Blog for Learning

Blog ini berisi Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Mahkota Dewa : Klasifikasi, Deskripsi, dan Manfaat Buah Mahkota Dewa



Mahkota Dewa : Klasifikasi, Deskripsi, dan Manfaat Buah Mahkota Dewa



Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan berbagi postingan tentang klasifikasi tanaman mahkota dewa, deskripsi, morfologi, dan manfaat tanaman mahkota dewa. Berikut penjelasannya.


Pohon Mahkota Dewa (Phaleria macrocarpa) dikenal sebagai salah satu tanaman obat di Indonesia. Asalnya dari Papua/Irian Jaya.
Tanaman atau pohon mahkota dewa seringkali ditanam sebagai tanaman peneduh. Ukurannya tidak terlalu besar dengan tinggi mencapai 3 meter, mempunyai buah yang berwarna merah menyala yang tumbuh dari batang utama hingga ke ranting.


Sumber gambar : https://www.google.com/

Untuk memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa, dapat dilakukan pengawetan dengan beberapa cara antara lain pendinginan, pengalengan, dan pengeringan. Pengeringan yang dilakukan pada buah mahkota dewa bertujuan mengurangi kadar air dalam bahan, sehingga air yang tersisa tidak dapat digunakan sebagai media hidup mikroba perusak yang ada di dalam bahan tersebut, dengan kata lain dapat memperpanjang masa simpan buah mahkota dewa tersebut. Kondisi pengeringan yang tepat akan menentukn mutu hasil pengeringan yang tinggi.

Klasifikasi Mahkota Dewa
·  Kingdom: Plantae (Tumbuhan)
·  Subkingdom: Tracheobionta (Tumbuhan berpembuluh)
·  Super Divisi: Spermatophyta (Menghasilkan biji)
·  Divisi: Magnoliophyta (Tumbuhan berbunga)
·  Kelas: Magnoliopsida (berkeping dua / dikotil)
·  Sub Kelas: Rosidae
·  Ordo: Myrtales 
·  Famili: Thymelaeaceae 
·  Genus: Phaleria
·  Spesies: Phaleria macrocarpa (Scheff) Boerl.

Deskripsi Tanaman Mahkota Dewa
Berdasarkan klasifikasi mahkota dewa dalam ilmu biologi, kita bisa menggolongkan tanaman ini sebagai tumbuhan dengan bunga dan juga biji. Bentuknya layaknya pohon yang tumbuh ke atas (tidak merambat) dan memiliki usia yang tergolong panjang atau parenial. Adapun tinggi maksimal mahkota dewa adalah 1 hingga 2,5 meter.
Batang pohonnya berkayu, silindris, berwarna coklat dengan permukaan cenderung kasar dan dilengkapi dengan sistem percabangan yang miring ke atas. Akar tanaman mahkota dewa bersifat tunggang sedangkan daunnya bersifat tunggal. Bentuk daun ini agak menjorong dengan panjang 7 sampai 10 cm dan lebar 2 sampai 2,5 cm. Warnanya hijau tua dan tersusun secara folia oposita atau berhadapan. Bentuk biji bulat dan pada usia muda berwarna hijau saat matang berwarna merah terang. Buah tersusun atas serat dan air dan memiliki biji.

Manfaat Buah Mahkota Dewa Bagi Kesehatan Dan Khasiat Ramuan Herbal Alami Bagi Kecantikan Tubuh
1.      Mengobati Penyakit Diabetes Melitus
Bila buah mahkota dewa diiris-iris, campur air lalu rebus hingga mendidih. Lalu saring, minum air rebusannya tiap hari. Itu bisa mengobati Diabetes Melitus.
2.      Mengobati Kanker dan Tumor
Obat tradisional seperti Buah Mahkota Dewa ini, dicampur dengan sambiloto, temu putih serta cakar ayam kering. Kemudian direbus. Saring airnya lalu minum. Salah satu cara mengobati kanker dan tumor yang murah dan mudah.
3.      Mengobati Asam Urat dan Rematik
Dengan tambahan akar sidaguri dan sambiloto, buah Mahkota Dewa terus direbus dan saring. Air saringannya itu dapat dijadikan obat untuk mengobati penyakit Asam Urat dan Rematik.
4.      Mengobati Disentri
Sama seperti halnya obat tradisional lainnya, hanya mengambil sari buahnya setelah direbus kemudian saring.Minum airnya.
5.      5-Mengobati Gatal-gatal karena Eksim
Tak hanya Buah Mahkota Dewa saja yang dijadikan obat, tapi daunnya pun dapat mengobati Gatal-gatal karena eksim.

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
1 Komentar untuk "Mahkota Dewa : Klasifikasi, Deskripsi, dan Manfaat Buah Mahkota Dewa"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top