Blog for Learning

Blog ini berisi Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

trik menjawab soal toefl listening


Trik Menghadapi Tes TOEFL

Assalamu’alaikum Wr Wb
Kali ini saya akan posting tentang trik menghadapi tes TOEFL. Apa yang harus Anda lakukan dalam menghadapi tes TOEFL? Ada beberapa hal yang harus Anda ketahui dalam menghadapi tes TOEFL, yakni:
1.      Jauh hari sebelum Anda menjalani tes, jika tidak mengikuti program TOEFL Preparation di satu tempat kursus, sebaiknya Anda perdalam lagi secara autodidak kemampuan Anda dalam Grammar, Vocabulary dan bentuk-bentuk Functional Expression (suggestion, surprise, agreement, uncertainty etc.). Selain itu, latihlah kemampuan telinga Anda untuk mendengar. Sering-seringlah mendengar percakapan dalam Bahasa Inggris agar telinga menjadi terbiasa dan otak pun terlatih untuk Think In English. Terkadang sulit untuk menyimpulkan percakapan bahasa lnggris dalam sekali dengar, terlebih jikalau memuat percakapan yang panjang.
2.      Tes TOEFL bisa dikatakan sukar. Di sana terdapat banyak soal yang mengecoh. Selain itu, waktu yang tersedia sangat pendek. Dalam waktu 130 menit harus mengerjakan 140 soal dan mengerjakan esai 300 kata dalam waktu 30 menit. Untuk ujian listening, peserta ujian harus mengerahkan konsentrasi karena percakapannya sangat cepat, sering tidak jelas, dan hanya diputar satu kali. Pemahaman Anda tentang tata bahasa Inggris akan sangat berperan. Hati-hati dengan tipe soal penjebak. Penulis tes TOEFL sering kali menggunakan pengecoh (distractor) yang membuat jawaban salah menjadi kelihatan benar. Karena itu, Anda harus berusaha memahami soal beserta pilihan jawabannya dengan cermat. Jangan sampai Anda terjebak oleh pengecoh (distractor) dalam soal.
3.      Secara umum, biasanya tes TOEFL memuat materi-materi yang berkaitan dengan hal-hal ilmiah, pendidikan, ilmu pengetahuan dan hal-hal nyata yang berkaitan dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga bagi Anda yang memiliki pengalaman atau pengetahuan mengenai kebiasaan dan gaya hidup native speakers sehari-hari sedikit banyak akan diuntungkan.
4.      Topik pembicaraan dalam soal TOEFL biasanya didasarkan pada sejarah Amerika Serikat atau negara lain tempat Bahasa lnggris digunakan dan lingkungan sosialnya. Karena itu, orang yang telah mernahami tentang sejarah Amerika dan lingkungan di sana akan lebih diuntungkan.
5.      Soal-soal TOEFL tidak akan menggunakan permasalahan-permasalahan kontroversial yang berkaitan dengan soal aganna, kematian, perbedaan politik, perselisihan sejarah, kejahatan dan topik-topik yang berhubungan dengan masalah etnis.
6.      Perhatikan baik-baik prosedur pelaksanaan tes. Pastikan Anda cukup memahami apa yang harus dilakukan di setiap bagian (section), seberapa panjang dan spesifik tipe-tipe pertanyaan yang disajikan. Ada banyak sumber tersedia yang dapat mernbantu Anda berlatih.
7.      Pahami perintahnya dengan baik. Dari tahun ke tahun, perintah yang ada dalam soal-soal TOEFL selalu sama. Jadi hal ini bisa dipelajari sebelum mengikuti tes. Dengan begitu, tidak perlu membuang waktu untuk membaca perintah soal.
8.      Belajarlah secara berpasangan atau tim sehingga dimungkinkan Anda mendapat ide-ide segar yang belum Anda ketahui dari mereka.
9.      Carilah bantuan atau arahan dari para guru teman dan native speakers.
10.  Jangan menyia-nyiakan kesempatan. Jika Anda tidak mengetahui dimana tes TOEFL diselenggarakan berusahalah untuk mencari tahu sebelum tes berlangsung.
11.  Pastikan semua yang Anda butuhkan dalam tes sudah Anda persiapkan dan dibawa di pagi harinya, misalnya formulir pendaftaran, kartu ldentitas, nomor tes, pena, pensil, dan penghapus. Cek artikel-artikel apa saja yang Anda perlukan berkaitan dengan tes. Aktifkan alarm Anda pada malam sebelum tes.
12.  TOEFL test sangat menguras pikiran dan energi. Oleh karena itu, kite harus menghemat energi kita dan berusaha serileks mungkin ketika mengerjakan soal-soal tes walaupun waktunya sangat sempit_ Pastikan Anda memiliki cukup waktu untuk tidur, sarapan dan minum. Makan sarapan yang baik. Jangan makan makanan yang akan mengganggu aktivitas pagi itu, misalnya terlalu pedas atau asam. Jika diperlukan, bawalah beberapa makanan ringan atau minuman yang dapat Anda santap bila diberikan waktu Istirahat. Narnun jangan membawa makanan dan minuman tersebut dalam ruang tes apalagi menyantapnya. Pakailah jam tangan agar Anda dapat mengatur waktu pengerjaan tes.
13.  Datanglah di tempat tes sebelum waktu tes dimulai, pastikan masih ada waktu untuk melakukan registrasi ulang dan menunjukkan identitas diri sebelum memasuki ruang tes. Jangan sampai terlambat tiba di tempat tes.
14.  Berusahalah untuk tetap fokus. Tujuannya adalah agar Anda dapat memberikan yang terbaik dan mencapai nilai atau level rnaksimum.
15.  Pastikan ruang tes harus nyaman, pencahayaannya serta suhu ruangan harus sesuai. Sebab jika Anda merasa tidak nyaman, itu dapat mengganggu dalam rnengerjakan tes. Bila masih ada waktu, Anda dapat meminta seseorang untuk bertukar tempat duduk dengan Anda.
16.  Pastikan Anda rnemilih satu jawaban paling tepat dengan jalan menghitamkan pilihan jawaban yang tersedia di lembar jawab, sampai benar-benar hitam.
17.  Jika jawaban salah dan Anda ingin menggantinya pastikan Anda telah menghapus jawaban sebelumnya dengan bersih.
18.  Jawablah semua soal, jangan sampai ada satu nomor pun yang Anda biarkan kosong (tidak diisi), karena TIDAK ADA pengurangan skor jika jawaban salah.
19.  Pilihlah pertanyaan yang mudah dulu. Jangan buang waktu untuk mengerjakan soal yang sulit. Biasanya, soal-soal TOEFL bertingkat, dari mudah ke sulit. Namun untuk jawabannya tidak ada model yang pasti. Jangan cemas dan kerjakan soal dengan tenang atau santai tetapi tetap konsentrasi.
20.  Ketika mengerjakan bagian soal Structure dan Written Expression, kita akan sering menemukan soal dimana kita harus mencari "kata" yang tidak tepat atau salah. Beberapa kata digaris-bawahi, dan akan membuat kita bingung untuk menentukan dimana kesalahan yang terjadi. Ada pula soal pilihan ganda, dimana kita diminta untuk mengisi area yang kosong pada soal tersebut. Salah satu kunci ampuh untuk mengatasinya adalah kita hanya cukup mengenali apakah kalimat soal tersebut sudah memiliki Subject dan Verb. Sebagai contoh, dalam soal kita temukan satu kalimat belum memiliki Subject, maka pada pilihan ganda, kita tinggal mencari jawaban yang mengandung Verb. Begitu juga sebaliknya. Dan jika kalimatnya sudah lengkap, maka yang harus kita cari hanyalah pelengkap dari Subject atau Verb itu sendiri. Metode ini bisa diterapkan pada soal di mana ada beberapa kata yang digaris-bawahi untuk menjebak kita. Yang perlu diperhatikan hanya kata yang digaris-bawahi, dengan menghubungkannya dengan kata sebelumnya atau sesudahnya.
21.  Kemudian untuk Reading Comprehension, tidak semua jawaban diletakkan di akhir teks reading. Jangan membuang waktu terlalu lama untuk membaca cerita. Konsentrasilah pada pertanyaan dan pilihan gandanya. Yang bisa Anda lakukan, baca pilihan ganda yang disediakan lalu coba cocokkan data tersebut dengan yang ada di soal cerita, atau latihlah untuk membaca cepat (scanning) soal cerita.
22.  Ketika mengerjakan soal Listening Comprehension, jika Anda tidak tahu jawabannya, sebaiknya tetap menjawab dengan jalan menebaknya dan jangan terpaku terlalu lama memikirkan jawaban soal itu. INGAT, jawaban salah tidak mengurangi skor. Pada saat tes listening berlangsung, konsentrasikan pikiran Anda hanya pada si narrator dan lembar soal, jangan sampai Anda melewatkan kesempatan untuk mendengar pembicaraan si narrator, karena ini bisa mengganggu konsentrasi orang lain.
23.  Terdapat tiga bagian dalam Listening Comprehension. Pada bagian pertama, setelah Anda mendengar percakapan, langsung fokuslah pada pembicara ke dua. Biasanya jawabannya ada pada pembicara ke dua. Perhatikan dengan cermat struktur kalimat dan ekspresi dari pembicara. Misainya setuju, terkejut, tidak pasti, menyarankan, dan sebagainya.
24.  Pada bagian kedua, ide dari percakapan tersebut ada di kalimat pertama. Maka, fokuskan pendengaran pada kalimat pertama karena. Buatlah kesimpulan tentang situasi dan keadaan di mana percakapan itu terjadi. Misalnya kapan, di mana, dan siapa.
25.  Dan untuk bagian ketiga, bacalah dulu keempat jawaban dari masing-masing soal, lalu pilihlah jawaban yang cocok dengan percakapan.
26.  Adapun pada soal yang khusus menguji kemampuan kita dalam hal penguasaan tata bahasa, mulailah mengerjakan soal yang mudah, yakni nomor 1-15. Setelah itu baru nomor 16-40. Pilihlah dua jawaban yang paling mungkin, lalu pelajarilah. Jika masih tidak tahu mana jawaban yang benar, tetaplah menjawab. Jika masih ada waktu, periksalah nomor-nomor akhir karena itu yang sulit.
27.  Gunakaniah pengetahuan Bahasa Inggris dan TOEFL Anda sehingga dapat mengerjakan semua soal TOEFL. Lakukan tes dengan jujur dan jangan coba-coba MENYONTEK, karena ini akan berakibat fatal.

Sumber : 
Tim Tentor. 2011. Good for User TOEFL. Yogyakarta : Kendi Mas Media.


Sekian postingan saya kali ini mengenai Trik Menghadapi Tes TOEFL. Terima kasih dan Semoga bermanfaat.
Wassalamu’alaikum Wr Wb

0 Komentar untuk "trik menjawab soal toefl listening"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top