Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Powered by Blogger.

Pages

Cara meremote komputer lain dengan remote desktop

Cara meremote komputer lain dengan remote desktop



Assalamu’alaikum Wr Wb

Kali ini saya akan posting tentang Cara meremote komputer lain dengan remote desktop. Berikut penjelasannya lengkap dengan gambar agar lebih mudah untuk dipahami.

Bahan-bahan :
1.      Laptop yang akan meremote (windows 8)
2.      Laptop yang akan diremote (windows 8)
3.      Kabel LAN
4.      Software Remote Desktop Connection
5.      Software Command Prompt




Langkah-langkah :
1.        Lihat terlebih dahulu IP address Laptop yang akan diremote. Karena laptop yang digunakan untuk meremote harus menyesuaikan IP addressnya agar bisa terhubung ke laptop yang akan diremote.
2.        Klik kanan “Network Connection” pada taskbar, selanjutnya pilih “Open Network and Sharing Center”. Klik “Ethernet” lalu pilih “Details…”.


3.      Disini terlihat laptop yang akan diremote mempunyai IP address 192.168.4.12.
4.      Selanjutnya masih di laptop yang akan diremote, arahkan kursor pojok kanan atas atau ke pojok kanan bawah, karena laptop tersebut menggunakan windows 8. Pilih search dan ketikkan “allow remote access to your computer”. Setelah muncul, klik untuk membukanya.

 
5.      Beri tanda centang pada “Allow Remote Assistance connection to this computer” dan pada remote desktop pilih “Allow remote connections to this computer”. Setelah itu klik “ok”. Hal ini dilakukan untuk mengizinkan komputer lain melakukan remote desktop terhadap laptop tersebut.

 
6.        Matikan firewall komputer target, karena apabila firewall aktif, kita tidak bisa meremotenya. Klik kanan “Network Connection” pada taskbar, selanjutnya pilih “Open Network and Sharing Center”. Klik “Windows Firewall”.

 
7.      Klik pada “Turn Windows Firewall on or off. Pilih “Turn off windows firewall” pada “private network” dan “public network”. Selanjutnya klik “ok”.


8.      Hubungkan laptop yang akan meremote ke laptop yang akan diremote dengan menggunakan kabel LAN. Setelah itu setting IP laptop yang akan meremote.
9.      Klik kanan “Network Connection” pada taskbar, selanjutnya pilih “Open Network and Sharing Center”. Klik kanan “Ethernet” pilih “Properties”. Pilih “Internet Protocol Version 4 (TCP/IP)”, lalu klik tombol “Properties”.

 
10.  Pilih “Use the following IP address:” dan “Use the following DNS server addresses:”, isi sebagai berikut.
·         IP address             : 192.168.4.13
·         Subnet mask         : 255.255.255.0
·         Default gateway    : 192.168.4.1

·         Preferred DNS server      : 8.8.8.8
·         Alternate DNS server      : (kosong)

 
11.  Selanjutnya klik “ok”. Lalu buka “Command Prompt” dengan menekan tombol “Windows+R”, lalu ketikkan “cmd” dan klik “ok”.

 
12.  Ketikkan : “ping 192.168.4.12 –t”. jika hasilnya “replay …” maka laptop kita siap untuk meremote.

 
13.  Buka software “Remote Desktop Connection” dengan mengarahkan kursor ke pojok kanan atas atau ke pojok kanan bawah, karena kita menggunakan windows 8. Pilih search dan ketikkan “Remote desktop connection”. Setelah muncul, klik untuk membukanya.

 
14.  Klik “Show Options”. Pada logon setting masukkan nama komputer dan nama user. Nama komputer adalah 192.168.4.12 dan nama usernya “irwan”. Setelah itu klik connect.


 
15.  Masukkan password user dan klik “ok”. Pada peringatan yang muncul, klik “Yes”.



16.  Setelah itu akan tampil desktop laptop yang diremote dan kita bisa mengendalikan laptop tersebut dari jarak jauh selama masih terhubung dengan baik.


Sekian postingan saya kali ini mengenai Cara meremote komputer lain dengan remote desktop. Tutorial diatas hanya sebagai contoh saja. Untuk alamat IP bisa disesuaikan dengan jaringan yang digunakan, baik itu jaringan berkabel maupun jaringan wireless. Cara ini juga bisa digunakan untuk jaringan komputer yang memiliki IP static maupun dinamic serta jaringan komputer yang berupa client server maupun peer to peer, yang penting kita tahu alamat IP komputer/laptop target. Sekian dari saya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

Wassalamu’alaikum Wr Wb
0 Komentar untuk "Cara meremote komputer lain dengan remote desktop"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top