Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks



Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks

            Teks merupakan wacana tertulis / bacaan yang dapat digunakan sebagai bahan pembelajaran. Teks/bacaan terdiri dari beberapa paragraph. Paragraf adalah seperangkat kalimat yang berkaitan satu sama lain dan membentuk satu kesatuan untuk mengutarakan atau mengemukakan suatu gagasan utama atau gagasan pokok. Syarat-syarat sebuah paragraf yaitu:
·         Koheren (berhubungan)
·         Kohesif (padu)
·         Memiliki satu gagasan utama.

Setiap paragraf harus memiliki gagasan utama. Gagasan utama, ide pokok, atau gagasan pokok adalah hal yang dibahas atau diungkapkan dalam bacaan. Gagasan utama dalam paragraf berfungsi sebagai pengendali informasi atau inti informasi.
Kalimat utama merupakan kalimat yang berisi ide pokok. Kalimat utama dapat ditemukan di awal, akhir, awal dan akhir, atau pada seluruh paragraf.
Isi dalam teks/bacaan dapat diberi kritik berdasarkan informasi yang disajikan. Kritik merupakan tanggapan yang disertai uraian dan pertimbangan baik atau buruk mengenai sesuatu. Kritik yang diberikan dapat berupa tanggapan positif (baik) atau tanggapan negatif (buruk). Kritik harus disertai alasan yang logis. Ketika memberi tanggapan, pendapat pun sering diungkapkan.

Tips:
Pada umumnya gagasan utama disampaikan dalam kalimat topic. Jadi, untuk menentukan gagasan utama tentukan terlebih dahulu kalimat topik atau kalimat utamanya.
0 Komentar untuk "Mengidentifikasi isi dan bagian suatu teks"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top