Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Negara Anggota APEC


Negara-Negara Yang Tergabung APEC



Apakah anda pernah mendengar istilah APEC? Mungkin anda pernah membaca berita maupun mendapatkan informasi tersebut melalui sekolah. APEC merupakan kepanjangan dari Asia Pasific Cooperation atau sebuah organisasi kerjasama yang mana para anggotanya terdiri dari berbagai negara yang ada di wilayah Asia Pasifik. Jika diterjemahkan ke Bahasa Indonesia, maka organisasi APEC lebih dinamakan sebagai Kerjasama Ekonomi Asia-Pasifik. 
APEC pertama kali didirikan pada tahun 1989. Perlu anda tahu bahwasanya mayoritas negara yang ada di Asia-Pasifik masuk ke dalam organisasi ini. Bagaimana dengan Indonesia? Sudah tentu Indonesia merupakan negara yang ikut ke dalam organisasi APEC tersebut. Mengenai fungsi atau tujuan dibentuknya APEC, organisasi ini memiliki fungsi untuk memperkuat pertumbuhan di bidang ekonomi.
Selain itu, APEC juga berfungsi mempererat komunitas dan juga mendorong perdagangan secara bebas yang ada di kawasan Asia-Pasifik. Pada mulanya, tujuan awal berdirinya APEC adalah sebagai respon terhadap pertumbuhan ekonomi yang secara independen di negara-negara yang ada di kawasan Asia-Pasifik. Kemudian, muncullah blok perdagangan yang ada di belahan dunia yang lainnya. APEC juga bertujuan untuk mendirikan sebuah pasar baru yang akan menumbuhkan produk agrikultural maupun bahan mentah yang berasal dari luar Eropa.
Dewasa ini, tidak kurang dari 22 negara yang sudah tergabung ke dalam APEC. Mayoritas negara yang tergabung ke dalam organisasi tersebut mempunyai garis pantai yang langsung terhubung ke Samudera Pasifik. Meskipun begitu, hal ini bukan menjadi salah satu syarat atau kriteria dari sebuah negara untuk masuk ke dalam APEC. Negara yang tergabung menjadi satu dalam APEC akan menggunakan sebuah istilah ekonomi anggota dan bukan negara anggota.
Setiap tahunnya, APEC selalu mengadakan pertemuan atau yang lebih kita kenal dengan sebutan Konferensi Tingkat Tinggi atau KTT antara negara yang tergabung ke dalam APEC. Biasanya, peserta yang hadir adalah perwakilan dari masing-masing kepala negara yang memimpin negara tersebut. Pertama kali pertemuan APEC diselenggarakan di Canberra, Australia di tahun 1989. Anggota yang hadir pada waktu itu kurang lebih berjumlah 12. Salah satu hasil dari pertemuan pertama tersebut adalah sebuah komitmen dimana nanti akan diadakan pertemuan setiap tahunnya dan untuk masa depan yang ada di Singapura dan juga di Korea Selatan.
Setelah itu, pertemuan APEC setiap tahunnya akan secara bergantian diselenggarakan di negara-negara yang tergabung di dalam organisasi tersebut yang nanti akan bertindak sebagai tuan rumah. Salah satu kota di Indonesia, yakni Bogor juga pernah dijadikan sebagai tuan rumah KTT APEC pada 1994.
Di bawah ini kami akan memberikan daftar negara mana saja yang tergabung di dalam organisasi APEC atau organisasi ekonomsi se-Asia Pasifik. Informasi mengenai negara tersebut juga akan kami sajikan lengkap berdasarkan tahun berapa negara yang bersangkutan bergabung ke APEC.
·         Australia bergabung pada tahun 1989
·         Brunei Darussalam bergabung pada tahuu 1989
·         Kanada bergabung di tahun 1989
·         Indonesia bergabung pada tahun 1989
·         Jepang bergabung pada 1989
·         Korea Selatan bergabung pada 1989
·         Malaysia bergabung pada 1989
·         Selandia Baru bergabung pada tahun 1989
·         Filipina bergabung pada 1989
·         Singapura bergabung pada 1989
·         Thailand
·         Amerika Serikat bergabung pada 1989
·         Republik Tiongkok bergabung pada 1991
·         Hongkong bergabung pada tahun 1991
·         RRC (Republik Raykat Cina) bergabung di tahun 1991
·         Meksiko bergabung di tahun 1993
·         Papua Nugini bergabung di tahun 1993
·         Chili bergabung pada 1994
·         Peru bergabung pada 1998
·         Rusia bergabung pada 1998
·         Vietnam bergabung pada 1998
·         Mongolia bergabung pada 2013





0 Komentar untuk "Negara Anggota APEC"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top