Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Materi Bahasa Inggris Simple Present Tense



Pengertian, Rumus, Dan Contoh Simple Present Tense
1.      Pengertian Simple Present Tense
Simple present tense merupakan tenses yang digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kejadian tersebut  adalah kebiasaan atau daily activity. Tenses ini adalah tenses yang lebih sering digunakan dibandingkan dengan tenses yang lainnya. Selain itu, simple present tense juga digunakan untuk menyatakan bahwa suatu kejadian tersebut bersifat umum diketahui kebenarnnya alias general truth.

2.      Rumus Simple Present Tense
Di bawah ini kami akan memberikan penjelasan seputar rumus dari simple present tense. Namun yang perlu selalu anda ingat bahwasanya kata kerja atau verb yang digunakan adalah kata kerja bentuk pertama atau V1.
Berikut ini rumusnya:
·         Positif: Subject + V1 (s/es) + Complement.
·         Negatif : Subjetc + Do + not + V1 + Complement
·         Interrogative (kalimat tanya): Do/Does + Subject + V1 + Complement + ?

Ada beberapa hal penting yang harus anda ketahui yang masih berkaitan dengan simple present tense. Pada bagian kata kerja, jika subjek yang digunakan adalah She, He, It, maupun juga Tunggal atau Singular, maka kata kerja harus ditambahkan s/es. Untuk lebih lengkapnya silahkan anda simak baik-baik di bawah ini.
a)      Untuk kata kerja yang diakhiri dengan –CH, -O, -Z, maupun juga –X, maka anda harus menambahkan –ES. Contohnya seperti go (goes), kiss (kissess), mix (mixes), miss (misses), wash (washes), teach (teaches).
b)      Untuk kata kerja yang diakhiri dengan huruf konsonan yaitu -Y, maka nanti Y tersebut harus diganti dengan –IES. Contohnya adalah fly (flies), cry (cries), carry (carries), marry (marries), dan lain sebagainya.
c)      Sementara untuk kata kerja yang diakhiri dengan huruf vokal –Y, maka anda cukup menambahkanya dengan –S. Contohnya adalah play (plays), enjoy (enjoys), say (says).

3.      Contoh Kalimat Yang Menggunakan Simple Present
Berikut ini akan kami sajikan beberapa contoh kalimat yang menggunakan simple present tense untuk semakin memudahkan anda memahami tenses yang satu ini.
·         Herman goes to school every day.
·         Herman and Andi go to school every day.
·         Burhan has breakfast before going to school.
·         Rudi always gets up at 5 am
·         Nisa, Andi, and Lukman, don’t go to school together.
·         They do not want to speak each other.
·         We go to school every day.
·         The sun rises from the east as well as sets to the west.

4.      Everyday vs Every Day
Banyak orang yang ternyata salah menulis atau mungkin mereka memang tidak mengetahui bahwasanya everyday dan juga every day merupakan dua hal yang berbeda. Ketika anda mengatakan I go to school everyday dengan I go to school every day, tentu konteks dari kalimat anda tersebut akan berbeda.
Lalu apa saja perbedaannya? Untuk every day, ia merupakan kata keterangan waktu atau adverb of time yang artinya adalah setiap hari, contohnya adalah I have breakfast every day before going to school. Sementara itu, jika anda menggunakan everyday, ia berarti keseharian dan contohnya adalah This T-shirt is good for everyday clothing.
Demikian penjelasan yang bisa kami sampaikan kepada anda mengenai pengertian, rumus, dan juga contoh simple present tense. Semoga bermanfaat.

  

0 Komentar untuk "Materi Bahasa Inggris Simple Present Tense"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top