Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengertian Iman Kepada Allah


Pengertian Iman Kepada Allah



Kali ini kami akan membahas tentang iman kepada Allah yang didalamnya mencakup seputar dalil dan apa saja contohnya. Yuk simak dengan seksama penjelasan kami berikut ini.

A.    Pengertian Iman Kepada Allah
Jika ditinjau berdasarkan bahasa Arab, iman berarti percaya. Akan tetapi, jika kita tinjau dari sisi istilah, maka iman artinya meyakini dalam hati, mengucapkan melalui lisan, dan mengamalkan melalui perbuatan. Artinya, seseorang yang mengaku beriman tidak cukup hanya dengan menyakini dalam hatinya saja. Ia juga harus mengimbanginya dengan mengucapkan dalam lisan dan juga harus mengamalkannya.
Adapun mengenai definisi iman kepada Allah adalah meyakini dalam hati, mengucapkan dengan lisan, dan juga mengamalkan atau membuktikannya bahwasanya Allah itu ada dan memiliki beberapa sifat dan nama yang agung. Iman kepada Allah menempati posisi pertama diantara keenam rukun iman yang wajib diketahui dan diyakini serta diamalkan oleh seluruh umat islam di dunia ini.

B.     Dalil Iman Kepada Allah
Terdapat dua dalil yang akan kami jelaskan kepada anda mengenai iman kepada Allah. Dalil naqli dan juga dalil aqli. Dalil naqi merupakan dalil yang bersumber dari Al-Qur’an dan Hadist Nabi. Sementara dalil aqli merupakan dalil yang bersumber dari akal atau pemikiran para ulama sehingga munculah sebuah ijtihad.
Adapun mengenai dalil naqli tentang iman kepada Allah terletak pada surat Al-Baqarah ayat 136, yang berbunyi:

Artinya: “Dan Tuhan itu, Tuhan Yang Maha Esa. Tidak ada Tuhan selain Dia. Yang Maha Pemurah dan Maha Penyayang.”

C.     Hikmah iman kepada Allah
Apa saja hikmah yang terkandung ketika seseorang beriman kepada Allah? Berikut ini jawabannya.

·         Menambah keyakinan
Kita semua tahu bahwa hanya Allah yang dapat menciptakan segala sesuatu di dunia ini. Allah menciptakan sesuatu dengan sangat sempurna. Hal inilah yang membuat kita harus selalu yakin dan selalu bersyukur atas nikmat yang telah diberikan oleh Allah kepada hamba-Nya.
·         Menambah ketaatan
Iman kepada Allah juga akan menambah ketaatan kita kepada-Nya. Seseorang yang beriman kepada Allah akan membuat hatinya selalu teguh dan akan terus selalu kuat. Ia akan selalu menjadi hamba yang betaqwa. Artinya, ia akan mengerjakan segala hal yang diperintahkan oleh agama dan berusha untuk menjauhi segala hal yang dilarang oleh agama islam.
·         Mendatangkan keuntungan dan kebahagiaan hidup
Orang yang beriman kepada Allah akan membuat hatinya selalu tentram, bahkan meskipun ia sebenarnya memiliki masalah yang cukup pelik. Hidup orang akan menjadi lebih aman dan damai jika beriman kepada Allah. Ketika orang tersebut dihadapkan pada suatu masalah, ia tidak akan langsung memutuskan berdasarkan dengan hawa nafsunya, melainkan ia akan memutuskan atau menyelesaikan permasalahannya tersebut semata-mata untuk mengharapkan ridha Allah.
·         Dapat menyelamatkan di dunia dan akhirat
Sebagaimana yang sudah tertulis di surat Al-Mukminin yang artinya “Sesungguhnya Kami menolong rasul-rasul kami dan orang-orang yang beriman dalam kehidupan dunia dan pada berdirinya saksi-sakti (hari kiamat).” Bahwasanya orang yng beriman kepada Allah akan membuat hidupnya selamat baik di dunia maupun juga di akhirat.
Ketika hidup di dunia, meskipun dirundung masalah namun orang tersebut tetap bisa menyelesaikan segala permasalahannya dengan mudah. Dan ketika di akhirat, sudah tentu jaminanya adalah surga.

D.    Contoh Beriman Kepada Allah
·         Melaksanakan shalat
·         Mengeluarkan zakar dan sedekah
·         Menafkahi ketika memiliki harta berlebih
·         Berpuasa
·         Tidak berzina
·         Tidak minum Khamr, dan lain-lain


0 Komentar untuk " Pengertian Iman Kepada Allah"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top