Blog for Learning

This blog contains lesson material, material summary, questions and answers, definitions, types and examples, and others.

Advertisement

Powered by Blogger.

Visitors

Flag Counter

Pages

Artikel dengan tema “saya mahasiswa sebagai solusi permasalahan bangsa Indonesia”



Artikel dengan tema “saya mahasiswa sebagai solusi permasalahan bangsa Indonesia”


Assalamu’alaikum Wr Wb
Sudah lama sekali saya tidak posting, akhirnya kali ini bisa kembali posting. Hari ini saya akan membagikan artikel mengenai mahasiswa dan perannya bagi bangsa Indonesia, tema artikel ini adalah “saya mahasiswa sebagai solusi permasalahan bangsa Indonesia”. Disini akan dijelaskan mulai dari sejarah mahasiswa, permasalahan bangsa Indonesia, refleksi, peran, serta pergerakan mahasiswa, dan mahasiswa sebagai solusi untuk negeri.
A.    Sejarah mahasiswa
Mahasiswa sering menjadi cikal bakal perjuangan nasional, mahasiswa sering berjuang untuk memberikan solusi dari permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia. Sejak tahun 1908, dengan didirikannya organisasi Boedi Oetomo, yang merupakan tempat perkumpulan, tempat keinginan-keinginan bergerak maju dan tempat menumbuhkan kesadaran kebangsaan dan hak-hak kemanusiaan di kalangan rakyat Indonesia untuk memperoleh kemerdekaan. Hal itu menunjukkan bahwa para pemuda, kaum terpelajar dan mahasiswa memiliki peran yang sangat penting bagi bangsa Indonesia.
Kemudian pada tanggal 28 Oktober 1928, muncullah sumpah pemuda yang merupakan kebangkitan kaum terpelajar, mahasiswa, intelektual, dan aktivis pemuda. Sumpah pemuda ini dicetuskan melalui Konggres Pemuda II di Jakarta pada 26-28 Oktober 1928, dimotori oleh PPPI. Selanjutnya pada tahun 1945 terdapat peristiwa yang sangat bersejarah, yaitu dalam kasus gerakan kelompok bawah tanah yang antara lain dipimpin oleh Chairul Saleh dan Soekarni, yang terpaksa menculik dan mendesak Soekarno dan Hatta agar segera memproklamasikan kemerdekaan Indonesia yang kemudian dikenal dengan peristiwa Rengasdengklok.
Pada tahun 1965 dan 1966, pemuda dan mahasiswa Indonesia banyak terlibat dalam perjuangan yang ikut mendirikan orde baru. Gerakan ini menjadi awal kebangkitan gerakan mahasiswa secara nasional yang dikenal dengan istilah angkatan ’66.


B.     Permasalahan bangsa Indonesia
Di era sekarang ini, bangsa Indonesia sedang dihadapkan dengan berbagai permasalahan sosial politik yang tak kunjung habis. Dimulai dari masalah kemiskinan, masalah keterbelakangan karena rendahnya tingkat pendapatan, masalah pengangguran karena terjadinya ketimpangan antara jumlah angkatan kerja dan kesempatan kerja yang tersedia. Masalah kesejahteraan rakyat yang kurang, tingkat pendidikan yang rendah, dan sebagainya. Hal ini menjadi tantangan bagi bangsa Indonesia dan bagi para mahasiswa Indonesia untuk bisa bangkit dan memberikan solusi-solusi cerdas untuk Indonesia. Selain itu, permasalahan-permasalahan yang ada di Indonesia juga banyak berasal dari pemimpin-pemimpin yang tidak amanah. Mereka hanya mementingkan diri sendiri dan tidak memperdulikan rakyatnya.
C.    Refleksi, peran, serta pergerakan mahasiswa
Melihat berbagai permasalahan-permasalahan yang muncul di Indonesia, disinilah para mahasiswa harus berperan. Mahasiswa harus lebih peka dengan keadaan sekitar, keadaan rakyat dan keadaan negaranya. Karena mahasiswa memiliki banyak peran untuk rakyat dan negaranya.
Mahasiswa sebagai agen perubahan harus memiliki sikap kritis untuk membuat perubahan besar. Mahasiswa juga selalu dilibatkan dalam pembuatan suatu kebijakan, terutama kebijakan pemerintah, karena hal ini menyangkut rakyat. Mahasiswa berasal dari rakyat dan kelak akan menjadi rakyat, sehingga mahasiswa harus selalu membela rakyat.
Ketika terjadi hal-hal yang tidak beres atau ganjil dalam masyarakat. Mahasiswa sudah selayaknya memberontak terhadap kebijakan-kebijakan yang telah menyimpang dan merugikan rakyat. Karena sebagai mahasiswa harus menumbuhkan jiwa kepedulian sosial yang peduli terhadap masyarakat karena mahasiswa adalah bagian dari masyarakat. Wujud kepedulian sosial tersebut dapat berupa pemikiran-pemikiran cemerlang mahasiswa, diskusi-diskusi, atau memberikan bantuan moril dan materil kepada masyarakat dan bangsa kita.
Selain itu, mahasiswa sebagai generasi penerus bangsa diharapka memiliki kemampuan, keterampilan, dan akhlak mulia untuk menjadi calon pemimpin bangsa. Mahasiswa adalah generasi yang ditunggu-tunggu bangsa ini, bangsa Indonesia.


D.    Mahasiswa sebagai solusi untuk negeri
Di tengah-tengah permasalahan bangsa Indonesia yang semakin hari semakin meningkat. Siapa lagi yang akan memberikan solusi selain mahasiswa. Mahasiswa merupakan kaum yang terpelajar dan kaum yang akan selalu menjadi solusi untuk negeri. Ketika rakyat tidak menyampaikan keluhan-keluhannya kepada pemimpin-pemimpin negeri ini, mahasiswa bisa melakukannya untuk rakyat. Ketika kebijakan-kebijakan para pemimpin tidak sesuai dan merugikan rakyat, mahasiswa pun bergerak untuk mengatasi hal-hal tersebut.
Mahasiswa akan selalu dinanti oleh negeri ini, karena semakin banyak mahasiswa yang peduli, maka semakin banyak pula solusi-solusi yang muncul dari para mahasiswa tersebut untuk Indonesia. Dan semakin banyak solusi, maka akan semakin berkurang permasalahan-permasalahan sosial politik di Indonesia.

Sumber bacaan:

Sekian postingan saya kali ini, semoga bermanfaat bagi kalian semua. Hidup mahasiswa!
Wassalamu’alaikum Wr Wb
1 Komentar untuk "Artikel dengan tema “saya mahasiswa sebagai solusi permasalahan bangsa Indonesia”"

Mitra Penerjemah | Jasa penerjemah tersumpah di jakarta
Merupakan sebuah lembaga yang bergerak di bidang jasa dan kami berdiri sejak tahun 2005
Kami melayani translation:
-CV
-Jurnal
-Abstrak
-Legalisasi dokumen
-Tugas Sekolah/Kuliah
-Esai/Karangan
-Dokumen penting (KK/KTP/Akta Kelahiran/Akta Tanah)
Kami juga menyediakan jasa: -SWORN TRANSLATOR resmi untuk kebutuhan pembuatan visa atau kedutaan.
File dapat dikirim melalui email:mitrapenerjemah@yahoo.com
Kontak Kami Alamat:
Jl. Olahraga 1 no.33B, Condet Raya-Jakarta Timur
Phone. 021-50448230 – 082123532858 (Whatsapp)
website kami: www.mitrapenerjemah.com

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top