Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Switch


Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Switch

 
Kali ini kita akan mengulas mengenai pengertian, fungsi, dan juga cara kerja switch. Informasi ini penting untuk anda pahami, khususnya anda yang sudah mulai terjun ke dunia IT. Oke langsung saja simak penjelasan berikut ini.

A.    Pengertian Switch
Switch merupakan sebuah pengalih jaringan yang berfungsi sebagai penghubung dari berbagai segmen yang nantinya akan dialihkan dengan berdasarkan alamat MAC. Switch bisa digunakan untuk menghubungkan kompoter pada area yang jangkauannya terbatas. Selain itu, switchjuga bekerja pada bagian data penghubung atau data link. Sebenarnya, cara kerja adalah sebagai jembatan. Akan tetapi karena switch memiliki banyak port, maka perangkat ini juga disebut sebagai port bridge atau jembatan pancaporta.

B.     Fungsi Switch
Fungsi dari adanya switch adalah sebagai manajemen lalu lintas yang terdapat pada suatu jaringan komputer. Fungsi switch nantinya akan mengirimkan paket data agar sampai bisa ke tempat tujuan atai receiver dengan tepat. Selain itu, switch juga berfungsi untuk mencari jalur terbaik untuk nantinya bisa mengirimkan paket data secara lebih optimal sehingga tidak membutuhkan waktu yang lama.

C.     Jenis-jenis Switch
Jika dilihat dari segi OSI (Open Sytem Interconnection), switch dibagi menjadi dua. Yakni switch dengan layer tiga dan switch dengan layer dua.
·         Switch dengan layer 2
Switch yang operasi data link-nya berada pada lapisan model OSI. Switch nanti akan meneruskan paket data dengan melihat alamat MAC tujuan. Selian itu, switch jenis ini juga bisa menjalankan fungsinya sebagai jembatan atau bridge diantara berbagai segmen LAN (Local Area Network). Hal ini dikarenakan switch akan mengirimkan paket data dengan cara melihat alamat nantinya akan ditujukan dengan tanpa melalui protokol jaringan yang nantinya akan digunakan.
·         Switch dengan layer 3
Switch yang posisinya berada di layer network yang ada di dalam lapisan OSI. Nantinya, switch jenis ini hanya akan meneruskan paket data dengan melalui alamat IP atau IP Address. Biasanya, switch dinamakan sebagai switch rolling atau juga bisa dinamakan sebagai switch multilayer.

Anda juga harus tahu ada beberapa jenis switch antara lain seperti di bawah ini.
1)      ATM Switch
ATM merupakan singkatan dari Asynchronous Transfer Mode adalah sebuah mode transfer yang di dalamnya dari sel-sel. Maksud dari asinkronus adalah untuk mengulang sel yang di dalamnya mengandung informasi dari user yang nantinya tidak menggunakan periodik.
2)      DSLAM Switch
DSLAM merupakan singkatan dari A Digital Subscriber Line Access Multiplexer yang juga bisanya dibaca dengan dee-lam. Ia berfungsi untuk membuat telefon garis yang berperan untuk mempercepat koneksi internet. DSLAM Switch ini adalah sebuah perangkat jaringan yang terletak pada bursa telepon dari penyedia layanan.
Beberapa layanan yang terhubung ke DSLAM Switch ini yang memiliki kecepatan backbone yang tinggi ini memiliki multiplexing teknik.
3)      Ethernet Switch
Ethernet Switch merupakan interkoneksi LAN yang bekerja pada lapisan data link atau lapisan dua dari OSI, saklar yang sebenarnya tidak jauh berbeda dengan jembatan. Akan tetapi, ethernet switch ini lebih mendukung jaringan LAN yang lebih besar serta memiliki manajemen jaringan yang lebih baik.

Dengan adanya manajemen jaringan yang lebih baik, maka akan lebih meminimalisir terjadinya tabarakan jaringan maupun hal-hal lainnya yang bisa berakibat pada jaringan itu sendiri.
Demikian penjelasan dari saya. Semoga bermanfaat.


0 Komentar untuk "Pengertian, Fungsi, dan Cara Kerja Switch"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top