Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Negara Maju

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Geografi dan Sosiologi yaitu Ciri Negara Maju. Berikut penjelasan tentang Negara Maju :
                                           https://www.google.com

A.    Ciri-ciri Negara Maju
1.      Standar Hidup
Pada umumnya standar hidup penduduk di negara maju lebih tingi bahkan beberapa diantaranya adalah tertinggi di dunia. Keadaan mutu kehidupan penduduk yang tinggi tersebut dapat dijelaskan sebagai berikut.
a.       Pendapatan per Kapita
Sebagian penduduk negara maju memiliki pendapatan per kapita lebih dari US$ 9000 bahkan ada yang jauh melebihi angka tersebut, yaitu diatas US$ 20.000
b.      Pertumbuhan pendapatan
Pada umumnya negara maju mengalami pertumbuhan pendapatan yang lebih cepat dibandingkan dengan negara berkembang. Hal ini terjadi karena negara maju mampu mengembangkan sektor industri untuk menunjang perekonomian. Pengembangan sektor industri menciptakan lapangan kerja bagi penduduknya.
c.       Pemerataan Pendapatan
Pertumbuhan pendapatan per kapita di negara maju diikuti dengan pemerataan distribusi pendapatan bagi penduduknya. Dengan demikian tidak tampak adanya kesenjangan yang mencolok antara kelompok penduduk kaya dan kelompok penduduk miskin.
d.      Kemiskinan
Pendapatan per kapita penduduk di negara maju yang rata-rata tinggi, hasil-hasil pembangunan yang merata, dan kesempatan kerja yang juga lebih merata menyebabkan kemiskinan di negara maju tidak begitu mencolok.
e.       Kesehatan
Pendapatan per kapita penduduk yang tinggi akan memotivasi penduduk untuk menciptakan standar hidup yang baik dan sehat. Hal ini, terlihat pada perbaikan gizi dan mudahnya mendapatkan pelayanan kesehatan. Angka harapan hidup di negara maju rata-rata diatas 70 tahun, sedangkan angka kematian kasar penduduk sangat kecil, yaitu berkisar 6-13 orang setiap 1000 penduduk. Misalnya di negara jepang rata-rata usia harapan hidup penduduknya adalah 81 tahun, sedangkan angka kematian penduduk adalah 8 orang setiap 1000 penduduk.
2.      Tingkat Pendidikan
Tingkat pendidikan yang tinggi dan kualitas kesehatan fisik yang baik di negara maju telah memberikan kemampuan yang maksimal untuk menciptakan, menghasilkan, dan menyediakan barang-barang kebutuhan sendiri dan untuk ekspor. Penerapan ilmu pengetahuan dan teknologi terhadap sumber daya alam membuat penduduknya mampu memenuhi kebutuhan sendiri, walaupun beberapa negara di antara negara maju tersebut adalah negara miskin sumber daya alam. Contoh negara Jepang.
3.      Laju Pertumbuhan Penduduk
Laju pertumbuhan penduduk di negara maju semakin lama semakin rendah, bahkan di beberapa negara pertumbuhan penduduk minus seperti Jerman (-0,2%, Rumania (-0,3%), dan Hungaria (-0,4%). Negara maju yang mengalami pertumbuhan penduduk 0% adalah Polandia. Pertumbuhan penduduk di negara maju tergolong rendah, yaitu antara 0,2%-0,8%. Dengan demikian, penduduk usia dewasa jumlahnya lebih besar daripada usia muda. Apabila komposisi penduduk seperti ini maka angka beban tanggungan hidup tergolong kecil dan akan semakin tinggi tingkat kemakmuran penduduk di negara tersebut.
4.      Tingkat Pengangguran
Tingkat pengangguran di negara maju umumnya rendah. Hal ini, disebabkan karena lapangan kerja tersedia banyak dan kemampuan penduduknya untuk menciptakan lapangan kerja sendiri sangat tinggi.

B.     Persebaran Negara Maju dan Negara Berkembang
Pada umumnya, persebaran negara maju terkonsentrasi di Benua Eropa, Benua Amerika (Amerika Utara), dan Benua Asia (Asia Timur), sedangkan persebaran negara berkembang secara umum terkonsentrasi di seluruh Benua Afrika, Benua Amerika (Amerika Latin), Benua Asia (Asia Selatan, Asia Tengah, dan Asia Tenggara), dan beberapa negara di kawasan Pasifik yang merupakan negara-negara kecil. Negara berkembang dapat dibedakan menjadi negara pengekspor minyak, negara industri baru, negara berpendapatan rendah, dan negara berpendapatan menengah.
Demikian pembahasan mengenai Negara Maju. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb
Daftar Pustaka :
Umasih; Sukanti, Dwi & Yamti, Sri R. 2007.Geografi dan Sosiologi. Jakarta:Ganeca Exact.




0 Komentar untuk "Negara Maju"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top