Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Paradigma Lingkungan dan etika lingkungan



Paradigma Lingkungan dan etika lingkungan
Assalamu’alaikum Wr Wb
Di postingan kali ini saya akan berbagi sedikit materi tentang paradigma lingkungan dan etika lingkungan.  Langsung saja simak penjelasannya di bawah ini.
A.    Paradigma lingkungan
Apa itu paradigma? Paradigma adalah pandangan besar yang dianut oleh para ahli pada kurun waktu tertentu, yang diakui kebenarannya, dan didukung oleh sebagian besar komunitas, serta berpengaruh terhadap perkembangan ilmu dan kehidupan.
Pandangan tersebut semakin lama semakin berkembang dan semakin kritis dalam melihat dan mengkaji hubungan manusia dengan alam. Bersamaan dengan itu, ada perubahan dalam melihat hubungan manusia dengan alam. Perubahan hubungan manusia dengan alam tersebut dapat dilihat mulai dari paradigma antroposentrisme, biosentrisme, ekosentrisme, dan ekofeminisme (Keraf, 2005).
1.      Antroposentrisme
Merupakan suatu etika yang memandang manusia sebagai pusat dari sistem alam semesta.
2.      Biosentrisme
Merupakan suatu paradigma yang memandang bahwa setiap kehidupan dan makhluk hidup mempunyai nilai dan berharga pada dirinya sendiri, sehingga pantas mendapat pertimbangan dan kepedulian moral.
3.      Ekosentrisme
Merupakan suatu paradigma yang lebih jauh jangkauannya. Pada ekosentrisme, justru memusatkan etika pada seluruh komunitas ekologis, baik yang hidup maupun yang tidak hidup.
4.      Ekofeminisme
Merupakan cabang feminisme, pertama digagas oleh Francois d’Eaubonne tahun 1974 (dalam Keraf 2005). Ekofeminisme menekankan etika yang didasarkan pada nilai-nilai kasih sayang atau care,  hubungan yang harmonis, cinta, tanggung jawab, dan saling percaya atau trush. Ekofeminisme menawarkan cara pandang etika untuk relasi sosial dan relasi kosmis dengan alam.


B.     Etika lingkungan
Etika berasal dari kata Yunani kuno ethos yang dalam bentuk tunggal mempunyai banyak arti, yaitu tempat tinggal biasa, padang rumput, kandang, kebiasaan, adat, akhlak, watak, perasaan sikap, dan cara berpikir (Bertens 1993). Dalam bentuk jamak (ta etha), berarti watak kesusilaan atau adat kebiasaan. Etika identik dengan kata moral, yang berasal dari kata latin mos, yang dalam bentuk jamaknya mores yang juga berarti adat atau cara hidup. Etika dan moral artinya sama, namun dalam pemakaian sehari-hari ada sedikit perbedaan. Moral atau moralitas dipakai untuk perbuatan yang sedang dinilai, sedangkan etika dipakai untuk pengkajian sistem nilai-nilai yang ada.
Etika lingkungan merupakan petunjuk atau arah perilaku praktis manusia dalam mengusahakan terwujudnya moral lingkungan. Dengan etika lingkungan kita manusia tidak saja mengimbangi hak dengan kewajiban terhadap lingkungan, tetapi etika lingkungan hidup juga membatasi perilaku, tingkah laku dan upaya untuk mengendalikan berbagai kegiatan agar tetap berada dalam batas kelentingan lingkungan hidup.

Sumber:
BUKU AJAR PENDIDIKAN KONSERVASI 

Sekian saja postingan saya hari ini, walaupun sedikit semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
1 Komentar untuk "Paradigma Lingkungan dan etika lingkungan"

Terima kasih atas informasinya. Semoga sukses selalu.
http://grosirsponmandi.klikspo.com/

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top