Blog for Learning

Blog ini berisi Materi Pelajaran, Ringkasan Materi, Rangkuman Materi, Contoh Soal dan Jawaban, Pengertian, Macam-macam, Jenis-jenis, Contoh-contoh, dan lain-lain.

Powered by Blogger.

Pages

Pengertian sistem operasi, fungsi sistem operasi, peran sistem operasi dan bagan sistem operasi


Sistem operasi

Assalamu’alaikum Wr Wb
            Hari ini saatnya bagi saya untuk posting dan berbagi pengetahuan. Kali saya akan bagikan materi tentang sistem operasi. Disini akan dijelaskan mengenai pengertian sistem operasi, fungsi sistem operasi, peran sistem operasi dan bagan sistem operasi.

Pengertian sistem operasi
            Sistem operasi adalah seperangkat program yang mengolah sumber daya hardware komputer dan menyediakan layanan umum untuk aplikasi software. Menurut ANSI (American National Standart Institute) adalah software yang mengontrol pelaksanaan program-program komputer yaitu dengan mengatur waktu proses, pengecekan kesalahan, pengontrol input dan output, melakukan perhitungan, komplikasi, penyimpanan, pengolahan data serta berbagai bentuk layanan yang terkait.
Fungsi sistem operasi
·         Melakukan pengolahan data pengendalian terhadap data input atau output.
·         Melakukan penerjemahan sebagai perantara komunikasi antara komputer dengan user.
·         Mengatur pembagian dan penyimpanan instruksi dari memori utama dan tempat penyimpanan lain ke sistem komputer.
·         Mengolah sumber daya yang terkait dengan pengendalian perangkat lunak sistem atau perangkat lunak aplikasi yang dijalankan.
·         Mempersiapkan agar program software dapat berinteraksi dengan hardware secara konsisten dan stabil tanpa harus mengetahui secara detail hardwarenya.
·         Melakukan pengolahan proses yang mencangkup penyiapan, penjadwalan, dan pemantauan proses program yang sedang dijalankan.

Peran sistem operasi
            Dalam peranannya, sistem operasi berfungsi untuk mengatur sumber daya yang ada baik hardware yang berupa CPU, memory, maupun disk storage serta software yang berupa program komputer yang dibuat oleh pabrik ataupun oleh para programmer.

Bagan sistem operasi
1.      Mekanisme boot, yaitu meletakkan kernel ke dalam memori.
2.      Kernel, yaitu inti dari sebuah sistem operasi.
3.      Command interpreter atau shell, yang bertugas membaca input dari pengguna.
4.      Daftar pustaka, yaitu yang menyediakan kumpulan fungsi dasar dan standar yang dapat dipanggil oleh aplikasi lain.
5.      Driver, untuk berinteraksi dengan hardware eksternal sekaligus untuk mengontrolnya.

Sekian postingan saya kali ini, walaupun sedikit tapi semoga bermanfaat bagi anda yang membutuhkannya. Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb.
0 Komentar untuk "Pengertian sistem operasi, fungsi sistem operasi, peran sistem operasi dan bagan sistem operasi"

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top