proses absorpsi.
Ciri dari jamur antara lain:
·         Multiseluler
·         Dinding sel yang terbuat dari kitin
·         Eukariotik
·         Tidak memiliki pigmen fotosintetik
2.      Dunia Tumbuhan
Ia memperoleh makanan secara autortof yakni dengan melewati fotosintetis. Cici-cirinya antara lain:
·         Multiseluler
·         Dinding sel yang terbuat dari selulosa
·         Eukariotik
·         Memiliki pigmen fotosintesis.
3.      Dunia Hewan
Semua jenis organisme yang memperoleh makanan dengan cara heterotrof yakni dengan memakan hewan atau organisme yang lainnya. Sekedar informasi mengenai tingkatan atau klasifikasi makhluk yang sekarang digunakan mulai dari tingkatan tertinggi sampai dengan tingkatan terendah.
·         Domain atau daerah
·         Kingdom atau kerajaan
·         Filum atau Phylum yang artinya hewan dan Divisio yang artinya tumbuhan
·         Classis atau kelas
·         Ordo atau bangsa
·         Familia atau suku
·         Genus atau marga
·         dan Spesies atau jenis
Demikian penjelasan singkat mengenai klasifikasi makhluk hidup. Semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Klasifikasi Makhluk Hidup"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top