Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Perubahan Sosial

Assalamualaikum Wr.Wb
Kali ini saya akan membahas materi tentang Perubahan Sosial. Berikut penjelasan tentang materi tersebut :
                                        https://www.learniseasy.com
Salah satu kajian ilmu sosiologi ialah perubahan sosial. Individu atau kelompik senantiasa mengalami perubahan, perubahan ini dinamakan dengan perubahan sosial. Pada pembelajaran ini kita mempelajari tentang proses perubahan sosial.
A.    Masyarakat dan Kebudayaan
Pengertian masyarakat:
Istilah masyarakat berasal dari Bahasa arab syaraka yang aslinya ikut serta atau berpartisipasi. Sedangkan dalam Bahasa inggris, masyarakat adalah society, yang pengertianya menyangkut interaksi sosial, perubahan-perubahan sosial, dan rasa kebersamaan.
Untuk lebih jelasnya marilah kita simak beberapa pendapat tentang masyarakat :
a.       Ralph Linton, mengartikan bahwa masyarakat merupakan suatu kelompok manusia yang telah hidup dan bekerjasama dalam waktu yang cukup lama, sehingga dapat mengatur dan menganggap diri mereka sebagai satu kesatuan sosial dengan batas-batas yang jelas.
b.      Selo Soemardjan, mengartikan bahwa masyarakat adalah orang-orang yang hidup bersama dan menghasilkan kebudayaan.
c.       Emile Durkhein, mengartikan bahwa masyarakat adalah suatu kegiatan objektif individu-individu yang merupakan anggota-anggotanya.
d.      Paul B Horton, mengartikan bahwa masyarakat adalah sekumpulan manusia yang secara relative mendiri hidup bersama-sama cukup lama, mendiaami suatu wilayah tertentu, memiliki kebudayaan yang sama , dan melakukan sebagian besar kegiatan dalam kelompok itu.
Definisi masyarakat adalah golongan besar atau kecil terdiri dari beberapa manusia, yang dengan sendirinya bertalian secara golongan dan pengaruh mempengaruhi satu sama lain.
Pengertian kebudayaan dalam Bahasa inggri “culture” bersumber dari kata latin “colere” yang berarti mengolah, mengerjakan, mengembangkan dan menyuburkan. Secara etinuologi Bahasa Indonesia kebudayaan berasal dari Bahasa sansekerta “buddhayah” yaitu bentuk jamak dari “budhi” yang berarti budi pekerti atau akal pikiran.
Kebudayaan menurut beberapa ahli :
a.       Koentjaraningrat mengartikan bahwa kebudayaan adalah keseluruhan manusia dari kelakuan dan hasil kelakuan yang harus didapatkanya dengan belajar, dan semua itu tersusun dalam kehidupan masyarakat.
b.      Selo Soemardjan dan Soelaeman Soenardi, kebudayaan merupakan semua hasil karya, cipta,dan rasa masyarakat.
c.       E.B Tylor mengartikan bahwa kebudayaan adalah kompleks yang mencakup pengetahuan, kepercayaan, kesenian, moral, hukum, adat istiadat, dan lain kemampuan-kemampuan serta kebiasaan-kebiasaan yang didapatkan oleh manusia sebagai angota masyarakat.
Kebudayaan terdiri atas segala sesuatu yang dipelajari dari pola-pola perilaku normative, yaitu mencakup segala cara atau pola-pola berpikir, bertindak dan merasakan. Seseorang yang meneliti kebudayaan tertentu, misalnya akan sangat tertarik oleh objek-objek kebudayaan seperti rumah-rumah adat, mode pakaian, kontruksi bangunan, alat-alat komunikasi, menjamurnya mal-mal di perkotaan, dan sebagainya. Seorang sosiolog biasanya tertarik kepada pola-pola perilaku yang membentuk struktur sosial di masyarakat.
masyarakat menyenangi hal-hal baru terutama untuk mempermudah kehidupanya. Masyarakat yang dinamis cenderung terud bergerak dan menciptakan inovasi-inovasi.
B.     Pengertian Perubahan Sosial
Perubahan yang terjadi didalam masyarakat berupa perubahan norma-norma sosial, nilai-nilai sosial, pola-pola perilaku, organisasi sosial, lembaga kemasyarakatan, lapisan-lapisan masyarakat, susunan kekuasaan, dan wewenang. Begitu luasnya bidang-bidang perubahan sehingga perlu ditentukan batasan pengertian perubahan sosial.
Sejumlah ahli mengungkapkan pendapatnya tentang perubahan sosial.
a.       Menurut Prof. selo Soedmardjan perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi pada lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat yang mempengaruhi sistem sosialnya.
b.      Menurut William F. Ogburn mengemukakan bahwa perubahan sosial meliputi unsur-unsur kebudayaan baik yang material maupun yang inmaterial, terutama yang menekankan pada pengaruh yang besar dari unsur-unsur kebudayaan material terhadap kebudayaan inmaterial.
c.       Menurut Kingsley Davis, perubahan sosial adalah perubahan-perubahan yang terjadi dalam struktur dan fungsi masyarakat.
d.      Menurut Samuel Koening, bahwa perubahan sosial dalam masyarakat menunjuk pada modifikasi-modifikasi yang terjadi dalampola-pola kehidupan manusia karena sebab-sebab intern dan ekstren.
e.       Menurut Gillin dan Gillin, perubagan sosial adalah suatu variasi dari cara-cara hidup yang telah diterima yang disebabkan perubahan-perubahan kondisi geografis, kebudayaan material, komposisi penduduk, ideology maupun oleh adanya difusi ataupun penemuan-penemuan baru dalam masyarakat.
f.        Menurut Robert M.I Lawang, perubahan sosial adalah proses ketika dalam suatu sistem sosial terdapat perbedaan-perbedaan yang dapat diukur yang terjadi dalam suatu kurun waktu tertentu.
g.      Menurut Max Iver bahwa perubahan sosial adalah perubahan-perubahan dalam hubungan sosial, atau perubahan terhadap keseimbangan sosial tersebut.
Dari beberapa pengertian tersebut, dapat disimpulkan bahwa perubahan sosial adalah perubahan yang berkenaan dengan kehidupan masyarakat termasuk didalamnya perubahan sistem stratifikasi sosial, sistem nilai dan norma sosial, proses-proses sosial, struktur sosial, pola sikap dan tindakan sosial warga masyarakat, serta lembaga-lembaga kemasyarakatanya dalam suatu kurun waktu tertentu.
Demikian pembahasan mengenai Perubahan Sosial. Semoga materi tersebut dapat dipahami dan memberikan manfaat. Sekian dari saya, kurang lebihnya mohon maaf.
Wassalamualaikum Wr.Wb

Daftar pustaka :
Elisanti dan Rostini, T. 2009. Sosiologi. Jakarta : Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional




0 Komentar untuk "Perubahan Sosial"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top