Blog for Learning

Blog ini berisi Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Sapu tangan : klasifikasi, ciri-ciri, keunikan, dan manfaat pohon sapu tangan



Sapu tangan : klasifikasi, ciri-ciri, keunikan, dan manfaat pohon sapu tangan


Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi pohon sapu tangan, ciri-ciri, keunikan, dan manfaat pohon sapu tangan. Berikut penjelasannya.


Pohon sapu tangan (Maniltoa grandiflora ) adalah jenis tumbuhan yang termasuk dalam genus Maniltoa dan famili Fabaceae. Tumbuhan ini memiliki nama sinonim Maniltoa brawneodes. Pohon ini berasal dari kepulauan Maluku dan Papua.
Klasifikasi pohon sapu tangan :
Divisi           : Magnoliophyta
Kelas           : Magnoliopsida
Sub Kelas     : Rosidae
Ordo            : Fabales
Famili           : Fabaceae
Genus          : Maniltoa
Spesies        : Maniltoa grandiflora


CIRI - CIRI
Tumbuhan ini berupa pohon dengan tinggi 5 hingga 15 meter. Batang tegak, bulat, percabangan simpodial dan berwarna coklat. Daun berupa daun majemuk, pertulangan daun menyirip, lonjong, tepi rata, ujung dan pangkal daun runcing. Panjang daun 7 sampai 14 cm, lebar 3–8 cm dengan panjang tangkai antara 1-1,5 cm serta berwarna hijau. Memiliki bunga majemuk berbentuk malai dan terletak di ketiak daun dan ujung cabang pohon. Bentuk tangkai bunga bulat, panjag 1–2 cm dan berwarna hijau. Kelopak bunga berbentuk cawan, seludang bunga lonjong, mahkota bunga lepas dan berwarna kuning. Buah tanaman ini termasuk buah polong. Biji berbentuk ginjal, berwarna hitam dan berukuran kecil. Jenis akarnya termasuk akar tunggang, dan berwarna putih kecoklatan. Tumbuhan ini memiliki manfaat untuk obat gangguan pencernaan. Daun, buah, dan kulit batang mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol.
KEUNIKAN
Pohon Saputangan atau Maniltoa granoiflora scheff merupakan tanaman hias yang dapat mengurangi polusi dengan menyerap polutan Karbon Monoksida (CO). Pada pohon ini daun mudanya muncul diujung ranting , menggerombol, mekar serempak, menggantung seperti helaian saputangan, dapat tumbuh hingga 15 meter sehingga sangat cocok digunakan sebagai peneduh. Pohon anggota famili Papilionaceae ini memiliki banyak spesies dan terdiri dari beberapa genus, misalnya genus Maniltoa, Amherstia, Brownea  dan Saraca1). Jenis Yang banyak ditanam sebagai tanaman hias dan peneduh di taman-taman adalah Maniltoa grandiflora atau G.gemmipara yang beasal dari Irian1).

Tanaman ini mempunyai percabangan rendah, tajuk bulat melebar , berdaun lebat dengan bentuk yang tidak simetris dan bunganya berwarna putih. Karena keunikannya ini, tanaman pohon saputangan bisa jadi pilihan yang tepat untuk ornamen pekarangan.


MANFAAT
Berikut ini adalah khasiat bunga saputangan bagi tubuh kita:
1.      Meningkatkan kekebalan tubuh Vitamin C dalam buah ini merupakan antioksidan alami yang mampu mendongkrak imunitas, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit.
2.      Mengobati gangguan pencernaan. Beberapa gangguan cerna dapat diobati dengan minum rendaman kulit pohon saputangan.
3.      Sebagai penyerap polutan. Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tanaman saputangan mampu menyerap polutan, yang berasal dari udara, air, dan tanah. Tanaman ini dapat menyerap sekitar 70 persen kadar karbon monoksida, yang bersifat racun. Zat racun ini tidak berbau dan mudah terserap oleh aliran darah daripada oksigen. Gas ini dapat timbul dari asap kendaraan bermotor, atau sampah yang dibakar. Dampak buruk karbon monoksida sangatlah banyak, seperti kelelahan, sakit kepala, gangguan penglihatan, gangguan nafas, nyeri, muntah, gangguan koordinasi saraf, penurunan daya ingat, dan risiko penyakit jantung. Jadi, adanya tanaman perindang ini berkontribusi dalam mengurangi polusi yang merugikan kesehatan tubuh. Kehadiran pohon ini di lingkungan kita, akan membuat udara makin bersih dan sehat.
4.      Mencegah kulit keriput Buah ini kaya akan vitamin C. Tidak heran, dengan minum jus buah ini secara rutin, akan membuat kulit makin kencang, sehat, dan terhindar dari penuaan dini seperti keriput di wajah.

SUMBER


Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
1 Komentar untuk "Sapu tangan : klasifikasi, ciri-ciri, keunikan, dan manfaat pohon sapu tangan"

Perkenalkan, saya dari tim kumpulbagi. Saya ingin tau, apakah kiranya anda berencana untuk mengoleksi files menggunakan hosting yang baru?
Jika ya, silahkan kunjungi website ini www.kbagi.com untuk info selengkapnya.

Di sana anda bisa dengan bebas share dan mendowload foto-foto keluarga dan trip, music, video, filem dll dalam jumlah dan waktu yang tidak terbatas, setelah registrasi terlebih dahulu. Gratis :)

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top