Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengertian dan Macam-Macam Puasa


Pengertian dan Macam-Macam Puasa



Puasa ramadhan merupakan momen terbaik untuk semakin mendekatkan diri kepada Allah serta meminta ampunan sebanyak-banyaknya karena di bulan ini, doa yang dipanjatkan akan lebih berpeluang untuk cepat terkabul.
A.    Pengertian Puasa
Jika ditinjau dari segi bahasa, puasa atau dalam bahasa arab yaitu shaum berarti menahan diri. Artinya, puasa merupakan ibadah yang bertujuan untuk menahan diri dari segala sesuatu yang dapat membatalkan puasa. Segala sesuatu tersebut bisa berupa makanan, minuman, menahan nafsu, bahkan sampai menahan untuk tidak berbicara hal-hal yang tidak penting dan dilarang oleh agama. Sementara jika ditinjau dari segi istilah, puasa merupakan menahan sesuatu dari segala hal yang bisa membatalkan puasa mulai dari terbitnya fajar sampai dengan tenggelamnya matahari.
Adapun mengenai dalil tentang perintah puasa yakni pada surat Al-Baqarah ayat 183. Disitu dijelaskan bahwa semua orang beriman diwajibkan untuk berpuasa sebagaimana telah diwajibkan kepada kaum atau umat sebelumnya. Selain itu, ayat tersebut juga menerangkan tujuan dari diwajibkannya puasa yakni agar orang mukmin menjadi pribadi yang bertaqwa.
Sebenarnya masih ada beberapa dalil lainnya baik dari Al-Qur’an maupun juga Sunnah yang menjelaskan mengenai puasa. Akan tetapi, dalil di atas merupakan dalil umum yang akan dikemukakan jika seseorang ditanya mengenai dalil puasa.
B.     Macam-macam Puasa
Perlu anda ketahui bahwa sebenarnya terdapat beberapa macam puasa, baik yang diwajibkan atau yang disunnahkan untuk dikerjakan oleh orang-orang islam. Beberapa mcam puasa tersebut antara lain seperti berikut:
·         Puasa wajib: jenis puasa yang akan berdosa bagi orang-orang yang meninggalkannya tanpa alasan yang dibenarkan agama. Contoh puasa wajib antara lain puasa ramadhan, puasa nadzar, dan juga puasa kafarat.
·         Puasa sunnah: jenis puasa ini akan memberikan pahala bagi orang yang mengerjakannya dan tidak berdosa bagi mereka yang tidak melakukannya. Contoh dari puasa sunnah antara lain puasa senin-kamis, puasa dawud, puasa syawal, puasa muharram, puasa arofah, dan lain sebagainya.
·         Puasa makruh: puasa jenis ini adalah puasa yang mengkhususkan pada hari-hari tertentu yang sebenarnya tidak ada dalilnya. Contoh dari puasa ini adalah puasa di hari jum’at atau sabtu. Namun, orang yang mengerjakannya tidak serta merta mendapatkan dosa. Kecuali jika ia meyakini bahwa puasa di hari sabtu atau minggu tersebut lebih utama dibandingkan dengan puasa di hari senin atau kamis.
·         Puasa haram: jenis puasa yang akan mendapatkan dosa bagi mereka yang tetap mengerjakannya. Artinya, orang tersebut benar-benar tidak diperintahkan untuk berpuasa. Contoh puasa haram yakni pusa di hari raya idul fitri dan idul adha. Selain itu, puasa sepanjang tahun juga termasuk puasa yang diharamkan.

Sekedar informasi bahwasanya puasa wajib dan juga sunnah memiliki dalil yang kuat, baik dari Al-Qur’an maupun juga Sunnah. Artinya, puasa wajib memang benar-benar diperintahkan dan diwajibkan oleh semua orang yang memeluk agama islam. Mereka akan mendapatkan dosa jika meninggalkannya tanpa ada alasan yang dibenarkan secara syar’i.
Sementara untuk puasa sunnah, orang yang meninggalkannya baik secara syar’i atau tidak (tiba-tiba membatalkannya) tidak akan mendapatkan dosa. Kecuali, jika cara membatalkannya atau alasan dibalik itu merupakan sesuatu yang diharamkan oleh agama. Lalu bagaiman dengan puasa makruh? Jenis puasa ini memang tidak berdosa dikerjakan, namun dianjurkan untuk lebih mengutamakan puasa sunnah. Sementara puasa haram, siapapun yang melakukannya dan dengan alasan apapun akan mendapatkan dosa.

Sumber: 


0 Komentar untuk "Pengertian dan Macam-Macam Puasa"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top