Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Powered by Blogger.

Contoh Flowchart dan Program Menghitung Luas dan Volume Bangun Datar pada Pascal

Contoh Flowchart dan Program Menghitung Luas dan Volume Bangun Datar pada Pascal




Assalamu’alaikum Wr Wb

Kali ini saya akan posting tentang Contoh Flowchart dan Program Menghitung Luas dan Volume Bangun Datar pada Pascal. Berikut ini saya berikan contoh flowchart lengkap dengan surce code programnya, disertai juga screeshot hasil programnya, semoga bermanfaat :D

1.      Flowchart menghitung luas


2.      Flowchart menghitung volume


3.      Program menghitung luas dengan prosedur
program procedure_luas;
uses wincrt;

var pilih, a, t, r, s:integer;
        luas:real;

procedure segitiga(var a, t:integer; luas:real);
begin
        writeln('Luas Segitiga');
        write('Masukkan alas: ');     read(a);
        write('Masukkan tinggi : ');  read(t);
                luas:=(a*t)/2;
        writeln('Luas Segitiga : ',luas:4:2);
end;

procedure lingkaran(var r:integer; luas:real);
begin
        writeln('Luas Lingkaran');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
                luas:=(22/7)*r*r;
        writeln('Luas Lingkaran : ',luas:4:2);
end;

procedure bujursangkar(var s:integer; luas:real);
begin
        writeln('Luas Bujursangkar');
        write('Masukkan panjang: ');     read(s);
                luas:=s*s;
        writeln('Luas Bujursangkar : ',luas:4:2);
end;

//program utama
begin
repeat
        writeln('Program menghitung luas dengan procedure');
        writeln;
        writeln('Menu :');
        writeln('1. Luas Segitiga');
        writeln('2. Luas Lingkaran');
        writeln('3. Luas Bujursangkar');
        writeln('4. Keluar');
        writeln;
        write('Masukkan pilihan [1-3]: ');
        read(pilih);

        case pilih of
        1 :
        begin
        segitiga(a,t,luas);
        readln;
        end;

        2 :
        begin
        lingkaran(r, luas);
        readln;
        end;

        3 :
        begin
        bujursangkar(s, luas);
        readln;
        end;

        4 :
        begin
        writeln('Tekan enter untuk keluar program');
        readln;
        end;

        else
                begin
                writeln('Pilihan Salah');
                readln;
                end;
        end;
readln;
until pilih = 4;
end.

4.      Program menghitung luas dengan fungsi
program fungsi_luas;
uses wincrt;

var pilih, a, t, r, s:integer;

function luas_segitiga(a, t:integer):real;
begin
        luas_segitiga:=(a*t)/2;
end;

function luas_lingkaran(r:integer):real;
begin
        luas_lingkaran:=(22/7)*r*r;
end;

function luas_bujursangkar(s:integer):real;
begin
        luas_bujursangkar:=s*s;
end;

//program utama
begin
repeat
        writeln('Program penghitung luas menggunakan fungsi');
        writeln;
        writeln('Menu :');
        writeln('1. Luas Segitiga');
        writeln('2. Luas Lingkaran');
        writeln('3. Luas Bujursangkar');
        writeln('4. Keluar');
        writeln;
        write('Masukkan pilihan [1-3]: ');
        read(pilih);

        case pilih of
        1 :
        begin
        writeln('Luas Segitiga');
        write('Masukkan alas: ');     read(a);
        write('Masukkan tinggi : ');  read(t);
        writeln('Luas Segitiga : ',luas_segitiga(a, t):4:2);
        readln;
        end;

        2 :
        begin
        writeln('Luas Lingkaran');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
        writeln('Luas Lingkaran : ',luas_lingkaran(r):4:2);
        readln;
        end;

        3 :
        begin
        writeln('Luas Bujursangkar');
        write('Masukkan panjang sisi: ');     read(s);
        writeln('Luas Bujursangkar : ',luas_bujursangkar(s):4:2);
        readln;
        end;

        4 :
        begin
        writeln('Tekan enter untuk keluar program');
        readln;
        end;

        else
                begin
                writeln('Pilihan Salah');
                readln;
                end;
        end;
readln;
until pilih = 4;
end.



5.      Program menghitung volume dengan prosedur
program procedure_volume;
uses wincrt;

var pilih, r, t, s:integer;
        vol:real;

procedure kerucut(var r, t:integer; vol:real);
begin
        writeln('Volume Kerucut');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
        write('Masukkan tinggi : ');  read(t);
                vol:=(1/3)*(22/7)*r*r*t;
        writeln('Volume kerucut : ',vol:4:2);
end;

procedure bola(var r:integer; vol:real);
begin
        writeln('Volume Bola');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
                vol:=(4/3)*(22/7)*r*r*r;
        writeln('Luas LingkaranVolume bola : ',vol:4:2);
end;

procedure kubus(var s:integer; vol:real);
begin
        writeln('Volume kubus');
        write('Masukkan panjang rusuk: ');     read(s);
                vol:=s*s*s;
        writeln('Volume kubus: ',vol:4:2);
end;

//program utama
begin
repeat
        writeln('Program menghitung volume dengan procedure');
        writeln;
        writeln('Menu :');
        writeln('1. Volume kerucut');
        writeln('2. Volume bola');
        writeln('3. Volume kubus');
        writeln('4. Keluar');
        writeln;
        write('Masukkan pilihan [1-3]: ');
        read(pilih);

        case pilih of
        1 :
        begin
        kerucut(r,t,vol);
        readln;
        end;

        2 :
        begin
        bola(r, vol);
        readln;
        end;

        3 :
        begin
        kubus(s, vol);
        readln;
        end;

        4 :
        begin
        writeln('Tekan enter untuk keluar program');
        readln;
        end;

        else
                begin
                writeln('Pilihan Salah');
                readln;
                end;
        end;
readln;
until pilih = 4;
end.

6.      Program menghitung volume dengan fungsi
program fungsi_volume;
uses wincrt;

var pilih, r, t, s:integer;

function vol_kerucut(r, t:integer):real;
begin
        vol_kerucut:=(1/3)*(22/7)*r*r*t;
end;

function vol_bola(r:integer):real;
begin
        vol_bola:=(4/3)*(22/7)*r*r*r;
end;

function vol_kubus(s:integer):real;
begin
        vol_kubus:=s*s*s;
end;

//program utama
begin
repeat
        writeln('Program penghitung volume menggunakan fungsi');
        writeln;
        writeln('Menu :');
        writeln('1. Volume kerucut');
        writeln('2. Volume bola');
        writeln('3. Volume kubus');
        writeln('4. Keluar');
        writeln;
        write('Masukkan pilihan [1-3]: ');
        read(pilih);

        case pilih of
        1 :
        begin
        writeln('Volume kerucut');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
        write('Masukkan tinggi : ');  read(t);
        writeln('Volume kerucut : ',vol_kerucut(r, t):4:2);
        readln;
        end;

        2 :
        begin
        writeln('Volume bola');
        write('Masukkan jari-jari: ');     read(r);
        writeln('Volume bola : ',vol_bola(r):4:2);
        readln;
        end;

        3 :
        begin
        writeln('Volume kubus');
        write('Masukkan panjang rusuk: ');     read(s);
        writeln('Volume kubus : ',vol_kubus(s):4:2);
        readln;
        end;

        4 :
        begin
        writeln('Tekan enter untuk keluar program');
        readln;
        end;

        else
                begin
                writeln('Pilihan Salah');
                readln;
                end;
        end;
readln;
until pilih = 4;
end.

7.      Hasil Program menghitung luas


8.      Hasil program menghitung volume





Sekian postingan saya kali ini tentang Contoh Flowchart dan Program Menghitung Luas dan Volume Bangun Datar pada Pascal. Terima kasih dan jangan lupa belajar :)


Wassalamu’alaikum Wr Wb
2 Komentar untuk "Contoh Flowchart dan Program Menghitung Luas dan Volume Bangun Datar pada Pascal"

untuk nomor satunya saya coba koh eror ??

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Copyright © 2015 - 2024 Blog for Learning - All Rights Reserved
Template By Kunci Dunia
Back To Top