Blog for Learning

| lesson material | material summary | questions and answers | definitions | types and examples | other information | materi pelajaran | ringkasan materi | pertanyaan dan jawaban | definisi | jenis-jenis dan contoh-contoh | informasi lainnya |

Powered by Blogger.

Pages

Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan istilah-istilah


Teks Eksplanasi


Assalamu’alaikum Wr.Wb
            Kali ini saya akan posting pelajaran bahasa Indonesia tentang teks eksplanasi. Ada yang tahu nggak jenis teks ini. Kalau belum tahu saya kasih tahu. Teks ini biasanya berisi proses terjadinya suatu kejadian baik berupa kejadian alam, sosial, dan lain-lain. Contohnya proses terjadinya gempa, gunung meletus, dan masih banyak contoh lainnya. Sama seperti teks yang lain, teks ini pun memiliki struktur teks dan ciri kebahasaan tersendiri, berikut penjelasannya.

Pengertian
            Teks eskplanasi adalah teks yang berisi tentang proses ‘mengapa’ dan ‘bagaimana’ kejadian-kejadian alam, sosial, ilmu pengetahuan, budaya, dan lainnya dapat terjadi.

Struktur teks
            Teks eskplanasi mempunyai struktur yang terdiri dari pernyataan umum, urutan sebab akibat, interpretasi. Fungsi dari masing-masing struktur yaitu :
1.      Pernyataan umum, berfungsi untuk memaparkan satu statemen umum tentang suatu topik yang akan dijelaskan proses keberadaannya, proses kejadiannya, atau proses terbentuknya.
2.      Urutan sebab akibat, berfungsi memberikan pemaparan/penjelasan secara detail proses terjadinya, menjawab pertanyaan bagaimana, dan memungkinkan proses tersebut dijelaskan dengan kata tahapan (pertama, kedua, …).
3.      Interpretasi, berfungsi memberikan kesimpulan yang berisi pernyataan atau pandangan penulis terhadap suatu topik yang telah dijelaskan.

Ciri kebahasaan
            Teks eskplanasi biasanya memiliki ciri-ciri sebagai berikut.
1.      Fokus pada hal umum, bukan partisipan manusia.
2.      Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiah dan kata serapan.
3.      Menggunakan kata kerja material dan relasional (kata kerja aktif).
4.      Menggunakan konjungsi waktu dan kausal.
5.      Menggunakan kalimat pasif.
6.      Eksplanasi ditulis untuk membuat justifikasi bahwa sesuatu yang diterangkan secara kausal itu benar adanya.

Istilah-istilah yang ada pada teks eksplanasi
·         Kata kerja material
Yaitu kata kerja yang mengacu pada tindakan fisik.
·         Kata kerja relasional
Yaitu kata kerja penghubung yang berfungsi untuk menghubungkan subjek dengan pelengkap. Misalnya adalah, menjadi, memiliki, ada, merupakan.
·         Konjungsi kausal
Yaitu konjungsi yang menghubungkan dua klausa atau lebih yang mempunyai hubungan sebab akibat. Misalnya jika, bila, sehingga, kalau, maka, oleh karena itu, oleh sebab itu, karena.
·         Konjungsi temporal
Yaitu konjungsi yang mengacu pada urutan waktu dan menjadi sarana kohesi teks. Misalnya, pertama, selanjutnya, ketika, lalu, kemudian, pada saat itu, setelah, saat, terakhir, sebelum, pada masa ini, dewasa ini, sejak.
·         Kalimat pasif
Yaitu kalimat yang subjeknya berperan sebagai penderita atau dikenai pekerjaan.





Sekian postingan dari saya
         Wassalamu’alaikum Wr.Wb
3 Komentar untuk "Teks Eksplanasi : Pengertian, Struktur, Ciri Kebahasaan, dan istilah-istilah"

Sama-sama, semoga bermanfaat...

dalam kaidah text ekplanasi yg dari guru saya ada Kronologisnya.

Silahkan berkomentar sesuai artikel

 
Template By Kunci Dunia
Back To Top