Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Seni Musik : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya


Pengertian Musik, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya



Kali ini kita akan mengulas mengenai pengertian musik, termasuk juga di dalamnya menjelaskan tentang fungsi dan juga apa saja jenis-jenis musik.

A.    Pengertian Musik
Musik adalah suara yang dibuat dan membentuk sebuah irama, keharmonisan, dan juga lagu. Umumnya, musik dihasilkan dari alat-alat musik yang dapat menghasilkan irama. Namun, seiring berkembangnya waktu, ada juga orang yang bisa menghasilkan musik melalui suara seperti halnya mereka yang memiliki keahlian beat box.
Sementara untuk definisi dari seni musik, ia berasal dari dua kata. Yakni seni dan juga musik. Seni merupakan hasil karya cipta, karsa dan rasa yang dibuat manusia dan digambarkan ke dalam berbagai sarana. Dan untuk musik adalah sebuah hasil olah melodi, ritme, harmoni, suara, dan juga vokal.

B.     Fungsi Musik
Perlu anda ketahui bahwasanya musik memiliki beberapa fungsi, diantaranya:
·         Musik berfungsi sebagai media yang bisa digunakan untuk mengungkapkan rasa, emosi, baik untuk penulis musik maupun juga untuk mereka pada pendengar maupun penikmat musik.
·         Musik digunakan sebagai sarana hiburan. Artinya, musik yang dimainkan secara bersamaan akan menghasilkan suara yang ramai dan juga menghibur. Apalagi jika musik tersebut merupakan gabungan dari berbagai macam alat musik yang sudah tentu akan membuat siapapun yang mendengarnya akan merasa kagum.
·         Musik juga berguna sebagai sarana bisnis, kita tahu bahwasanya saat ini sudah banyak industri musik dan juga industri kreatif yang sangat menguntungkan. Tidak sedikit mereka yang bergelut di dunia musik mendapatkan pundi-pundi uang dari musik.
·         Musik juga bisa dijadikan sebagai media untuk menenangkan jiwa. Tidak sedikit orang yang merasakan manfaat dari musik yang berfungsi untuk relaksasi dan juga ketenangan jiwa.
·         Musik bisa dimanfaatkan sebagai sarana komunikasi. Misalnya, musik digunakan di dalam suatu perayaan atau upacara yang menandakan bahwasanya musik tersebut sebagai tanda jika upacara akan segera dimulai atau telah diakhiri.
·         Musik bisa dimanfaatkan untuk menyambut tamu. Bisanya, musik digunakan untuk penyambutan para pemain sepakbola ketika mereka pertama memasuki arena pertandingan.
·         Musik bisa digunakan sebagai sarana untuk meningkatkan kecerdasan. Sebuah penelitian telah membuktikan bahwasanya seseorang yang bermain musik, maka kecerdasannya akan meningkat.
·         Musik sebagai pengiring tarian seperti yang anda saksikan di beberapa daerah dimana tarian tradisional juga diiringi dengan musik.

C.     Jenis-jenis Musik
Beberapa jenis musik antara lain seperti di bawah ini:
·         Pop
Musik pop atau yang merupakan kepanjangan dari populer merupakan jenis musik modern dari rock and roll. Pop pertama kali dibentuk pada sekitar tahun 1950.
·         RnB
RnB merupakan singkatan dari rhythm and blues yang merupakan genre dari Amerika-Afrika. Jenis musik ini mulai dikenal sekitar tahun 1940. Biasanya, band yang mengusung jenis musik ini terdiri dari pianis, bass, vokalis, bass, gitaris, dan juga sexophone.
·         Rock
Musik jenis ini pertama kali terkenal di Amerika Serikat dan mulai berkembang sejak tahun 1950. Sebenarnya, musik rock masih terdapat pengaruh dari Jazz dan juga musik klasik. Sudah banyak band-band beraliran rock terkenal di dunia, salah satunya adalah Avenged Sevenfold dan Linkin Park.
·         Dangdut
Dangdut merupakan musik khas Indonesia yang sebenarnya merupakan musik pusat melayu. Pertama kali diperkenalkan di tahun 1940. Salah satu penyanyi dangdut terkenal sampai sekarang yakni Rhoma Irama.

Beberapa jenis musik lainnya yaitu Blues, Country, Jazz, Hip Hop, Electronic, Klasik, Reggae, dan lain sebagainya.

Sumber:



0 Komentar untuk "Seni Musik : Pengertian, Fungsi, dan Jenis-Jenisnya"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top