Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pentingnya organisasi bagi mahasiswa





Assalamu'alaikum Wr Wb
Selamat sore teman-teman, kali ini saya akan posting essay tentang pentingnya organisasi bagi mahasiswa.  Mengapa mahasiswa itu harus berorganisasi? Berikut penjelasannya.

Pentingnya organisasi bagi mahasiswa

Organisasi adalah salah satu tempat dimana para mahasiswa dapat berkumpul, dapat bertukar pikiran, bekerja sama untuk mencapai tujuan bersama. Ada berbagai macam organisasi yang biasanya ada di suatu kampus. Dan tentu untuk masuk ke organisasi tersebut harus disesuaikan dengan minat dan bakat dari mahasiswa. Pentingnya berorganisasi bagi mahasiswa ini karena dengan berorganisasi dapat mendapatkan banyak manfaat, dan akan merugi jika tidak pernah sedikitpun mencicipi organisasi bagi seorang mahasiswa.
Mahasiswa berbeda dengan siswa. Mahasiswa berada pada level yang lebih tinggi dari siswa. Tentu banyak perbedaan antara siswa dengan mahasiswa. Mahasiswa memiliki tanggungjawab yang lebih besar daripada siswa. Mahasiswa harus berperan aktif dalam masyarakat. Mahasiswa harus lebih peka terhadap keadaan lingkungan sekitar, keadaan teman, masyarakat, maupun bangsa dan negara.


Bagi mahasiswa, salah satu lingkungan hidupnya adalah kampus. Di kampus inilah para mahasiswa menuntut ilmu, namun bukan hanya menuntut ilmu di perkuliahan. Di kampus ini juga tempat para mahasiswa untuk bersosialisasi dan berorganisasi.
Dalam berorganisasi, disinilah kita dilatih mengenai kepemimpinan. kepemimpinan adalah kemampuan dari seseorang untuk mempengaruhi orang lain, sehingga orang lain tersebut bertingkah laku sebagaimana yang dikehendaki oleh orang (pemimpin) tersebut. Dari sinilah sikap kepemimpinan para mahasiswa dilatih melalui organisasi. Karena pada dasarnya setiap diri manusia itu adalah pemimpin dan harus berani menjadi pemimpin, minimal memimpin diri sendiri untuk kehidupannya.
Dengan berorganisasi, kita dapat memperoleh manfaat antara lain memperluas pergaulan, meningkatkan wawasan pengetahuan, belajar manajemen waktu, manajemen organisasi, dan public speaking, membentuk pola piker yang baik bagi mahasiswa, serta masih banyak lagi. Namun untuk mendapatkan manfaat tersebut tidaklah mudah, karena apabila kita tidak bisa beradaptasi, tidak bisa menyeimbangkan antara organisasi dengan akademik di perkuliahan, maka prestasi akademik kita akan terganggu. Namun dalam hal ini, yang salah bukan karena organisasinya, tapi karena orangnya yang tidak bisa membagi waktu antara organisasi dengan akademik.
Jadi, dari uraian diatas dapat disimpulkan bahwa bagi mahasiswa kuliah saja itu tidak cukup karena itu hanya kemampuan hardskill. Namun kemampuan softskill kita juga harus dilatih melalui berorganisasi. Selain itu mahasiswa yang aktif di organisasi juga harus bisa menyeimbangkan antara organisasinya dengan akademiknya, sehingga kedua-duanya akan didapatkan secara maksimal.


Sekian postingan saya kali. terima kasih.
Wassalamu'alaikum Wr Wb 
0 Komentar untuk "Pentingnya organisasi bagi mahasiswa"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top